cara membuat jersey printing

Cara Membuat Jersey Satuan / Kelompok Untuk Tim dan Komunitas

Diposting pada 226 views

Cara Membuat Jersey Satuan atau Kelompok Untuk Tim dan Komunitas – Jersey menjadi salah satu jenis kaos yang paling sering dipakai untuk kaos kebanggaan sebuah komunitas atau tim olahraga.

Tak heran apabila permintaan akan baju jenis ini cukup tinggi di pasaran Indonesia. Umumnya baju ini ditujukan sebagai identitas keanggotaan, dipakai pada saat kumpul, acara-acara tertentu atau melakukan kegiatan rutin dari komunitas tersebut.

Memakai baju dari komunias akan menimbulkan kebanggaan tersendiri. Rasa memiliki juga semakin kuat ketika masing-masing anggota memakai baju yang sama.

Ngomong-ngomong tentang baju jersey printing, komunitas atau tim olahraga apa aja sih yang cocok memakai baju jenis ini? Nah, berikut ini beberapa jenis baju jersey yang paling mudah ditemui di sekitar kita :

  1. Baju Badminton
  2. Baju Motorcross
  3. KaosBola
  4. Kaos Mancing
  5. Kaos Racing
  6. Kaos sepeda
  7. Kaos Futsal
  8. Kaos Voly
  9. Kaos Event
  10. Kaos Running
  11. Kostum Basket
  12. Dll

Hampir semua tim olahraga profesional biasanya memiliki jersey yang dipakai pada saat tanding. Selain terlihat lebih profesional, jersey juga akan membuat semua tampak seragam dan meningkatkan solidaritas antar masing-masing anggota.

Cara Membuat Jersey Satuan / Kelompok Untuk Tim dan Komunitas

Kamu ingin buat baju jersey tapi tidak tahu caranya? Dibawah ini kami akan berbagai tentang langkah-langkah dalam membuat Jersy :

1. Tentukan Jenis Bahan Jersey

Dalam membuat baju komunitas biasanya konveksi yang merupakan tempat untuk membuat baju akan menawarkan berbagai jenis bahan.

Setiap jenis bahan memiliki karakteristik masing-masing, harganya pun bervariasi tergantung dari kualitas dan kenyamanan ketika dipakai nantinya.

Namun berikut ini adalah list bahan yang sering dipakai dalam membuat baju jersey :

a. Bahan dry-fit Grade Ori

Bahan jersey yang satu ini merupakan bahan yang paling banyak dipakai, khususnya jersey sepak bola atau futsal. Bahan yang juga di pakai oleh brand Nike ini terbilang cukup mahal, di pasaran harganya mencapai 70-80 ribuan per kilogram.

Walaupun begitu, Anda akan mendapatkan kualitas kaos premium yang sangat nyaman dipakai, adem dan dapat menyerap keringat lebih cepat.

b. Dry-fit Grade Lokal

Bahan jenis kedua adalah Dry-Fit grade lokal. Dari namanya saja kita sudah dapat menebak bahwa bahan jenis ini merupakan versi KWnya yang memiliki kualitas dibawah Dry-Fit grade ory.

c. Hyget Serena

Kain hyget memiliki komposisi nilon di dalamnya dengan tekstur yang lebih padat, rapi dan lebih elastis. Sedikit kekurangan dari kain ini adalah agak panas sehingga kurang direkomendasikan untuk olahraga yang berada di bawah terik matahari.

d. Kain Spandek ITY

Jenis kain jersey selanjutnya adalah spandek. Karakteristik kain ini memiliki permukaan yang keset dan serat yang halus. Kain spandek juga memiliki kualitas yang cukup bagus, secara umum kain ketika disentuh akan terasa lembut dan sejuk.

e. Kain Stella

Bahan jersey selanjutnya adalah Stella. Memiliki kualitas dibawah spandek ITY, namun tetap tergolong sebagai bahan premium.

Tekstur kainnya sedikit licin dan ketika disentuh terasa lebih lembut dan adem.

f. Jenis Kain Yang Lain

Untuk pembuatan jersey memang banyak jenis kain yang bisa kita pilih. Berikut ini adalah beberapa jenis lain selain yang kami sebutkan di atas :

  • Drifit
  • Kain Hight Twist
  • Etiway
  • Serena
  • Scarlet dan Jersey Sherly
  • Crepe
  • Rayon

2. Tentukan Model Jersey

Pada dasarnya sebelum kita memilih desain jersey, kita perlu memilih model jersey yang tepat dan disesuaikan dengan keinginan para anggota. Dilansir dari jersey-printing.com, terdapat beberapa model yang bisa dipilih yaitu :

Model Jersey Printing
Model Jersey Printing

a. O Neck

Kaos O neck adalah tipe kaos yang memiliki desain leher kaos bulat yang berbentuk huruf O. Kaos jenis ini termasuk kaos gaya klasik yang sudah ada sejak dulu dan banyak juga penggemarnya karena sifatnya kasual dan santai.

b. Kaos V Neck

Kaos V Neck lebih modern daripada tipe O neck, tipe kaos ini memiliki desain leher kaos yang berbentuk seperti huruf V. Terlihat lebih elegent dan sedikit modern.

c. Lengan Panjang atau Pendek

Selain berdasarkan bentuk / jenis desain leher kaosnya, jersey juga dapat dibedakan berdasarkan lengan panjang atau pendeknya. Jersey panjang biasanya dipakai untuk jersey sepeda, jersey motor cross, jersey pecinta alam dan juga jersey untuk wanita.

