cara agar siswa tidak mencontek

Kreatif, Ini Cara agar Siswa Tidak Mencontek Saat Ujian

Diposting pada 389 views

Kreatif, Ini Cara agar Siswa Tidak Mencontek Saat Ujian – Musim ujian akhir semester telah tiba, banyak siswa terutama dari sd, smp sampai sma sedang berjuang, belajar siang malam agar dapat mengerjakan soal UAS dengan benar.

Namun tetap saja masih ditemukan sebagian siswa yang mengerjakan soal ujian dengan tidak jujur, mereka mencontek temannya, bahkan ada juga yang membawa sesobek kertas untuk disalin di lembar jawab mereka.

Cara agar Siswa Tidak Mencontek Saat Ujian

kreatif, biar siswa tidak mencontek

Tidak sedikit juga mereka membuka handphone saat ujian, yaa itu tujuannya untuk mencari jawaban agar nilai ujiannya bagus. Tentu saja tindakan para siswa ini tidak fair (adil) bagi mereka yang mengerjakan dengan jujur. Bahkan terkadang orang yang mencontek nilainya lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang dicontek.

Miris bukan sih, jika generasi bangsa kita sejak dari sekolah saja sudah belajar tidak jujur. Tentu ini tidak boleh dibiarkan, pihak sekolah dan orang tua harus bersama-sama untuk membentuk karakter para siswa agar berbudi pekerti baik, jujur dan berakhlak.

Nah, salah satu usaha untuk membiasakan para siswanya bertingkah jujur adalah dengan memberi topi anti contekan seperti pada salah satu sekolah ini. Kurang tau ini sekolah terletak di mana, yang pasti triknya sungguh menarik.

Para siswa dijaga dengan ketat oleh pengawas ujian, dan setiap siswa wajib mengenakan topi anti contekan ini, sehingga mereka tidak bisa melihat bahkan melirik kanan kiri pun sangat terbatas gerakannya.

Seperti apa bentuk topi anti contekan ini, simak gambar berikut ini :

Unik kan caranya, bisa dipraktekkan di setiap sekolah. Selain menggunakan pengawas yang tegas dan ketat, juga bisa dicoba itu cara. Jangan lupa juga pendidikan karakter di sekolah sangat penting. Sepenting dirimu bagiku, :).

Baca juga : Gila, Ibu ini tukar bayinya dengan ponsel, celana jeans dan baju baru

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.