cara menulis lamaran kerja di amplop coklat

Cara Menulis Lamaran di Amplop Coklat agar Diterima

Diposting pada

Cara menulis lamaran di amplop coklat – Mengirim lamaran saat ini memang lebih banyak menggunakan sistem online dengan mengirimnya via email.

Walaupun banyak perusahaan yang menganjurkan pelamar untuk mengirim dokumen melalui email, tapi tak jarang juga beberapa perusahaan yang juga menerima dan menganjurkan pelamar untuk tetap mengirimkan dokumen fisik ke alamat perusahaan yang dituju.

Biasanya para pelamar juga dianjurkan untuk membawa lamaran fisik saat interview untuk keperluan HR atau hal penting lainnya.

Mengirim dokumen lamaran pekerjaan secara fisik pun tidak sembarang. Tentu saja para pelamar biasanya mengandalkan mengirim lamaran menggunakan amplop coklat. Untuk membuat lamaranmu semakin baik dan benar, berikut ini panduan mengenai panduan menulis lamaran di amplop coklat.


Panduan Menulis Lamaran di Amplop Coklat

cara membuat lamaran kerja di amplop coklat

1. Pilih amplop coklat sesuai standart lamaran kerja

Pilihlah amplop lamaran kerja yang berwarna coklat dengan tali sebagai penutupnya. Jika kamu belum pernah membelinya atau masih tidak tahu, kamu bisa langsung menuju layanan fotokopi dan mengatakan amplok lamaran kerja. Amplop coklat dengan penutup tali lazimnya memang standart sebagai amplop lamaran kerja.

2. Menulis surat lamaran yang rapi dan baik

Satu hal yang paling penting adalah tulislah surat lamaran dengan baik dan rapi. Lebih baik membuat surat lamaran dengan cara diketik dan dicetak agar tulisan lebih rapi dan berukuran sama. Untuk penulisan CV berikan informasi yang benar-benar lengkap dan jelas. Jangan terlalu polos dan ramai. Buatlah CV secara elegant. Kamu bisa memanfaatkan berbagai aplikasi desain online untuk mempermudah kamu memperbagus CV, cover letter, atau portfolio,

3. Simpan dan pilihlah amplop sebaik mungkin

Artinya, jangan menaruh dan memilih amplop sembarangan yang tidak rapi, lusuh, atau kotor. Jika kamu menyimpannya usahakan simpan dalam keadaan terbaik jangan sampai terlipat apalagi kotor atau terdapat sedikit sobekan. Kepribadianmu akan dapat dinilai melalui cover surat lamaran di amplop coklatmu.

4. Tulis identitas lengkap di amplop

Tulis identitas lengkap dirimu yang terdiri dari nama lengkap, gelar (jika ada), alamat yang komplit lengkap dengan RT, RW dan kode pos daerahmu, dan nomor telepon yang dapat dihubungi. Tulislah identitas tersebut pada bagian kiri atas amplop coklat lamaran kerja.

5. Perhatikan tata huruf dan kalimatnya

Perhatikan penulisan data diri yang berada di amplop coklat. Jika memungkinkan jangan tulis dengan tangan tapi melainkan mengetiknya. Ini agar penulisan lebih rapi dan sama dengan isi surat lamaranmu.

6. Tulis kode dan nama jabatan

Jangan lupa untuk menuliskan kode dan nama jabatan yang dilamar. Tulislah kode dan nama jabatan tersebut di sebelah kanan atas amplop lamaran kerja. Ini berguna agar HR juga mengetahui posisi apa yang kamu inginkan dalam perusahaan tersebut.

7. Jangan lupa tuliskan tujuan surat

Tuliskan tujuan penerima surat dengan menggunakan huruf kapital dan berbentuk persegi panjang. Seperti sebelumnya, lebih baik tidak ditulis tangan melainkan diketik menggunakan stiker label agar rapi dan sama dengan huruf di surat lamaran.

Panduan untuk menulis lamaran di amplop coklat di atas merupakan hal yang umum biasa ditemui para pelamar. Adapun jika terdapat permintaan khusus dari perusahaan, semua tergantung pada kebijakan masing-masing.

Alangkah baiknya menulis lamaran saat ini dengan tulisan cetak komputer agar tetap tampil dengan rapi dan memiliki jenis huruf yang sama. Untuk bagian depan amplop coklat usahakan tulisan-tulisan yang ditulis juga menggunakan label dengan tulisan yang dicetak dari komputer. Jangan lupa mengirimnya dengan keadaan rapi, aman, dan tidak lusuh.

Baca juga : 10+ Cara Mendapatkan Pekerjaan Dengan Mudah dan Cepat

Setelah mengetahui hal-hal penting dalam membuat lamaran di amplop coklat, hal yang tak kalah penting lainnya adalah membuat CV, cover letter, dan portofoliomu cukup menarik dan elegant agar HR cukup tertarik untuk membaca CV mu.

Jangan lupakan mencantumkan beberapa informasi yang lengkap dan jujur. Artinya, keahlian yang kamu tulis semestinya memang benar-benar kamu kuasai. Setelah review cv mu dirasa menarik dan kamu berhasil membuat lamaran yang benar jangan lupa untuk persiapan berikutnya adalah menghadap interview dengan para HR. persiapkan semaksimal mungkin agar interviewmu berjalan dengan lancar dan optimal.

Baca juga tips-tips melamar kerja yang lain berikut ini :

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in