Cara Memegang Raket Bulutangkis Agar Lebih Kuat dan Lihai

Diposting pada 6.691 views

Cara Memegang Raket Bulutangkis – Bulu tangkis merupkan salah satu permainan yang sudah sangat terkenal di seluruh dunia. Tentunya setiap orang ingin memainkan olah raga yang satu ini.

Jika dilihat dari sekilas mata memang sangat gampang memainkan olah raga yang bergengsi ini tetapi ternyata ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya adalah pengenalan lapangan, cara memegang raket, cara penskoran, dan masih banyak lagi.   

Memang olah raga yang seperti ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar juga dan bagi pemula wajib mengetahui dasar dari permainan bulutangkis ini. Wah, semakin mengundang rasa penasaran bukan?   

Teknik Memegang Raket yang Baik dan Benar 

Dalam olah raga bulu tangkis, ada yang harus diperhatikan saat memegang raket. Walaupun hanya sebuah raket tetapi raket merupakan salah satu kunci pemainan itu akan berjalan dengan baik atau malah sebaliknya.

Nah, teknik pegang raket itu sendiri memiliki beberapa jenis atau tipe. Anda mungkin sudah mengenal dengan jenis teknik pegang raket tersebut.

Ada 2 jenis pegang raket yang bisa Anda coba, di antaranya adalah forehand dan backhand. Cara tersebut kemudian dikembangkan menjadi American grip, forehand grip, backhand grip, dan combination grip. Pasti Anda suda berpikir lagi, cara apa itu?   

Terlihat dan terdengar sulit?

Memainkan bulutangkis memang terlihat gampang sekali. Asal shuttlecock bisa di mainkan maka permainan akn terus berjalan.

Ya, itu memang benar tetapi jika kita memperhatikan cara memegang raket bulutangkis dengan betul maka kita akan menjadi seorang pemain yang bisa tidak hanya menghidukan permainan dan shuttlecock tetapi melakukan beberapa atraksi atau smash dengan raket. Tentunya karena cara memegang raket tadi dengan betul.     

1. American grip

Teknik ini adalah bagian tangan antara ibu jari dan telunjuk menempel pada bagian permukaan tangkai yang luas, sedangkan permukaan raket sejajar dengan posisi lantai.   

Nah keuntugan cara ini adalah untuk melakukan smash, namun tidak baik jika digunakan untuk netting.   

2. Forehand Grip

Forehead Grip adalah di mana ibu jari dan telunjuk dalam posisi menemperl pada permukaan tangkai yang sempit. Raket dipegang tanpa berubah-ubah. Cara ini membuat pegangan raket kuat dan tidak mudah lepas.   

3. Backhand grip

Backhand grip adalah dari forehand dapat dialihkan ke backhand dengan posisi ibu jari tidak seperti pada forehand, melainkan agak dekat dengan daun raket.

Melalui cara ini akan sulit diterka datangnya shuttlecock dan kelemahannya adalah akan sulit mengembalikan kok datang yang mengarah ke bagian belakang dan ketika smash.   

4. Combination grip

Terakhir adalah combination grip adalah cara ini disesuaikan dengan arah datangnya shuttlecock,karena model ini mrupakan kombinasi dari forehand grip dan backhand grip.

Setelah mengetahui cara memegang raket yang tertulis di atas dengan begitu jelasnya pastilah Anda akan merasa lebih siap untuk memainkan olah raga bulutangkis itu dengan cara yang tepat.   

Cara memgang raket bulutangkis pun juga memiliki cara yang berbeda dan beragam. Dari setiap cara atau metode pegang raket di atas memiliki keunggulan dan kelemahan tersendir juga bukan? Jadi dengan Anda mengetahui semua, dari keunggulan dan kelemahan cara tersebut maka Anda akan jauh lebih mengerti dan paham mengenai permainan bulutangkis tersebut.