Sementara untuk jersey lengan pendek umum dipakai dalam olahraga futsal, sepak bola, basket, volly hingga gaming.

d. Hoodie

Jenis ini relatif jarang kita jumpai, umumnya jersey hoodie dipakai untuk keperluan non olahraga. Biasanya hanya sebatas sragam olahraga saja. Letak pembeda dari jenis yang satu ini adalah adanya penutup kepala layaknya jaket hoodie.

3. Buat Desain Jersey Sendiri

Selain abhan dan model jersey yang perlu ditentukan, desain jersey juga sangat penting. Desain akan menentukan bagus tidaknya tampilan luar sebuah jersey.

Biasanya desain juga memiliki karakteristik sebagai ciri khas sebuah organisasi / komunitas. Anda bisa tanyakan kepada anggota kelompok Anda desain yang diinginkan seperti Apa.

Bagaimana membuat desain Jersey?

Anda bisa menggunakan corel draw atau photosop untuk mendesain jersey, agar memudahkan pakai juga mock up yang bisa di download secara gratis di internet.

Jika butuh inspirasi, bisa search di google aja. Pasti akan banyak jenis desain yang bisa dijadikan patokan atau nantinya di mix dengan desain yang lain.

Bagaimana jika tidak bisa desain sendiri?

Banyak konveksi yang juga menyediakan desain jersey yang sudah ada, ada juga pihak ke-3 yang membuka jasa desain jersey. Tentu saja Anda harus mengeluarkan sedikit tambahan untuk biaya tersebut.

Selain itu, Anda juga harus jelas dalam memberikan brief sedetail mungkin, agar dapat meminimalisir kesalahan desain. Bila perlu bawa foto yang bisa menjadi contoh atau patokan bagi desainer.

Beragam contoh desain Jersey keren dan berkualitas yang dilansir dari jersey-printing.com :

contoh desain jersey futsal
contoh desain jersey printing

Tentu di atas hanya contoh saja, Anda tetap bisa mengcustom desain jersey Anda sendiri, termask nanti ada Nama dan Nomor Punggung jika itu adalah jersey sepak bola atau futsal.

Untuk itu, jangan lupa ditanyakan ke teman-teman kalian terkait nomor punggung dan nama yang akan ditampilkan dalam jersey.

4. Pilih Konveksi Jersey Printing

Setelah menemukan desain dan model yang pas beserta dengan bahan kainnya, tinggal memilih konveksi tempat mencetak jersey Anda. Langkah ini juga bisa dijadikan ke langkah pertama apabila Anda tidak tahu perihal kain, model dan desain kaosnya.

Biasanya tempat konveksi akan memberikan saran terbaik buat para pelanggan. Termasuk akan memberikan saran desain bahkan sampai menawarkan jasa desain jersey, jadi tidak perlu takut karena tidak bisa desain.

Pemilihan tempat konveksi penting untuk dilakukan agar mendapatkan tempat terbaik dan hasil kerjanya berkualitas.

Salah satu yang bisa menjadi pilihan tempat membuat jersey printing adalah jersey-printing.com.

Jersey-printing.com erlokasi di Jogja, Anda bisa memesan dalam jumlah satuan hingga partai besar dan custom (setiap baju memiliki nama & nomor punggung). Ada banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan dari tempat konveksi ini yaitu :

  • Bisa pesan satuan
  • Kualitas terjamin
  • Proses cepat (besok langsung jadi)
  • Tim yang profesional
  • Bahan yang aman dan adem

5. Lakukan Pemesanan dan Tunggu Sampai Jadi

Setelah semua siap, bahan sudah ada, desain sudah ada dan biaya juga sudah ada maka tinggal melakukan pemesanan. Dan tunggu beberapa hari sampai Jersey pesanan Anda jadi.

Jangan lupa lakukan pengecekan ketika Anda menerimanya, jika terdapat kecacatan atau kesalahan Anda dapat melakukan komplain agar diperbaiki.

Harga Kaos Jersey Printing

Harga kaos jersey printing tergantung dari kualitas bahan yang dipakai dan jumlah pemesanan. Dilansir dari jersey-printing.com berikut ini adalah kisaran harga kaos jersey :

qtyAtasan SajaAtasan + Celana
195k165k
690k130k
1280k120k
2480k120k
3675k115k
5075k110k
10070k105k

Bagaimana jika order di atas 100 pcs? Tentu akan ada harga khusus dan diskon menarik.

Mudah bukan untuk membuat kaos jersey? Apalagi harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau, tidak ada minimal order pula lagi.

Jangan lupa share artikel ini ke teman-temanmu yang ingin membuat kaos jersey printing bareng-bareng ya. Baca juga artikel menarik lainnya :

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.