Faktor Penghambat dan Pendorong Terbentuknya Integrasi Nasional

Diposting pada 508 views

Faktor Penghambat dan Pendorong Terbentuknya Integrasi Nasional – Persatuan dan kesatuan menjadi salah satu modal dasar bagi suatu negara agar menjadi negara yang besar dan maju. Adanya perpecahan hanya akan membuat suatu negara terancam dan rakyatnya menderita, kita dapat melihat beberapa negara yang di dalamnya terjadi perang saudara.  

Maka dari itulah peran negara dalam menyatukan warga negaranya yang biasanya memiliki keanekaragaman sangat penting untuk dilakukan. Peran menyatukan keanekaragaman ini agar setiap warga negara memiliki rasa persatuan, nasionalisme dan memiliki semangat bersama untuk kesejahteraan bangsa.  

Persatuan yang dibangun dan dibutuhkan oleh suatu negara dan bangsa ini disebut sebagai integrasi nasional. Sehingga dapat dikatakan bahwa sebuah negara yang mampu membangun integrasi nasionalnya secara baik, maka akan memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan bangsa-bangsa yang ada di negara tersebut. Integrasi nasional merupakan salah satu tolok ukur persatuan dan kesatuan sebuah bangsa.

Lalu apa sih yang dimaksud dengan integrasi nasional itu? Nahh, khusus kali ini kita akan membahas pengertian integrasi nasional berdasarkan para ahli. Dari berbagai pengertian menurut para ahli ini, nanti kalian coba simpulkan sendiri yaa tentang apa sih itu integrasi nasional itu. Pasti ketemu dan tambah paham deh tentang integrasi nasional.

Pengertian Integrasi Nasional

integrasi nasional
NoNama
Ahli
Pengertian
Integrasi Nasional
1.Saafroedin
Bahar (1996)
Upaya menyatukan seluruh unsur suatu bangsa dengan pemerintah dan wilayahnya.
2.Riza
Noer Arfani (2001)
Pembentukan suatu identitas nasional dan penyatuan berbagai kelompok sosial dan budaya ke dalam suatu kesatuan wilayah.
3.Djuliati
Suroyo (2002)
Bersatunya suatu bangsa yang menempati wilayah tertentu dalam sebuah negara yang berdaulat.
4.Ramalan
Surbakti (2010)
Proses penyatuan berbagai kelompok sosial budaya dalam satu kesatuan wilayah dan dalam suatu identitas nasional.
5.Kurana
(2010)
National integration is the awareness of
a common identity amongst the citizens of a country. It means that though we
belong to different castes, religions and regions and speak different
languages we recognize the fact that we are all one.


(Integrasi nasional adalah kesadaran akan identitas bersama di antara warga suatu negara. Ini berarti bahwa meskipun kita termasuk kasta, agama dan wilayah
yang berbeda dan berbicara dalam bahasa yang berbeda, kita mengakui kenyataan bahwa kita semua adalah satu).
6.KBBI
(Kamus Besar Bahasa Indonesia)
Integrasi memiliki arti pembaruan sehingga menjadi satu kesatuan yang bulat dan utuh.

Integrasi nasional yaitu wujud dari keutuhan prinsip moral dan etika bangsa dalam kehidupan bernegara. Selengkapnya bisa baca artikel sebelumnya.  

Integrasi nasional dapat terwujud apabila terdapat kerjasama yang baik antara pemerintah dan juga masyarakat. Walaupun begitu, masih ada lagi faktor-faktor yang dapat menghambat terbentuknya integrasi nasional, selain faktor penghambat pasti ada juga faktor pendukungnya.  

Oke, langsung saja berikut ini adalah penjelasan dari kitapunya.net

A. Faktor pendorong terbentuknya integrasi nasional di Indonesia

Faktor pendorong ini diperlukan agar integrasi nasional dapat mencapai kekuatan dan kesatuan yang optimal. Faktor faktor pendorong tersebut antara lain :

  1. kepercayaan & toleransi
  2. sikap saling pengertian dan juga sikap saling perhatian
  3. fundamentalisme dan keterbukaan

B. Faktor faktor penghambat integrasi nasional di Indonesia

Setelah membahas faktor yang menjadi pendorong, saatnya kita menuju faktor yang menghambat terjadinya integrasi nasional khususnya di wilayah Indonesia. Apa sajakah faktor-faktor tersebut? Berikut ini kami sebutkan :

  1. Masyarakat Indonesia yang bermacam-macam bila dilihat dari budayanya, tingkah lakunya, bahasa yang digunakan, agama yang dianut, ras, dan lain sebagainya.
  2. Adanya ancaman, tantangan, hambatan dan juga gangguan yang dapat mengancam kesatuan, keutuhan dan persatuan bangsa. Ancaman ini bisa berasal dari dalam dan juga bisa berasal dari dalam.
  3. Luasnya wilayah negara kita, negara kita adalah negara kepulauan yang terdiri dari ribuan pulau-pulau.
  4. Kurang meratanya pembangunan di seluruh wilayah di Indonesia, hal ini menyebabkan timbulnya rasa iri, tidak puas, gerakan separatisme dan kedaerahan, demonstrasi, unjuk rasa dan lain lain.
  5. Timbulnya paham “etnosentrisme” di antara beberapa suku bangsa yang menonjolkan kelebihan-kelebihan budayanya dan menganggap rendah budaya suku bangsa lain.
  6. Lemahnya nilai-nilai budaya bangsa akibat terlalu kuatnya pengaruh dari budaya luar (asing) yang kebanyakan tidak sesuai dengan kepribadian bangsa kita

Demikian artikel tentang “Faktor Penghambat dan Pendorong Terbentuknya Integrasi Sosial”, semoga dapat bermanfaat. Untuk selanjutnya dapat membaca artikel yang lain :

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.