bentuk pemerintahan menurut ajaran klasik

6 Macam Bentuk Pemerintahan Menurut Ajaran Klasik

Diposting pada 767 views

Bentuk Pemerintahan Menurut Ajaran Klasik – Sebelumnya kami sudah membahas mengenai bentuk negara, yaitu dimulai dari pengertian negara kesatuan dan negara serikat.

Setelah posting tersebut kami akan melanjutkan dengan bentuk pemerintahan. Definisi dari bentuk pemerintahan adalah suatu sistem yang berlaku untuk mengatur alat-alat perlengkapan negara dan mengatur bagaimana hubungan antara alat-alat perlengkapan negara tersebut.   

Bentuk pemerintahan dapat dibagi menjadi dua, yaitu ajaran klasik dan ajaran modern. Untuk saat ini akan saya bahas terlebih dahulu bentuk pemerintahan menurut ajaran klasik.   

Bentuk Pemerintahan Menurut Ajaran Klasik

Ajaran klasik ini digagas oleh filsafat kuno seperti Platon, Aristotel dan Polybius. Platon dan juga Aristoteles membagi bentuk pemerintahan dipandang dari :

  • Susunan pemerintahannya yang merupakan jumlah orang yang memegang pemerintahan (dengan menggunakan kriteria kuantitatif)
  • Sifat pemerintahannya yang merupakan tujuan yang hendak diapai (dengan menggunakan kriteria kualitatif) untuk kepentingan umum atau kepentingan individual. 

Bila dipandang dari dua hal diatas, maka macam-macam bentuk pemerintahan menurut ajaran klasik antara lain:    

Bentuk PemerintahanPengertian / Definisi
1. MonarkiPemerintahan yang dipegan oleh satu orang sebagai raja, dan dijalankan untuk kepentingan umum
2. TiraniPemerintahan yang dipegang oleh satu orang dan dijalankan untuk kepentingan individu (pribadi)
3. AristokrasiPemerintahan yang dipegang oleh beberapa orang (lebih dari satu) bangsawan yang dijalankan untuk kepentingan umum
4. OligarkiPemerintahan yang dipegang oleh beberapa orang yang dijalankan untuk kepentingan kelompoknya sendiri. Apabila kelompok tersebut merupakan pedagang, maka disebut dengan Plutokrasi
5. DemokrasiPemerintahan yang dilakukan berdasarkan kehendak rakyat untuk kepentingan umum, dapat juga diartikan dengan pemerintahan yang berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.
6. MobokrasiPemerintahan yang dipimpin oleh orang yang tidak menguasai, tidak paham atau tidak tahu, tidak mengerti tentang urusan pemerintahan, sehingga dapat dipastikan bahwa ia tidak berhasil dalam menjalankan kekuasaannya untuk kepentingan umum

Dari tabel diatas sudah saya beri tanda warna merah, yang mana warna merah tersebut merupakan kata kunci dari bentuk pemerintahan utuk mempermudah dalam menghafalnya.

Sekedar informasi, kalau saya tanya bentuk pemerintahan Indonesia itu demokrasi ata republik? Jawabannya adalah Republik.

Hati-hati ya itu merupakan suatu jebakan, dan jangan lupa bedakan antara bentuk pemerintahan dengan bentuk negara. Bentuk negara kita adalah kesatuan, dan bentuk pemerintahannya adalah Republik.

Demikian saja artikel tentang macam-macam bentuk pemerintahan menurut ajaran klasik (Platon dan Aristoteles). Bila ada pertanyaan bisa langsung tanyakan kepada saya. Oke, terimakasih banyak.

Artikel lain yang terkait :

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.