materi zat secara fisika
Sumber : www.lifesciece.com

Jenis Materi Secara Fisika : Padat, Cair, Gas dan Plasma

Diposting pada 99 views

Jenis Materi Secara Fisika : Padat, Cair, Gas dan Plasma – Materi merupakan sesuatu yang menyusun alam semesta ini. Atau bisa diartikan, materi ialah sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang dan waktu.

Semua yang ada di alam semesta ini, merupakan materi. Sebenarnya materi dibagi menjadi 4 wujud, namun hanya 3 wujud saja yang familiar di kalangan masyarakat. Karena mereka kebanyakan belum mengerti jenis jenis sifat materi

Jenis Materi Secara Fisika : Padat, Cair, Gas dan Plasma

Materi memiliki wujud padat, cair, gas, dan plasma. Mungkin diantara kalian masih bertanya tanya tentang materi wujud plasma ini. Namun semuanya akan dibahas pada artikel ini. Jenis jenis sifat materi bisa kamu pahami dengan mudah di pembahasan ini.

Contoh jeis-jenis materi (sumber : https://www.pinterest.com/rhavercroft/)

1. Padat

Padat merupakan materi yang ditandai dengan struktur molekulnya saling menyatu satu sama lain. Untuk memisahkan molekulnya, dibutuhkan energi, semisal seperti energi panas, kinetik, dan lain sebagainnya. Dalam bentuk mikroskopisnya, atom, ion dan molekul penyusun zat padat ini akan tertata secara teratur dan memiliki pola yang teratur atau tidak.

Masing masing zat atau unsur memiliki sifat mekanis, therma dan lain lain. Misalnya, besi dan tembaga memiliki titik leleh yang berbeda beda. Selain itu, mereka juga memiliki densitas yang berbeda beda pula. Mengapa sifat mereka bisa berbeda beda? karena masing masing dari unsur memiliki ikatan antar unsur yang berbeda beda dengan tingkatan energi tertentu.

2. Cair

Apabila sebuah padatan diberi energi terus menerus dan hingga melewati titik lelehnya, maka benda yang awalnya berupa padatan, akan berubah bentuk menjadi cair. Cair merupakan zat yang selalu mengikuti wadah (tergantung dari densitas suatu zat cair serta tegangan permukaannya). Bentuk mikroskopis atom, ion dan molekul penyusun zat cair ini ialah sedikit renggang, dan berbeda dengan bentuk padat.

Dalam suhu ruangan 25°C, air merupakan salah satu zat cair. Lalu apakah air (H20) juga bisa berubah wujud menjadi zat padat? Bisa saja, yaitu dengan mendinginkannya hingga mencapai suhu dibawah 0°C. Untuk densitasnya sendiri, lebih ringan ketimbang padat dan lebih berat ketimbang gas. 

3. Gas

Zat cair, apabila diberi energi atau dipanaskan terus hingga melewati titik didih, maka zat cair tersebut akan berubah wujud menjadi gas. Dalam suhu ruang, unsur yang berada pada fase gas diantaranya ialah nitrogen, helium, oksigen, hidrogen, dan lain sebagainnya. Dalam fase ini, molekulnya bergerak acak, tidak beraturan dan saling bertumbukan satu sama lain.

Gas memiliki densitas yang jauh lebih rendah ketimbang padat maupun cair. Sehingga gas merupakan materi yang sangat ringan dan mampu memenuhi volume wadahnya. Untuk suhunya sendiri, berbeda beda, tergantung dari titik didih suatu zat. Jika semakin tinggi titik didihnya, maka semakin tinggi suhu gas tersebut. Begitu juga sebaliknya, semakin rendah titik didihnya, maka semakin rendah suhu gas tersebut.

4. Plasma

Masih banyak orang yang tidak paham dengan plasma, atau bentuk ke 4. Plasma merupakan gas yang terionisasi. Jadi bentuknya seperti gas, namun ion dan molekulnya terpisah satu sama lainnya. Karena molekul, elektron dan ionnya terpisah, maka plasma merupakan konduktor (mampu menghantarkan listrik). Contoh plasma ialah matahari, api, dan sejenisnya.

Plasma memiliki suhu yang sangat tinggi, bahkan hingga berorde jutaan celcius. Untuk merubah gas menjadi plasma, dibutuhkan suhu yang sangat tinggi. Plasma yang bisa kita buat di dalam laboratorium itu ialah plasma pada gas. Plasma merupakan jenis jenis sifat materi yang jarang diketahui oleh orang.

Di dalam sebuah tabung telah diisikan gas, kemudian diberi beda potensial hingga beberapa ribu volt. Setelah itu akan terjadi lucutan korona yang kemudian akan breakdown dan menjadi plasma. Plasma sendiri biasa dimanfaatkan untuk pembangkitan listrik, las, membersihkan alat medis dan lain sebagainnya. 

Baca juga : Sifat-sifat Materi

Di atas merupakan 4 jenis jenis materi secara fisika yang jarang diketahui oleh banyak orang. Semua jenis tersebut memiliki kegunaannya masing masing di kehidupan sehari hari.