Dalam permainan bulutangkis yang memang sudah sangat terkenal dan popular di seluruh dunia ini jelas akan membuat semua kalangan ingin memainkannya.   

Langkah pertama memang Anda harus tahu mengenai teknik dasar dalam permainan ini yaitu memegang raket. Itu teknik dasar yang memag harus Anda mengerti. Anda bisa mencoba dan lebih memperdalam lagi dalam pemainan bulutangkis ini.

Baca juga : Ketahui, 10 Manfaat Olahraga Lari Untuk Kesehatan

Top Atlit Bulu Tangkis Terbaik

Olah raga bulu tangkis menjadi favorit berkat beberapa prestasi yang ditorehkan oleh atlit Indonesia. Beberapa atlit berikut ini yang membuat Indonesia dikenal dalam dunia olahraga bulu tangkis.

1. Rudi hartono kurniawan

Rudi hartono kurniawan atau lebih sering dikenal oleh publik dengan nama Rudi hartono ini membuat Indonesia bangga karena prestasi yang diraihnya.

Banyak prestasi yang dirtaih oleh rudi hartono dalam dunia olahraga bulu tangkis salah satunya adalah kemengannya sebanyak delapan kali dimana yang tujuh kali kemenganannya yang diraih secara berturut-turut itu pada pertandingan All England yang belom terpecahkan. 

Tidak hanya berhenti disitu saja, Rudi juga suksesmembawa nama Indonesia karena gelar yang diraihnya tidak hanya pada pertandingan All England tapi juga menyabet gelar di pertandingan Thomas cup dan world cup. Tak henti disitu rudi juga menerima tanda kehormatan dari negara kita sendiri yaitu tanda kehormatan republic Indonesia bintang jasa utama. Keren bukan, ini Indonesia punya.

2. Liem Swie King

Liem Swie King yang lahir pada 28 februari 1956 ini digadang-gadang sebagai generasi penerus Rudy Hartono yang terbukti dengan hasil kemenangan sebanyak tujuh kali dengan tiga kali gelar All England serta sisanya sebagai juara dua.

Yang mearik dari sosok ini ketika bermain bulu tangkisnya yang membuatnya dijuluki king smash karena smashnya yang dilakukan sambil melompat. 

3. Alan budikusuma

Alan budikusuma memiliki prestasi yang gemilang di kancah pertandingan yang bereda dengan dua generasi teratasnya yang mampu membuat orang tercengang karena hanya dia yang mampu memberikan jejak nama Indonesia pada pertandingan bulu tangkis Olimpiade Barcelona pada tahun 1992. 

4. Haryanto arbi

Si smash 100 watt ini memiliki prestasi yang tak kalah kerennya. Haryanto arbi yang menang dibebrapa kejuaraan internasional berkat smashnya ini merasakn kemenangan di All England sebanyak dua kali, menyabet kemenangan pada Thomas cup sebanyak empat kali dan juara dunia pada tahunm 1994 dan 1995. 

5. Taufik hidayat

Taufik hidayat adalah pemain bulu tangkis yang cukup fenomenal karena beberapa prestasi yang pernah diraihnya membuat dirinya sebagai penyemangat pemain bulutangkis terbaik indonesia saat ini untuk terus berkarya mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Melalui kemengan nnya pada than 2004 di Olimpiade Athene memberikan angin segar kepada dunia bulutangkis karena sempat vakum setelah masa Arbi selesai. Selain itu dia juga pernh merasakan sebagai juara dunia sekali dan enam kali juara Indonesia open. Fantastic bukan.

6. Liliyana Natsir

Pemain wanita yang berkecimpung pada grup campuran ini membuktikan bahwa ganda campuran mampu segemilang pemain bulutangkis indonesia terbaik sepanjang masa yang pernah di raih susi susanti sebagai salah satu pelopor bulu tangkis grup putri. 

Memang benar jika liliyana mendapatkan kemenangannya pada tahun 2012 di All England bersama partnernya yang kemudian dipertahankan kembali pada 2013. 

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.