hobi baru saat di rumah

7 Hobi Baru yang Dapat Anda Pelajari Saat di Rumah

Diposting pada 127 views

7 Hobi baru yang dapat Anda pelajari saat di rumah – Adanya virus corona membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan strategis, salah satunya adalah dengan pembatasan sosial, dimana masyarakat dihimbau untuk menghindari kerumuman.

Walaupun saat ini kita sudah memasuki new normal, namun bukan berarti virus sudah hilang. Kita masih harus hati-hati dan mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan arahan dari pemerintah.

Mungkin dalam masa new normal ini masih banyak dari kita yang belum mau keluar rumah lama-lama, lebih baik di rumah saja. Tapi bukankah kalau di rumah saja bakalan jenuh? Tenang, kamu bisa melakukan 7 hobi menarik berikut ini yang bisa dilakukan pada saat di rumah, apakah sajak itu? Simak ulasannya berikut ini :

Saat harus tinggal di rumah saja, kadang kita merasa bosan atau stress dan bingung mau melakukan apa selain rebahan dan ngemil. Padahal, selama tinggal di rumah ada banyak hobi baru yang bisa Anda lakukan.

Mengerjakan hobi baru dapat meredakan stress dan dapat membuat Anda lebih kreatif. Cobalah salah satu hobi berikut untuk mengisi waktu “me time” Anda saat di rumah.

7 Hobi Baru Saat Tinggal di Rumah

1. Memasak

hobi memasak
Foto : pexels.com

Saat kita sibuk bekerja dan tidak memiliki banyak waktu untuk tinggal di rumah, mungkin tidak terpikir untuk melakukan hobi ini. Namun sebenarnya memasak dapat menjadi menyenangkan untuk mengisi waktu di rumah. Carilah resep masakan yang Anda sukai dari Internet, dan pastikan Anda memiliki bahan yang diperlukan. Mengikuti cara memasak dari resep biasanya cukup mudah.

Saat bahan untuk memasak tidak tersedia di rumah, bisa jadi ada alasan juga untuk keluar berbelanja dan meredakan kebosanan. Keluarga Anda pun pasti menyukainya saat Anda mulai sering memasak atau membuat kue untuk seluruh keluarga.

2. Senam Online

hobi senam
Foto : pexels.com

Bagi Anda yang suka senam di gym, saat harus tinggal di rumah pasti rasanya bosan dan ingin segera dapat melatih gerak tubuh Anda. Agar kesehatan dan bentuk tubuh Anda tetap terjaga selama tinggal di rumah, tak ada salahnya mencoba kelas senam online yang dapat dilakukan dengan mengunduh aplikasi HP untuk berlatih yoga misalnya.

Cobalah untuk disiplin mengikuti instruksi latihan dari HP. Dengan hobi baru ini, Anda tidak hanya bebas dari rasa bosan, tetapi juga kondisi dan bentuk tubuh tetap fit dan terjaga.

Baca juga : 5 Tips Mengelola Keuangan Keluarga Bersama Pasangan

3. Menyulam atau merajut

Hobi menyulam
Foto : pexels.com

Hobi ini dapat meningkatkan kreativitas Anda, dan Anda dapat menghasilkan sulaman untuk mempercantik rumah atau hasil rajutan yang dapat dipakai. Cobalah mencari video tutorial untuk menyulam atau merajut, dan praktekkan.

Saat ini juga banyak online shop yang menjual kit untuk menyulam atau merajut yang sudah memiliki benang, jarum, dan kain atau perlengkapan lainnya dalam satu paket sehingga Anda tak perlu repot untuk membeli perlengkapannya satu per satu.

Biasanya kit sudah dilengkapi dengan pola dan instruksi yang jelas, Anda tinggal mengikutinya. Menyulam atau merajut juga dapat membuat Anda lebih fokus dan teralihkan dari berita yang kurang menyenangkan.

4. Melukis

Hobi melukis
Foto : pexels.com

Saat ini tak perlu pintar melukis untuk melakukan hobi ini. Cobalah mencari paket paint by numbers di toko online kesayangan Anda. Dalam paket ini sudah ada kanvas yang berpola dan bernomor, kuas, dan cat yang dikemas kecil-kecil dalam urutan angka.

Yang harus Anda lakukan adalah “mewarnai” kanvas sesuai dengan pola dan cat yang sudah diberi nomor. Saat Anda selesai, Anda akan terkejut dengan hasil lukisan Anda!

5. Belajar Alat Musik

Hobi bermain gitar
Foto : pexels.com

Apakah di rumah Anda memiliki alat musik yang tak pernah sempat Anda mainkan? Atau Anda menyukai musik dan punya keinginan terpendam untuk dapat memainkan alat musik? Inilah saat terbaik bagi Anda untuk melakukan hobi ini. 

Menurut penelitian bermain musik memiliki berbagai manfaat seperti untuk mempertajam pikiran, meningkatkan koordinasi dan mengatur suasana hati. Tidak heran ya ketika bermain musik kadang orang bisa terharu bahkan bisa menangis.

Di sisi lain, musik juga bisa meningkatkan konsentrasi. Ketika kita bermain alat musik seperti gitar, piano, biola dan semacamnya membutuhkan konsentrasi. Dalam proses iniliah kita dilatih untuk berkonsentrasi.

Lalu bagaimana jika tidak bisa bermain alat musik? Gampang, saat ini sangat mudah mencari tutorial bermain alat musik dari YouTube. Fokuskan alat musik apa yang ingin Anda mainkan, dan mulailah mencoba.

6. Memelihara Hewan Peliharaan

Memiliki hewan peliharaan
Foto : pexels.com

Tak harus membeli hewan peliharaan yang mahal, Anda dapat melakukan hobi ini dengan mengadopsi hewan terlantar dari jalanan atau dari shelter hewan terdekat di kota Anda. Saat orang-orang tinggal di rumah, banyak hewan jalanan yang semakin kekurangan makanan.

Karena itu, ini adalah saat yang tepat bagi Anda untuk menyediakan rumah bagi hewan ini. Memelihara hewan peliharaan membuat Anda semakin aktif bergerak dan dapat meredakan stress Anda.

7. Belajar Digital Art

Digital art
Foto : pexels.com

Anda suka menggambar tetapi sudah lama tidak menggambar dan tidak memiliki alat-alat untuk menggambar? Coba lakukan kembali hobi menggambar Anda secara digital. Anda dapat mendownload aplikasi digital art untuk menggambar karakter yang unik sesuai kesukaan Anda.

Carilah tutorialnya di YouTube atau di sosial media. Anda dapat men-share hasil gambar Anda ke sosial media atau bahkan mencetak hasil gambar Anda pada barang-barang pribadi Anda seperti mug, tas kanvas, masker kain, atau lainnya.

Baca juga : 9+ Tips Biar Ganteng, No 5 Wajib Untuk Dilakukan !

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.