Kapan Zaman Pra-Aksara di Indonesia Berakhir? (Edisi Sejarah Indonesia)

  • Whatsapp
Kapan Zaman Pra-Aksara di Indonesia Berakhir? (Edisi Sejarah Indonesia) – Ngomong-ngomong masalah sejarah Indonesia, pasti tidak terlepas dari yang namanya zaman pra-aksara yang mana zaman dimana paling awal manusia itu ada. Sebelum digunakan istilah pra-aksara, digunakan istilah pra-sejarah. Yang tentu saja istilah tersebut kurang tepat untuk menggambarkan kondisi dimana peradaban manusia belum mengenal teks/tulisan.
Karena pra-sejarah berarti sebelum sejarah. Sedangkan sejarah adalah apa yang terjadi di masa lampu. Dengan begitu pra-sejarah, berarti masa dimana sebelum manusia itu ada bila kita berbicara mengenai sejarah manusia.
Ngomong-ngomong masalah pra-aksara, belum lengkap rasanya bila kita tidak berbicara tentang pengertiannya.
Pra-aksara berasal dari dua kata, kata pertama yaitu pra yang berarti sebelum dan aksara berarti tulisan. Jad pra-aksara adalah masa kehidupan dimana manusia belum mengenal tulisan.
Zaman Pra-Aksara
Zaman Pra-Aksara
Bila ada yang pertama kapan zaman pra-aksara dimulai? Tentu saja zamannya dimulai ketika kehidupan manusia itu ada. Tapi pertanyaan yang sulit itu kemudian muncul, seperti kapan tepatnya manusia itu ada di bumi sebagai tanda zaman pra-aksara dimulai?
Butuh penelitian yang khusus dan panjang,dan kita juga perlu memahami kronologi perjalanan kehidupan manusia di bumi ini. Lagi pula, rentang yang sangat panjang kita mungkin hanya bisa mengira-ira saja.
Tapi kalau ada pertanyaan tentang kapan zaman pra-aksara di Indonesia berakhir? Mungkin masih bisa terjawab, tentu saja jawabannya adalah pada saat tulisan mulai dikenal di Indonesia.
Berdasarkan sejarah, Penduduk Indonesia baru mengenal tulisan atau memasuki zaman aksara sekitar abad ke-5 Masehi.
Tahun tersebut terbilang terlambat, pasalnya dibelahan bumi lain seperti Mesir misalnya, sudah mengenal tulisan sejak sekitar 3000 SM.
Fakta-fakta masa aksara di Kepulauan Indonesia dihubungkan dengan temuan prasasti peninggalan kerajaan tua seperti Kerajaan Kutai di Muara Kaman, Kalimantan Timur.
Sekarang sudah tahu kan kapan zaman pra-aksara di Indonesia berakhir, semoga bermanfaat yaa. Terimakasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *