cara menghilangkan goresan pada motor matic

7 Cara Menghilangkan Goresan Pada Motor Matic

Diposting pada 582 views

Cara Menghilangkan Goresan Pada Motor Matic – Hal menakutkan bagipara pemilik kendaraan bermotor yaitu adanya goresan atau baret pada motor yang dapat memberikan kesan tidak lagi keren. Untuk penyebab dari goresan tersebut juga bermacam-macam baik itu bersenggolan dengan pengendara yang lain atau adanya gesekan dengan benda.

Bagi Kamu para pemilik motor matic masih ada cara menghilangkan goresan pada motor matic dengan cara yang sangat simple.

Goresan atau baret pada kendaraan motor memang mampu memberikan kesan yang tidak menarik. Terlebih lagi jika goresan tersebut terlalu besar sehingga akan membuat tampilan kendaraan motor tidak enak dipandang mata. Meskipun sulit untuk dihindari, namun Kamu tidak perlu khawatir karena masih ada cara lain yang bisa Kamu lakukan untuk mengatasi hal ini.

Cara Menghilangkan Goresan Pada Motor Matic

Supaya lebih memudahkan Kamu dalam menjawab kegalauan akibat motor matic Kamu yang mengalami baret atau goresan, maka beberapa cara sederhana seperti yang ada di bawah ini bisa Kamu lakukan dan bisa Kamu coba di rumah. Diantaranya yaitu seperti berikut:

1. Bersihkan body motor setiap harinya

Menghilangkan goresan pada motor
Menghilangkan goresan pada motor

Kamu harus membersihkan body motor setiap harinya karena ketika motor digunakan tentunya akan ada banyak debu atau kotoran yang menempel.

Ternyata tidak hanya disebabkan akibat goresan atau gesekan pada benda yang lain saja. Namun timbunan dari debu atau kotoran yang terlalu lama menempel pada body motor juga dapat menimbulkan baret.

Untuk itu segala jenis debu maupun kotoran yang melekat pada bodi motor sebaiknya Kamu bersihkan menggunakan lap atau Kanebo yang bersih. Untuk menjaga kebersihan ini tidak harus mencuci motor setiap harinya karena Kamu bisa cukup dengan mengelap bodinya. Lakukan cara menghilangkan goresan pada motor matic ini ketika Kamu akan menggunakan kendaraan bermotor.

Baca juga : Arti Kode Spesifikasi Ban dan Cara Membacanya

2. Menggunakan amplas

Menggunakan amplas dalam mengatasi baret kendaraan bermotor juga dapat dilakukan asalkan baret yang ada pada bodi kendaraan tidak terlalu besar atau tidak terlalu dalam. Melalui penggunaan amplas maka secara tidak langsung menghilangkan serta menyamarkan baret pada body motor. Namun tidak semua amplas bisa digunakan karena Kamu harus menggunakan amplas berukuran minimal 2000.

Namun apabila ada jenis amplas lain yang jauh lebih halus tentu akan jauh lebih baik lagi. Sebaiknya Kamu merendam ampas dengan air terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Untuk proses pengamplasan Kamu dapat membasahi bagian body motor yang akan Kamu amplas supaya hasil yang didapatkan lebih maksimal dan sempurna.

Untuk pengamplasan tidak boleh dilakukan dengan sembarang cara karena Kamu harus mengamplas nya pada satu arah atau satu Irama dengan gosokan yang dilakukan secara perlahan.

Kamu bisa melakukannya hingga baret atau goresan tersebut hilang atau tersamarkan. Jika dirasa sudah cukup Kamu dapat mengeringkan body motor menggunakan kain yang halus misalnya seperti kain microfiber atau luck chamois.

3. Lakukan compound

Memberikan compound dapat dilakukan apabila Kamu sudah menyelesaikan proses pengamplasan. Supaya bekas amplas tersebut dapat hilang dan tidak meninggalkan bekas maka Kamu dapat menggosoknya dengan bantuan lap yang halus. Cara ini harus dilakukan secara berulang-ulang agar bekas dari proses komponen tidak terlihat.

Cara ini memang sangat sederhana untuk dilakukan namun masih ada sebagian orang yang tidak memahami hal ini. Sedangkan untuk hasil dari proses komponen ini bisa dilihat secara langsung yaitu kendaraan bermotor yang mengalami baret dapat kembali mulus seperti baru lagi asalkan proses compound dilakukan dengan cara yang benar.

