Hubungan Kepadatan Manusia dengan lingkungan

Hubungan Kepadatan Manusia dengan lingkungan

Diposting pada 310 views

Hubungan Kepadatan Manusia dengan lingkunganKepadatan populasi manusia lebih dikenal dengan kepadatan penduduk. Pengertian Kepadatan penduduk adalah jumlah penduduk yang mendiami suatu tempat berkaitan dengan luas daerah tersebut. Kepadatan penduduk akan meningkat pesat jika tingkat kelahiran tinggi, sedang kan tingkat kematian rendah. Apalagi jika ditambah dengan banyaknya imigran yang datang.

Hal ini dapat menyebapkan bertambahnya jumlah penduduk. Jumlah penduduk yang besar menyebapkan kebutuhan hidup juga besar serta menyebapkan kebutuhan hidup juga besar, serta menyebapkan ruang gerak yang sangat terbatas. Berbagai industri mulai muncul untuk memenuhi kebutuhan manusia, misalnya industri pangan, pakaian, obat obatan dan transportasi.

Bertambahnya kawasan industri serta alat transportasi akan menimbulkan pencemaran udara, tanah, dan air.  

Ketersediaan udara dan air bersih pun semakin menipis. Selain itu, jumlah penduduk yang terlalu besar juga dapat menyebapkan peningkatan kebutuhan pangan dan lahan. Apabila pertumbuhan penduduk tidak dikendalikan, persediaan pangan tidak akan mampu mencukupi kebutuhan penduduk. Hal ini dapat menyebapkan terjadinya bahaya kelaparan.  

Kepadatan penduduk yang tinggi mengakibatkan sulitnya mendapat fasilitas permukiman yang layak karena terbatasnya ketersediaan lahan. Mereka yang tidak memiliki tempat tinggal terpaksa mendirikan gubuk liar di tepi tepi sungai. Akibatnya, timbul pencemaran lingkungan berupa sampah menggunung, air sungai tergenang dan udara berbau tidak sedap.

Terimakasih sudah membaca artikel “Hubungan Kepadatan Manusia dengan lingkungan”. Baca juga : Peran manusia dalam mengatasi pencemaran lingkungan dan juga Pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan.