cara menghargai keragaman agama

Cara Menghargai Keragaman Agama dan Manfaatnya

Diposting pada 584 views

Cara menghargai keragaman agama yang ada di Indonesia – Negara Indonesia merupakan negara yang kaya keberagaman, dihuni oleh hampir 1300 suku bangsa dengan budaya yang beraneka ragam. Setidaknya terdapat 4 keragaman yang ada di Indonesia, yaitu: suku, agama, ras dan anggota golongan. Kita harus menghargai setiap perbedaan dan keragaman yang ada tersebut. Sikap saling menghargai akan mempererat persatuan dan kesatuan bangsa.

Agama yang dianut masyarakat Indonesia beraneka ragam. Indonesia memiliki enam agama resmi yang diakui oleh pemerintah yaitu Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu, Buddha dan Konghucu. Terlepas dari agama yang diakui tersebut, masih terdapat kepercayaan lain yang dianut oleh sebagian masyarakat Indonesia. Nah, kita berkewajiban untuk menghargai agama dan kepercayaan yang ada. Artikel kali ini akan mengulas cara yang bisa kita lakukan untuk menghargai keragaman agama yang ada di Indonesia.


Cara Menghargai Keragaman Agama di Indonesia

Menghargai keragaman agama adalah kewajiban seluruh warga negara Indonesia. Kebebasan memeluk agama diatur dalam Undang Undang Dasar 1945 pasal 28E ayat 1 yang berbunyi “Setiap orang bebas memeluk agama dan beribadah menurut agamanya, memilih pendidikan dan pengajaran, memilih pekerjaan, memilih kewarganegaraan, memilih tempat tinggal di wilayah negara dan meninggalkannya serta berhak kembali”.

Dengan kita menghargai keragaman agama masyarakat sekitar dapat menciptakan hidup damai, harmonis, rukun dan mempererat rasa persatuan. Untuk menghargai keragaman agama yang ada dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

1. Menghormati Kegiatan Ibadah Agama Lain

Setiap agama memiliki waktu, cara dan pemahaman yang berbeda dalam beribadah. Sikap kita tidak boleh mengganggu kegiatan ibadah agama lain.

2. Tidak Memaksakan Agama Tertentu Terhadap Orang Lain

Setiap orang memiliki kepercayaan masing-masing. Kamu tidak bisa memaksakan orang lain untuk memercayai dan mengikuti agama kita.

3. Hormat Menghormati dan Saling Bekerja Sama Antar Umat Beragama

Bekerja sama sangat membantu menyelesaikan pekerjaan, selain itu banyak ide yang akan muncul. Saat akan menjalin kerja saja kamu tidak boleh membedakan suku, agama dan ras. Karena setiap perbedaan ada akan menghasilkan kombinasi pemikiran yang baru.

4. Ikut Serta Membantu Masyarakat Sekitar Untuk Beribadah dengan Aman dan Lancar

Pernah nggak sih teman-teman mengamati saat agama tertentu sedang melakukan perayaan hari besar kemudian masyarakat yang berbeda agama ikut serta membantunya? Membantu di sini bermaksud untuk memberikan keamanan dan kelancaran mereka dalam beribadah.

5. Tidak Menghina Agama yang Diyakini Oleh Orang Lain

Setiap agama yang kita anut pasti mengajarkan toleransi dan nilai-nilai kebaikan. Tidak mungkin ada agama yang menyuruh kaumnya untuk berbuat yang menyakiti hati orang lain. Oleh karenanya, kita tidak boleh menghina agama dan kepercayaan orang lain. Karena hal tersebut akan menimbulkan rasa sakit hati dan merusak perdamaian antar umat beragama.

Baca Juga: Manfaat Keragaman Sosial Budaya

Manfaat Menghargai Keragaman Agama

Manfaat menghargai keragaman agama

Menghargai keragaman agama akan menghadirkan banyak manfaat dalam kehidupan bermasyarakat. Berikut beberapa manfaat saling menghargai:

  1. Menciptakan kehidupan yang damai dan harmonis.
  2. Mencegah terjadinya konflik dalam masyarakat.
  3. Masyarakat hidup dalam rasa toleransi tinggi.
  4. Mempererat tali persaudaraan dalam masyarakat.
  5. Munculnya rasa peduli dan simpati terhadap orang lain.
  6. Terhindar dari sifat egois yang dapat memecah persatuan bangsa.
  7. Menimbulkan sikap saling mengerti sehingga terhindar dari prasangka buruk terhadap orang yang berbeda agama.

Itulah cara menghargai keragaman agama dan manfaat saling menghargai antar umat beragama. Sikap saling menghargai keragaman akan menimbulkan rasa toleransi sehingga tercipta kehidupan yang damai.