4. Gunakan poles khusus motor

Untuk poles khusus motor bisa Kamu jumpai di berbagai bengkel atau toko aksesoris kendaraan bermotor yang ada di lingkungan sekitar. Kegunaan dari poles tersebut yaitu untuk menyamarkan goresan atau baret pada body kendaraan motor. Salah satu jenis polos yang bisa Kamu gunakan yaitu seperti scratch remover.

Namun jika Kamu ingin menggunakan poles jenis ini Kamu harus memastikan bahwa baret pada bodi tidak terlalu parah.  Untuk penggunaannya bisa digunakan secara mudah karena Kamu hanya cukup mengoleskan bagian cairan poles ini secukupnya di bagian body motor yang mengalami goresan. Kamu dapat mengoleskan nya secara merata.

Setelah itu Kamu dapat menggosongkan di bagian body yang sudah Kamu berikan cairan scratch remover dengan bantuan kain microfiber. Supaya memberikan hasil yang lebih maksimal maka Kamu dapat mengulangi proses ini beberapa kali. Namun sebaiknya Kamu menggunakan satu arah atau satu irama supaya tidak menimbulkan baret pada bagian body yang lainnya.

5. Menggunakan pasta gigi

Pasta gigi tidak hanya digunakan untuk membersihkan gigi saja, namun ternyata juga dapat menyamarkan baret atau goresan yang ada pada body motor. Namun dengan catatan baret yang terjadi tidak terlalu dalam. Dalam proses ini Kamu membutuhkan bantuan lain yang bertekstur lembut untuk menggosok pasta gigi pada area baret. Sebelum melakukannya Kamu harus membersihkan body motor terlebih dahulu.

Kamu dapat membasahi kain kemudian mengoleskan pasta gigi di bagian kain yang telah Kamu basahi sebelumnya. Proses menggosok dapat dimulai dengan gerakan memutar, tujuannya yaitu supaya pemolesan dapat merata hingga seluruh bagian. Apabila proses ini sudah selesai Kamu dapat mengelap dengan kain yang bertekstur halus.

6. Gunakan fix it pro

Alat sederhana ini memiliki bentuk hampir menyerupai spidol dan dapat menghilangkan baret atau goresan pada body motor dalam waktu sekejap. Untuk penggunaannya pun juga tidaklah sulit karena Kamu hanya tinggal menggosokkan bagian spidol pada bagian body motor yang baret. untuk penggunaannya dapat dilakukan seperti Kamu menggunakan tipex.

Untuk mendapatkan alat ini bisa membelinya di bengkel atau toko aksesoris khusus motor. Untuk harga yang ditawarkan tidak terlalu mahal sehingga Kamu tidak perlu mengkhawatirkan harga. Meskipun proses yang bisa dilakukan sangatlah simpel dan praktis namun untuk hasil yang didapatkan juga sangatlah sempurna dalam mengembalikan motor Kamu mulus seperti sedia kala.

7. Tutup dengan stiker

Tutup dengan sticker
Tutup dengan sticker

Kehadiran stiker pada kendaraan bermotor tidak hanya memberikan kesan yang indah dan menarik saja namun ternyata kehadiran stiker juga bisa digunakan untuk mengakali baret pada kendaraan motor.

Stiker pada motor memang seringkali mencuri perhatian bagi para pengendara yang lain. Dengan begitu Kamu tidak perlu menggunakan cara menghilangkan goresan pada motor matic yang ribet.

Cukup dengan menggunakan stiker maka Kamu dapat mengembalikan kendaraan motor Kamu agar terlihat lebih menarik dan menawan. Sementara penggunaan stiker tidak harus full stiker jika memang Kamu tidak menyukai stiker yang full. Namun Kamu bisa menggunakannya pada bagian body motor yang tergores saja.

Memiliki motor yang mulus tentu memang menjadi dambaan semua orang yang mana banyak orang yang yang menginginkan cara instan dalam menghilangkan baret atau goresan pada motor kesayangannya.

Dengan adanya cara yang mudah seperti di atas maka Kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya agar baret pada motor segera teratasi dengan sebaik mungkin.

Referensi : Cara Menghilangkan Baret di Motor

Gambar Gravatar
Berprofesi sebagai CEO Bengkel Mobil Idaman Motor. Pernah bekerja sebagai Mekanik di Mitsubishi Motor dan Suzuki Motor.