kelompok sosial

Jelaskan Hubungan Kelompok Sosial dengan Masyarakat Multikultural!

Diposting pada 2.076 views

Menurut Furnival, masyarakat multicultural adalah masyarakat yang terdiri dari dua atau lebih kelompok yang secara cultural dan ekonomi terpisah-pisah serta memiliki struktur kelembagaan yang berbeda satu sama lain.

Bagaimana Hubungan Kelompok Sosial dengan Masyarakat Multikultural? Jelaskan!

Kelompok sosial memiliki hubungan yang erat dengan masyarakat multikulturan, yaitu hubungan sebagai berikut.


1. Kelompok sosial sebagai unsur pembentuk masyarakat multikultural

Salah satu unsur yang membentuk masyarakat multikultural adalah adanya kelompok sosial. Sehingga kelompok sosial bukanlah satu satunya unsur pembentuk masyarakat multikultural. Kelompok sosial yang ada di masyarakat kita itu lah yang membentuk masyarakat multikultural.

2. Kelompok sosial sebagai dinamisator masyarakat multikultural

Dalam masyarakat multikultural terdiri dari berbagai kelompok sosial yang beraneka ragam. Sehingga dengan adanya kelompok sosial yang ada dalam masyarakat multikultural dapat menyeimbangkan keadaan ketika masyarakat mengalami sebuah konflik.

3. Kelompok sosial sebagai pengikat masyarakat multikultural

Dalam sebuah kelompok sosial perlu adanya ikatan antara individu dengan kelompok dalam masyarakat agar kehidupan masyarakat yang multikultural dapat berjalan dengan baik dan dapat terhindar dari konflik. Pengikat hanya dapat dilakukan dengan bentuk kesetiaan para anggota kelompok tersebut.

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.