cara cek ijazah dikti

3 Cara Cek Ijazah Dikti dengan Sivil dan Kemenristekdikti

Diposting pada 68 views

Cara Cek Ijazah Dikti – Ijazah adalah sebuah surat penting yang menunjukkan seseorang telah berhasil melalui proses akademik maupun non-akademik, sesuai dengan langkah resmi yang diatur dalam undang-undang. Mengingat ada banyak pihak tidak bertanggungjawab yang menggunakan maupun menerbitkan ijazah palsu, maka sekarang dibutuhkan proses cek ijazah dikti terlebih dahulu. 

Berkat kemajuan teknologi, proses pengecekan semacam ini pun bisa dilakukan dengan cara daring menggunakan sistem bernama SIVIL. Sistem yang dikeluarkan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi ini, membantu setiap orang yang akan melakukan pemeriksaan keaslian ijazah dengan cara yang mudah.

Pengertian SIVIL Untuk Cek Ijazah Dikti

SIVIL merupakan kependekan dari Sistem Verifikasi Ijazah secara Elektronik. Dengan masuk ke dalam situs ristekdikti, maka Anda akan dengan mudah untuk melakukan pengecekan ijazah. Sistem ini akan langsung terintegrasi dengan pusat data dari ristekdikti. 

Dengan pengintegrasian ini, maka kecepatan pengecekan bisa dirasakan serta juga keabsahannya bisa diverifikasi. Siapapun dapat melakukan pengecekan asalkan mengerti nomor ijazah yang mereka miliki. Keuntungan ini diberikan agar tidak ada lagi orang maupun organisasi yang tertipu dengan ijazah palsu semacam ini. 


Cara Mengetahui Letak Nomor Seri Ijazah

Agar bisa melakukan pelacakan keaslian ijazah, maka syarat yang harus dipahami adalah mengetahui tentang nomor seri dari ijazah yang akan diperiksa. Jika Anda tidak paham letak dari nomor seri tersebut, maka ada beberapa hal yang harus Anda ketahui seperti di bawah ini:

  • Biasanya letak nomor seri ijazah adalah pada bagian kanan, di sudut atas. Namun, ada pula yang melakukan penempatan nomor seri di bagian tengah.
  • Cara mengidentifikasi nomor seri adalah deretan angka dan simbol yang tertera di lembaran ijazah.
  • Isi nomor ijazah adalah Kode huruf perguruan tinggi/Nomor registrasi mahasiswa/Nomor Ijazah/Nomor Seri Ijazah.

Cara Cek Ijazah Dikti Menggunakan SIVIL

cara cek ijazah dikti

Langkah pertama untuk bisa melacak keaslian ijazah Anda adalah dengan menggunakan SIVIL seperti cara di bawah ini:

  • Masuk ke dalam situs ristekdikti, atau jika ingin lebih cepat, Anda dapat mengikuti tautan berikut ini https://ijazah.kemdikbud.go.id/.
  • Anda akan melihat tampilan antarmuka dengan latar belakang biru tua.
  • Untuk melakukan pengecekan keaslian ijazah, tengok barisan kotak yang ada di sisi kanan laman antarmuka.
  • Isi kolom sesuai tanda yang tersedia, misalnya nama perguruan tinggi di kolom Perguruan Tinggi. Demikian pula untuk nomor ijazah.
  • Untuk kolom Angka Pengaman, Anda dapat mengisinya sesuai dengan angka yang tertera ketika Anda mengakses laman tersebut.
  • Teliti sekali lagi kesesuaian data.
  • Klik pada tombol berwarna oranye yang bertuliskan Verifikasi.
  • Tunggu hasil pengecekan.
  • Jika ijazah asli dan sudah terdaftar, maka data pemilik ijazah akan langsung terpampang di layar.
  • Sebaliknya, jika pelacakan tidak menemukan hasil, maka akan muncul pemberitahuan serupa..

Cara Cek Ijazah Dikti Menggunakan Situs Kemenristekdikti

cara cek ijazah dikti 2

Langkah berbeda seperti di bawah ini juga bisa Anda lakukan tanpa harus masuk ke kanal khusus SIVIL:

  • Masuk ke laman resmi kemenristekdikti : https://pddikti.kemdikbud.go.id/
  • Lihat kolom yang tersedia di bagian kanan atas dengan latar berwarna putih.
  • Persiapkan data sesuai dengan kolom yang tersedia.
  • Masukkan dengan keyword : [Nama PT][Nama Prodi][Nama Mahasiswa][NIM][NIDN]
    Contoh pencarian :
    budi universitas gajah mada atau budi statistika universitas gadjah mada
  • Untuk kolom pengaman, isi sesuai dengan jawaban dari pertanyaan yang diberikan.
  • Pilih Fitur Cari Mahasiswa.
  • Jika nama Anda atau yang tercantum di ijazah terdapat di dalam laman tersebut, maka data dirinya akan muncul dan begitu pula sebaliknya.

