fungsi stabilizer bar

Fungsi Stabilizer Bar Pada Mobil

Diposting pada 631 views

Fungsi Stabilizer Bar Pada Mobil –  Salah satu komponen sistem suspensi adalah stabilizer bar, walaupun tidak semua kendaraan atau mobil memiliki stabilizer bar ini, tergantung dari kontruksi dan kebutuhan mobil tersebut.

Yang namanya stabilizer pasti digunakan sebagai penstabil, tetapi penstabil pada saat apa dan mengapa perlu distabilkan? Kita bahas semuanya disini.

Fungsi Stabilizer bar

Stabilizer Bar berfungsi untuk mengurangi kemiringan mobil yang disebapkan oleh gaya sentrifugal ketika mobil membelok. Selain itu juga berfungsi untuk meningkatkan traksi ban terhadap jalan.

Pada sistem suspensi depan  stabilizer bar ini biasanya dipasang pada kedua lower arm melalui bantalan karet dan linkage.

Pada bagian tengah di ikat ke frame atau body pada dua tempat melalui bushing. Kira-kira letak dari stabilizer bar dapat anda lihat pada gambar di atas ya.

Cara Kerja Stabilizer Bar

Setelah berbicara tentang fungsi stabilizer bar, belum lengkap rasanya kalau belum membahas tentang cara kerjanya. Cara kerja dari stabilizer bar kurang lebih seperti ini :  

Ketika roda kanan dan kiri bergerak ke atas dan ke bawah secara bersamaan dengan arah dan jarak yang sama, stabilizer ban harus tidak ada puntiran.

Pada umumnya ketika mobil membelok baik ke kanan maupun ke kiri, pegas rod bagian luar ( yaitu Outer Spring ) tertekan dan pegas roda bagian dalam ( Inner ) mengembang.

Akibatnya stabilizer bar akan terpuntir karena salah satu ujungnya tertekan ke atas sedangkan ujung yang lain bergerak ke bawah. Stabilizer bar akan cenderung menahan terhadap puntiran.

Tahanan terhadap puntiran ini berfungsi mengurangi body roll dan memelihara body kendaraan dalam batas kemiringan yang amam.  

Nah, gimana sudah tahu fungsi dan cara kerja dari stabilizer bar kan. Kalau sudah tahu, saya rasa sudah cukup untuk postingan kali ini. Terimakasih.