Gaji Pegawai BRI Berbagai Posisi dan Tugasnya

Diposting pada 228 views

Gaji Pegawai BRI Berbagai Posisi dan Tugasnya – Mempunyai pekerjaan sebagai pegawai dari perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mungkin menjadi impian bagi sebagian orang. Hal ini bukanlah merupakan hal yang asing, mengingat pekerjaan di perusahaan BUMN menawarkan gaji yang tidak bisa dikatakan sedikit.

Bank Rakyat Indonesia atau yang lebih familiar disebut dengan BRI merupakan salah satu bank besar milik pemerintah yang mempunyai banyak sekali nasabah di Indonesia. Disamping mempunyai penghasilan yang cukup besar, menjadi pegawai di bank yang didirikan di Purwokerto pada 16 Desember 1985 ini tentu saja dapat menjadi sebuah kebanggaan tersendiri.


sumber : pexels.com

Sama dengan perusahaan-perusahaan lainnya, tingkatan gaji dari pegawai di Bank BRI juga berbeda-beda berdasarkan tinggi atau rendahnya jabatan yang dipegang. Selain itu, jumlah gaji baik di perusahaan swasta maupun perusahaan negeri juga mempunyai angka yang berbeda-beda bergantung dengan kinerjanya.

Misalnya, bagi karyawan yang merupakan fresh graduate atau baru saja lulus kuliah S1 tanpa memiliki pengalaman sebelumnya, akan mendapatkan nominal gaji yang pasti lebih rendah dibandingkan dengan karyawan yang senior atau yang lebih dulu bekerja di tempat tersebut. Sistem penggajian dalam suatu perusahaan biasanya juga berdasarkan pada tinggi-rendahnya jabatan yang dipegang. Umumnya, semakin tinggi posisi jabatannya, maka akan semakin tinggi pula gaji yang akan diterima.

Selain dapat dikatakan mempunyai nominal gaji yang relatif besar, biasanya pegawai dari perusahaan milik negara juga mendapatkan berbagai macam jenis tunjangan seperti biaya pensiun, asuransi kesehatan, kendaraan dinas, rumah dinas, dan lain sebagainya. Lalu, kira-kira berapakah sebenarnya gaji dari pegawai Bank BRI? Apakah sesuai dengan tugas dan kewajiban yang harus dilakukan? Mari, simak artikel dari kitabisa.net berikut ini.

POSISI, TUGAS, DAN GAJI PEGAWAI BANK BRI

Sebagai bank yang populer serta mempunyai banyak sekali nasabah di Indonesia, Bank BRI menawarkan nominal gaji yang cukup tinggi bagi para pegawainya. Namun, jumlah gaji tersebut juga bergantung pada masa kerja, deskripsi pekerjaan, serta tinggi rendahnya UMP/UMK suatu daerah, dan juga lokasi dari penugasannya. Selain itu, pegawai yang mempunyai kinerja yang optimal serta mempunyai riwayat kerja yang baik makan akan mempunyai kesempatan untuk dijadikan karyawan tetap dan atau dinaikkan jabatannya.

Berikut beberapa posisi serta gaji dari pegawai Bank BRI yang sering kita temui :

Teller (Rp.3.000.000,-/bulan)

Teller merupakan salah satu posisi pegawai bank yang paling dekat dan akrab dengan masyarakat. Hal tersebut terjadi dikarenakan memang tugas serta kewajibannya berhubungan langsung dengan para nasabah. Tugas utama dari seorang teller yaitu untuk melayani para nasabah serta calon nasabah untuk melakukan berbagai macam transaksi keuangan. Misalnya penarikan dana, penyetoran dana, dan juga memindah buku antar rekening akan dilayani langsung oleh teller.

Teller diwajibkan untuk selalu tersenyum, sabar, ramah, dan berpenampilan menarik tiap harinya. Hal tersebut wajib dilaksanakan karena supaya membuat nasabah menjadi nyaman dan mempunyai interpretasi yang baik terhadap bank tersebut.

Customer service (Rp.4.500.000,-/bulan)

Selain teller, customer service atau yang lebih familiar dengan sebutan CS juga berada di meja depan. Seorang customer service ini memiliki lingkup layanan yang lebih luas dibandingkan dengan teller. Lingkup layanan tersebut meliputi pelayanan aplikasi yang diajukan oleh nasabah, penerimaan keluhan, penjualan produk-produk bank, serta menjaga hubungan yang baik antara bank dengan para nasabahnya. Sama halnya dengan teller, karena seorang customer service dalam menjalankan tugasnya pasti berhubungan dengan nasabah secara langsung, maka customer service diwajibkan untuk mempunyai kemampuan komunikasi yang baik, sabar, ramah, dan juga berpenampilan menarik.

Seorang customer service juga sangat dianjurkan untuk menciptakan kenyamanan kepada nasabah karena customer service merupakan tempat bagi pelanggan untuk mengajukan komplain atau keluhan mengenai kendala yang ia alami.

