indikator keuasan ban

Indikator Keausan pada Ban (T.W.I) : Fungsi dan Letaknya

Diposting pada 459 views

Indikator Keausan Ban (T.W.I = Tread Wear Indicator). Ban merupakan komponen yang sangat vital bagi suatu kendaraan, salah satu fungsi utama ban adalah menopang seluruh beban kendaraan, untuk itu diperlukan ban yang kondisinya masih bagus agar ban dapat berfungsi dengan baik dan keselamatan dapat dicapai.

Untuk itulah pada ban diberi tanda yang digunakan memeriksa keausan pada ban. Apabila keausan sudah melebihi maka langkah selanjutnya adalah dengan menggantinya.

Berbeda ketika tidak adanya tanda yang mengindikasikan keausan ban, maka kita akan merasa kebingungan menentukan apakah ban ini sudah waktunya ganti atau belum.  

Baca : Ini Arti Kode Spesifikasi Yang Terdapat Pada Ban

Fungsi dan Bagian-bagian Indikator Keausan Ban (TWI)

tread wear indicator twi
Tread Wear Indicator

Tanda ini biasa disebut dengan T.W.I atau Tread Wear Indicator, yang bisa diartikan sebagai indikator keausan ban. Tread adalah bagian ban yang merupakan lapisan karet luar yang melindungi carcass terhadap keausan dan kerusakan yang disebabkan oleh permukaan jalan. Dalam bahasa Indonesia kata “wear” dapat diartikan sebagai pemakaian.

Jadi T.W.I adalah indikator pemakaian yang menunjukan keausan pada tread ban. Tanda ini biasanya berupa tonjolan di sekeliling ban dan terletak di dalam tread yang kira-kira jumlahnya 4 sampai 6 pada setiap roda.

Tingginya adalah sekitar 1,6 mm sampai dengan 1,8 mm dari dasar tread. Biasanya juga di bagian samping terdapat tanda segitiga yang menunjukan letak dari TWI tersebut. Apabila ban sudah aus, maka tread pada ban akan mencapai indikator, dan sudah seharusnya melakukan penggantian ban.  

Ini juga dapat anda terapkan ketika membeli ban terutama untuk ban bekas, selalu perhatikan tanda ini. Biasanya ban yang di ukir kembali akan menghilangkan T.W.I ini.

Jadi pastikan ketika membeli ban bekas, tanda T.W.I masih ada, sehingga didapat ban yang benar-benar bagus. Lebih yakin lagi beli ban yang masih baru.  

Read : Tipe-tipe Ban (Ban Bias dan Ban Radial)  

Ban yang sudah aus akan membahayakan pengemudi, karena bisa menyebapkan hidroplanning atau berkurangnya cangkeraman roda akibat genangan air dan ban yang sudah gundul.

Ini berpotensi untuk selip dan mobil bisa terguling. Selain itu ban yang sudah aus juga daya pengereman juga akan berkurang, karena gaya gesek antara ban dan permukaan jalan juga semakin kecil.   \

Demikian saja artikel tentang Indikator Keausan Ban (T.W.I = Tread Wear Indikator).

Pertanyaan Seputar TWI

Keausan ban ditunjukan oleh?

Tingkat keuasan pada ban ditunjukan oleh TWI (Tread Wear Indikator) atau indikator pemakaian ban. TWI memiliki tinggi 1,6 – 1,8 mm, ketika ban sudah aus dan mengenai TWI itu artinya ban perlu diganti dengan yang baru.

Apakah aman jika ban aus sudah melebihi TWI?

Tentu saja tidak, pabrik telah menetapkan standar pemakaian ban dimana ketika mencapai TWI itu artinya ban perlu diganti karena keausannya sudah maksimal.

Saya beli ban bekas, dan tidak menemukan TWI?

Jika TWI sudah tidak ditemukan padalah treadnya masih tebal, patut dicurigai ban tersebut adalah ban yang dibatik ulang.

Bagaimana cara menemukan tanda TWI?

Mulailah dengan mencari tanda segitiga yang terdapat di sisi samping ban. Kemudian di tarik lurus dan temukan di bagian tengah ban yang bersentuhan dengan jalan.