budaya paling unik di indonesia

4 Budaya Indonesia Paling Unik

Diposting pada 155 views

4 Budaya Indonesia Yang Paling Unik, Tidak Ada Duanya – Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak sekali budaya. Kebudayaan yang beragam ini menjadikan indonesia negara yang kaya dan kekayaan budaya ini merupakan identitas bagi bangsa indonesia. Ada banyak sekali contoh budaya indonesia yang telah dikenal oleh masyarakat dunia. 

Ada banyak sekali contoh budaya indonesia, diantaranya ialah bahasa, suku, lagu daerah, makanan, dan tari tradisional. Siapa sangka jika sebagian besar negara di dunia sudah mengenal budaya indonesia. Dan semuanya akan dijabarkan di sini.

4 Contoh Budaya Indonesia Paling Unik

1. Tradisi Potong Jari

Tradisi potong jari di papua
Sumber : travelingyuk.com

Tradisi potong jari ini hanya ada di Papua, Indonesia. Tradisi ini dilakukan oleh suku Dani. Lalu muncul pertanyaan, mengapa mereka memotong jari? Tradisi ini sebagai peringatan atas meninggalnya salah satu anggota keluarga atau kerabat dekat.

Potong jari merupakan simbol dari rasa sedih atas kehilangan salah satu anggota keluarga. Selain itu, ini juga diartikan sebagai upaya untuk mencegah terulangnya kembali kematian keluarga.

Ada banyak cara pemotongan jari untuk ritual ini, diantaranya ialah langsung dipotong dengan benda tajam, seperti pisau, parang atau kapak. Namun cara lain ialah dengan menggigit ruas jari hingga putus. Atau mengikat jari dengan seutas tali agar darahnya terhenti dan mati, kemudian setelah itu dipotong. Potong jari merupakan contoh budaya indonesia yang paling unik.

2. Pemakaman Suku Minahasa

Sumber : baktikunegeriku.com

Suku minahasa terletak di sulawesi utara dan ternyata memiliki cara pemakaman yang unik. Dan bisa dibilang, cara pemakaman ini merupakan salah satu cara pemakaman yang hanya bisa ditemukan di Minahasa. Dan bahkan, pada tahun 1860 Belanda melarang cara pemakaman ini. Hal ini karena dianggap dapat menyebarkan penyakit. 

Cara pemakamannya ialah dengan menempatkan di dalam Waruga, mayat dalam posisi duduk dengan tangan yang menyingkap kedua kaki. Waruga sendiri ialah tempat makam yang berbentuk batu dan terletak di atas tanah (bukan dipendam). Mayat didudukan dengan menghadap ke arah utara. Hal ini dipercaya bahwa nenek moyang suku Minahasa berasal dari utara.

3. Tatung di Kalimantan Barat

Contoh budaya lokal di indonesia
Sumber : cnnindonesia.com

Tatung sebenarnya tradisi yang berasal dari China, namun karena penyebaran kebudayaan, hingga sampailah di Indonesia. Tapi ternyata, Tatung sudah punah di negara asalnya. Namun hingga kini, budaya ini masih bertahan di Indonesia, tepatnya di Kalimantan Barat dan Bangka Belitung.

Tatung merupakan tradisi memasukan roh ke dalam tubuh seseorang. Roh dipanggil dengan menggunakan mantra dan mudra. Tujuan roh dewa atau leluhur dipanggil ialah untuk berkomunikasi. Semisal untuk meminta nasehat, pengobatan, pengusiran roh jahat dan lain sebagainya. 

4. Ritual Tiwah

Sumber : regional.kompas.com

Ritual ini sangat unik, yaitu mengantarkan jenazah menuju dunia roh. Jenazah diantarkan ke sebuah rumah yang biasa disebut Sandung. Tentunya ini bukan jenazah yang masih segar, namun yang sudah lama meninggal dan masih terlihat utuh. Ritual ini umumnya dilakukan oleh masyarakat yang memiliki kepercayaan yang bernama Kaharingan.

Biaya yang dibutuhkan untuk melakukan upacara Tiwah yaitu antara 50 juta hingga 100 juta. Karena mengingat, dibutuhkan banyak sekali sumber daya untuk melakukan upacara ini. Pihak keluarga yang ditinggalkan merasa memiliki kewajiban untuk melaksanakan upacara ini guna mengantarkan jenazah ke surga. Selain itu upacara ini dipercaya untuk menghindari kesialan.

Baca juga : 10 Manfaat Keberagaman Budaya di Indonesia

Di atas merupakan contoh budaya indonesia paling unik dan tidak bisa ditemukan di negara lain. Budaya budaya tersebut merupakan kekayaan bangsa indonesia. Oleh karena itu, tugas kita yaitu untuk menjaga kebudayaan tersebut agar tidak punah dan bisa terus terjaga demi kekayaan bangsa indonesia.