globalisasi

Hakikat Globalisasi: Pengertian, Proses, dan Bentuk Globalisasi

Diposting pada 3.283 views

Hakikat Globalisasi : Pengertian Globalisasi

Globalisasi berasal dari kata “global” yang mempunyai arti umum atau universal. Bahasa Inggrisnya globalisasi adalah globalization yang berasal dari kata globe yang artinya bumi atau dunia, dan ization yang mempunyai arti proses. Jadi kalau digabung globalization artinya adalah proses mendunia.

Pengertian globalisasi secara umum yaitu suatu proses tatanan masyarakat yang mendunia yang tidak lagi mengenal batas-batas wilayah suatu negara.

Banyak para ahli yang telah mengemukakan pendapat tentang globalisasi, mereke mengemukakan opininya sesuai dengan pandangan mereka masing masing.

Sebagian diatara mereka ada yang menganggap bahwa globalisasi adalah proses sosial, ada juga yang menganggap sebagai proses sejarah atau proses yang alami yang akan membuat bangsa bangsa di dunia ini semakin terikat satu sama lain untuk mewujudkan suatu bentuk tatanan baru tanpa melihat batas batas geografis, ekonomi dan budaya masyarakat yang telah berkembang di masing masing negara.  

Dalam pengertian diatas, globalisasi mempunyai hubungan dengan peningkatakan keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia di seluruh dunia sehingga batas batas wilayahnya antar negara menjadi bias (samar).  

Globalisasi menunjukan adanya proses atau perkembangan. Menurut kamus besar bahasa indonesia, globalisasi adalah proses masuknya ke ruang lingkup dunia.

Jadi pengertian globalisasi menunjukan adanya suatu proses. Berikut ini adalah pengertian globalisasi:

1. Globalisasi adalah suatu proses yang di dalamnya  batas batas negara luluh dan tidak penting lagi dalam kehidupan sosial.

2. Globalisasi adalah proses terbentuknya sistem organisasu dan komunikasi antar masyarakat dunia untuk mengikuti sistem yang sama.

3. Globalisasi adalah kebebasan dan kemampuan individu dan perusahaan untuk memprakasi transaksi ekonomi dengan orang orang dari negara negara lain.

Pada era global, hubungan antar manusia tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Dengan demikian, orang bisa berkomunikasi dengan orang lain di negara lain serta berpindah pindah dengan cepat dari satu negara ke negara lain.

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Dan berikut ini pengertian globalisasi menurut para ahli :

1. Martun Albrow

Definisi globalisasi menurut Martin Albrow adalah globalisasi menyangkut seluruh proses dimana penduduk dunia terinkorporasi ke dalam masyarakat dunia yang tunggal.  

2. Wikipedia Encyclopedia

Definisi globalisasi menurut Wikipedia Encyclopedia adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan perubahan-perubahan dalam masyarakat dan dalam perekonomian dunia yang dihasilkan oleh meningkat pesatnya perdagangan dan pertukaran kebudayaan.  

3. Selo Sumarja

Definisi dari Globalisasi menurut Selo Sumarjo adalah suatu proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia.  

4. Bank Dunia

Menurut bank dunia definisi dari globalisasi adalah kebebasan dan kemampuan individu dan perusahaan untuk memprakasai transaksi ekonomi dengan orang-orang dari negara lain.  

Hakikat Globalisasi : Proses Terjadinya Globalisasi

Proses globalisasi muncul karena adanya perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan komunikasi ditandai dengan adanya teknologi satelit, telepon dan internet. sedangkan perkembangan transportasi ditandai dengan adanya alat transportasi modern.

Hasil proses komunikasi antar manusia semakin dekat, waktu yang ditempuh semakin sigkat dan mudah bergerak dari satu tempat ke tempat lain.

Oleh karena itu, globalisasi membuat dunia seolah tanpa batas penghalang. Wujud dari arus globalisasi adalah sebagai berikut:

1. Arus etnis berupa mobilitas manusia dalam bentuk imigran, turis, eksodus, pengungsi, dan lain lain.

2. Arus teknologi berupa mobilitas teknologi, munculnya organisasi multinasional dan organisasi transnasional.

3. Arus keungan berupa mobilitas penanaman modal asing, investasi, ekspor, dan impor.

4. Arus gagasan atau pendapat berupa meningkatkannya nilai baru dalam dunia sehingga menjadi isu internasional.  

Bentuk Bentuk Globalisasi dalam Kehidupan

akibat arus budaya global, isu isu internasional sekarang ini banyak berpengaruh pada semua aspek kehidupan. Pengaruh globalisasi pada aspek aspek kehidupan memiliki bentuk yang berlainan. Berikut ini bentuk globalisasi dalam beberapa aspek kehidupan.

1. Globalisasi Informasi

Globalisasi informasi yang terjadi sekarang dimungkinkan oleh penggunaan media elektronik dalam mengirim dan menerima informasi. Mula mula melalui radio dan televisi, kemudian melalui jaringan internet. Ada dampak baik dan buruknya.

Dampak baiknya adalah Kita bisa menerima informasi dengan cepat dan tepat sesuai dengan kebutuhan kita. Tetapi ada dampak buruknya juga, yaitu munculnya internet dapat diakses oleh semua kalangan, baik dewasa ataupun anak anak. Ini akan menjadi dampak buruk karena anak anak belum bisa menyaring mana yang baik dan mana yang buruk.

2. Globalisasi Ekonomi

Globalisasi perekonomian merupakan suatu proses kegiatan dan perdagangan, dimana negara negara di seluruh dunia menjadi satu kekuatan pasar yang semakin terintegerasi dengan tanpa rintangan batas teritorial negara. Globalisasi perekonomian mengharuskan untuk menghapus seluruh batasan dan hambatan terhadap arus modal, barang, jasa.

3. Globalisasi Kebudayaan

Globalisasi mempengaruhi hampir semua aspek yang ada di masyarakat, termasuk di antaranya aspek budaya. Kebudayaan dapat diartikan sebagai nilai nilai yang dianut oleh masyarakat.

Perkembangan globalisasi kebudayaan secara intensif terjadi pada awal abad ke 20 dengan berkembanya teknologi komunikasi.

Ciri berkembangnya globalisasi kebudayaan adalah sebagai berikut:

A. Berkembangnya pertukaran kebudayaan internasional.
B. Penyebaran prinsip multikebudayaan, dan kemudahan akses suatu individu terhadap kebudayaan lain di luar kebudayaannya.
C. Berkembangnya turisme dan pariwisata
D. Semakin banyaknya imigrasi dari suatu negara ke negara.
E. Berkembangnya mode yang berskala global, seperti pakaian, film, dan lain lain.
F. Bertambahnya banyaknya event event berskala global, seperti piala dunia.

Pelajari lebih mendalam lagi seputar GLOBALISASI dengan membaca artikel sebagai berikut :

1. Dampak Positif dan Negatif Globalisasi di Bidang Politik
2. 25 Dampak Positif dan Negatif Globalisasi di Bidang Ekonomi
3. Dampak Positif dan Negatif Globalisasi di bidang Sosial Budaya

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.