Macam macam motor bakar

Diposting pada 1.010 views

Pengertian Motor Bakar

Heat Engine/motor bakar adalah suatu alat/mesin yang prinsip kerjanya merubah tenaga panas menjadi tenaga gerak/mekanik. Pembagian motor bakar.

Motor bakar adalah suatu mekanisme atau konstruksi mesin yang merubah energi panas menjadi energi mekanis. Terjadinya energi panas karena adanya proses pembakaran, bahan bakar, udara, dan sistem pengapian.

Dengan adanya suatu konstruksi mesin, memungkinkan terjadinya siklus kerja mesin untuk usaha dan tenaga dorong dari hasil ledakan pembakaran yang diubah oleh konstruksi mesin menjadi energi mekanik atau tenaga penggerak.

Macam-macam Motor Bakar

Menurut wikipedia, motor bakar adalah sebuah mesin yang menggunakan prinsip pembakaran guna memperoleh tenaga untuk menggerakkan kendaraan. Secara umum, motor bakar dibagi menjadi dua yaitu motor pembakaran dalam dan motor pembakaran luar.


I. Internal Combustion Engine (Motor Pembakaran Dalam)

Yang dimaksud dengan motor pembakaran dalam adalah mesin yang tenaga panasnya dihasilkan atau dibuat didalam cylinder engine itu sendiri. Contoh:

1.Turbo engine

a. Gas turbin

Yaitu engine dimana panas yang dihasilkan langsung untuk menggerakkan turbine atau baling baling

b. Jet engine

Yaitu engine dimana tenaga panas yang dihasilkan langsung disemburkan keluar melalui cerobong sehingga menghasilkan tenaga dorong

2. Piston Engine

Menurut gerakan piston

a. Rotary Engine

Yaitu engine yang gerakan pistonnya berputar, satu kali output shaft berputar menghasilkan 3 kali usaha (expansi) untuk tiap piston. Power yang dihasilkan kira kira 2,5 x reciprotcated Engine. Mesin tipe rotary ini biasanya digunakan untuk sport car.

b. Reciprocated engine (motor bakar torak)

Motor bakar torak adalah salah satu jenis motor bakar yang didalamnya terdapat torak (piston) yang geraknya bolak-balik untuk menjalankan siklus kerjanya, dari siklus kerjanya ini didapat tenaga untuk menggerakkan kendaraan.

Mesin jenis ini adalah yang paling sering kita temui, baik itu motor maupun mobil.

Sebut saja mobil dan motor di Indonesia mulai dari Toyota, Honda, Suzuki, Kawasaki dan dealer-dealer lainnya. Berdasarkan jenis bahan bakarnya, maka motor bakar torak dibagi menjadi dua mesin bensin dan mesin diesel.

Contoh lain internal combustion chamber :

  • Mesin gas turbin
  • Mesin roket
  • Mesin jet
  • Mesin gas  

II. External combustion engine (Mesin Pembarakan Luar)

External combustion engine adalah mesin yang tenaga panasnya dihasilkan atau dibuat diluar engine itu sendiri lalu dimasukkan ke silinder untuk menggerakkan piston Contoh :

1. Mesin nuklir turbin
2. Mesin nuklir
3. Mesin uap
4. Mesin uap turbin  

 Sejarah Engine/Motor Bakar

mesin

Engine adalah alat yang prinsip kerjanya merubah tenaga panas menjadi tenaga mekanik/gerak, sehinga disebut juga heat engine/motor bakar.  

Engine pertama kali dibuat oleh seorang Jerman bernama “OTTO” pada tahun 1876, dengan bahan bakar gas sehingga disebut Gas Engine. Tetapi gas tersebut sangat berbahaya bagi manusia.

Kemudian tahun 1885 seorang Jerman juga, bernama Daimler yang mengembangkan engine tersebut, dan memakai bahan bakar gasoline (bensin) sehingga disebut dengan Gasoline Engine.  

Pada tahun 1893 seorang Ir. Jerman Dr. Rudolf Diesel menemukan Diesel Engine yang waktu itu bahan bakarnya menggunakan gas batu bara.  

Kemudian tahun 1909 Dr. Rudolf Diesel tersebut berhasil memproduksi auto mobil yang dilengkapi dengan diesel engine.

Sementara itu seorang IR. Jerman lain yang bernaman ROBERT BOSCH berhasil mengembangkan fuel injection pump sehingga dengan penemuannya ini kerja diesel engine menjadi lebih baik dari sebelumnya. 

Gambar Gravatar
Berprofesi sebagai CEO Bengkel Mobil Idaman Motor. Pernah bekerja sebagai Mekanik di Mitsubishi Motor dan Suzuki Motor.