Staff Back Office (BO) (Rp.6.000.000,-/bulan)

Selain teller dan customer service yang bekerja di depan serta berhadapan dengan para nasabah secara langsung, ada juga staff back office (BO) yang bekerja di “balik layar”. Mereka ditugaskan untuk mengurus segala pembukuan serta hal-hal serupa yang bersifat administratif. Dalam back office, terdapat banyak posisi seperti petugas IT, kliring, bagian administrasi pinjaman, hingga bagian logistik dan juga sumber daya manusia (SDM) yang mempunyai fokus tugasnya masing-masing. Misalnya petugas IT, mempunyai fokus utama untuk mengurus segala urusan bank yang bersangkutan dengan teknologi misalnya ketika ada pembaruan dan atau perbaikan sistem.

Account Officer (AO)  (Rp.6000.000,-/bulan)

Account officer (AO) atau yang lebih familiar disebut dengan mantri yaitu adalah seorang pegawai bank gang mempunyai peran dalam marketing atau sebagai sales. Account officer lah yang ditugaskan serta bertanggung jawab untuk mencari nasabah yang ingin meminjam atau kredit serta melakukan promosi dan pemasaran atas produk-produk bank seperti pinjaman, kartu kredit, KPR, serta berbagai pinjaman modal usaha.

Selain mencari calon nasabah, AO juga bertanggung jawab untuk menganalisis kemampuan bayar dari nasabah tersebut supaya dalam pelunasannya tidak terjadi berbagai macam kendala. Sebagai marketing atau sales, seorang AO juga mempunyai kewajiban yang sama dengan teller dan customer service yaitu baik dalam berkomunikasi, berpenampilan menarik, ramah, serta sabar.

Sales Officer (Rp6.000.000,-/bulan)

Pekerjaan sebagai seorang sales officer akan sangat lekat dengan penjualan produk-produk dari perbankan, seperti KPR, kartu kredit, dan juga mikro kredit. Seorang sales officer wajib mencari nasabah baru serta menawarkan berbagai produk baru. Dengan pekerjaannya yang seperti ini, seorang sales officer memerlukan kemampuan komunikasi yang baik dan mumpuni supaya nasabah bisa tertarik dan memberli produk-produk perbankan tersebut. Umumnya, ketika seorang sales officer mendapatkan nasabah yang lebih dari target yang telah ditentukan, maka ia akan mendapatkan insentif atau bonus tambahan.

Funding Officer (Rp7.000.000,-/bulan)

Funding officer atau petugas pendanaan adalah orang yang diberikan kewajiban untuk mengumpulkan dana sebanyak mungkin yang nantinya, dana yang telah dikumpulkan tersebut akan diputar lagi dan digunakan oleh bank untuk disalurkan dalam bentuk kredit kepada para nasabah. Funding officer wajib mempunyai ide-ide yang baik untuk menyusun berbagai macam rencana promosi guna untuk meningkatkan pemasukan dari bank BRI. Posisi funding officer akan sangat berpengaruh bagi program-program yang akan dilaksanakan oleh bank di kedepannya.

Auditor (Rp.9.000.000/bulan)

Posisi auditor mempunyai tugas untuk memastikan bahwa apakah kinerja dari karyawan dalam bank tersebut telah sesuai dengan prosedur yang ditetapkan atau tidak. Jika terdapat pekerjaan yang menyeleweng atau tidak sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan, maka auditor akan memasukkannya sebagai temuan dan dari temuan tersebut, nantinya akan digunakan sebagai bahan pertimbangan kepada pimpinan. Bahan pertimbangan tersebut akan digunakan apabila pimpinan mulai mempertimbangkan untuk menaikkan pangkat, memindahkan posisi, memindahkan tempat kerja, dan bisa juga untuk pemberhentian kerja atau PHK

Itulah tujuh posisi di Bank BRI beserta gajinya yang perlu anda ketahui. Perlu diketahui bahwa standar gaji di Indonesia akan disesuaikan dengan regulasi perihal Upah Minimum Provinsi (UMP) maupun Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) serta kebijakan khusus perusahaan. Sebagai pengingat, untuk bekerja di bank BRI, para calon pegawai yang akan direkrut wajib menjalankan berbagai tes serta melalui aspek-aspek penilaian yang sesuai dengan ketentuan sebagai bahan pertimbangan.

Sekian informasi mengenai posisi, tugas, serta gaji pegawai bank BRI dari kitabisa.net . Terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat!

Baca juga :

Tugas Teller Bank

Cara Transfer Uang Tapi Tidak Punya Rekening di Bank Mandiri

Jobdesk Staff Pajak (Tax Accounting) – Tugas, Syarat dan Gaji

9 Tugas Pokok Operator Produksi di Perusahaan

Gaji Kerja di Alfamart Terbaru 2022 dan Cara Melamar Kerja