Langkah Jika Ijazah Belum Terdaftar

Ada beberapa kemungkinan ketika melakukan pengecekan dan notifikasi yang keluar menyatakan data belum ditemukan alias belum terdaftar. Kemungkinan pertama mungkin adalah kesalahan pribadi ketika memasukkan data, jadi masih bisa diulangi. 

Kemungkinan kedua adalah memang pihak perguruan tinggi belum melaporkan data-data tersebut, dan yang ketiga, yang paling dihindari, adalah kenyataan bahwa ijazah tersebut palsu. Jika data Anda belum muncul di laman SIVIL, maka ada beberapa cara untuk mengatasinya:

Jika Nama dan Ijazah Tidak Terdaftar di PDPT Dikti

Apabila ijazah maupun nama Anda tidak atau belum terdaftar di dalam laman yang ada di situs ristekdikti, Anda tidak perlu langsung panik. Ada beberapa cara yang bisa Anda tempuh untuk memperjuangkan nasib ijazah Anda.

1. Ulangi Proses Verifikasi

Kadangkala nama maupun ijazah Anda tidak muncul karena beberapa hal, misalnya kesalahan teknis seperti laman yang tiba-tiba down, atau juga karena faktor kesalahan manusia, misalnya salah ketik ketika memasukkan data. Untuk itu, Anda bisa mencoba sekali lagi proses pengecekan dari awal. Apabila tidak berhasil juga, maka Anda bisa mengambil langkah yang ke dua.

2. Lapor Ke Perguruan Tinggi

Ketika sebuah berkas resmi dipertanyakan keasliannya, maka cara untuk mendapatkan kebenarannya tentu dengan menghubungi pihak penerbit berkas secara langsung. Dengan demikian, Anda bisa mendatangi perguruan tinggi tempat Anda kuliah sebelumnya untuk melaporkan hal tersebut.

Anda bisa mendatangi bagian administrasi jurusan agar bisa diteruskan ke pihak terkait. Jangan lupa untuk membawa berkas ijazah dan pendukung lainnya guna memperkuat bukti bahwa Anda adalah alumni dari perguruan tinggi tersebut.

Bisa jadi memang pihak perguruan tinggi yang belum mendaftarkan ijazah Anda, atau memang mungkin ada kesalahan lainnya. Jika sudah melapor, maka pihak perguruan tinggi yang akan melakukan proses selanjutnya.

3. Hubungi Bagian Pangkalan Data Perguruan Tinggi Ristekdikti (PDPT)

Biasanya Anda juga bisa langsung meminta untuk bertemu atau melaporkan permasalahan ijazah langsung kepada pihak PDPT yang ada di perguruan tinggi tempat Anda kuliah. Setelah menerima laporan, mereka akan melakukan pendaftaran ulang maupun melakukan penyidikan lanjutan jika ada sesuatu yang janggal.

Jika sudah dilakukan pendaftaran ulang, pihak kampus maupun PDPT akan menghubungi Anda, atau Anda juga bisa menanyakannya kembali setelah tenggat waktu yang sudah disepakati sebelumnya.

Manfaat Cek Ijazah Dikti untuk Fresh Graduate

1. Keabsahan Ijazah

Para sarjana muda yang baru saja lulus kuliah memang butuh untuk melakukan cek dan ricek mengenai ijazah yang mereka dapatkan, terutama jika Anda kuliah di perguruan tinggi swasta. Dengan melakukan pengecekan mandiri, Anda dapat yakin bahwa nama Anda memang benar terdaftar secara resmi dan diakui negara.

2. Mudah Mendapatkan Pekerjaan

Banyak perusahaan yang melakukan inspeksi untuk calon pegawainya dengan sistem menyeluruh. Mereka bisa melakukan pelacakan keaslian ijazah sama seperti yang Anda lakukan. Jika Anda sudah melakukan pengecekan sebelumnya, maka apabila terjadi kesalahan seperti nama yang tidak tercantum tentu bisa Anda hindari. Dengan demikian, pihak perusahaan bisa yakin bahwa Anda adalah calon karyawan yang mereka butuhkan.

Dengan adanya kemudahan teknologi, maka cara cek ijazah dikti pun mengalami kemudahan. Anda tidak perlu lagi langsung datang ke kampus untuk melakukan pengecekan. Hanya dengan duduk di rumah ditemani internet pun Anda sudah dapat mengakses informasi yang diperlukan.

Baca juga artikel tentang “Cara Cek Ijazah Dikti” :

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.