belajar analisis pasar global

Mau Belajar Analisis Pasar Global? Di Tradingindo Aja

Diposting pada 531 views

Belajar Analisis Pasar Global – Tidak bisa dipungkiri lagi jika perdagangan bebas di dunia ini akan terus berjalan. Maka tak heran jika pergerakan market atau harga mata uang akan terus berubah sesuai dengan perdagangan yang berlaku. Perdagangan yang dimaksud disini ialah perdagangan eksport import.

Pergerakan suatu harga komoditas, mata uang, atau bahan tambang dipengaruhi oleh penawaran dan permintaan di pasar. Apabila permintaanya itu tinggi, maka harga akan cenderung tinggi. Dan apabila penawarannya tinggi, maka justru harga akan rendah.

Pergerakan Instrumen Pasar

Belajar Analisis Pasar Global
Belajar Analisis Pasar Global

Mengapa hal ini bisa terjadi? Coba anda bayangkan jika di suatu pasar memiliki stock barang yang banyak, sedangkan yang membeli sedikit. Apa pengaruhnya? pengaruhnya ialah barang akan mengalami penurunan harga. Begitu juga sebaliknya, jika di suatu pasar banyak sekali orang yang mencari barang A, sedangkan stocknya terbatas, maka harganya akan naik. Konsep inilah yang juga berlaku di pasar global.

Pergerakan harga inilah yang menyebabkan sebagian besar investor untuk ikut andil dalam bermain di pasar. Seakan akan mereka juga ikut dalam mempengaruhi pergerakan ekonomi dunia. Cara mereka memanfaatkan situasi pergerakan pasar ialah dengan berinvestasi. 

Semisal anggap saja jika sebuah saham Dow Jones turun beberapa persen. Karena dipercaya turunnya saham Dow Jones itu hanya sebatas bounce, maka mereka berbondong bondong untuk membeli saham tersebut (karena harganya murah). Kemudian ketika harganya tinggi, maka mereka akan menjual saham saham tersebut. Selisih harga inilah yang dinamakan profit. Untuk itulah sangat penting bagi kita belajar analisis pasar global.

Bagaimana Cara Menganalisis Pergerakan Pasar?

Lalu muncul pertanyaan, bagaimana cara menganalisis pergerakan pasar global? sedangkan kita seorang investor kecil mana mungkin bisa mempengaruhi pergerakan pasar global? Memang untuk menganalisa pergerakan pasar ini terbilang susah, perlu belajar lebih analisis pergerakan pasar. Investor harus bisa meninjau dari analisa Fundamental dan Teknikal. Dan sebenarnya saja, kita yang bertransaksi sekecil mikro pun juga berpengaruh terhadap pergerakan harga, namun itu juga sangatlah kecil. 

Bagaimana cara menganalisis pergerakan pasar ini? Memang untuk menganalisa pergerakan pasar tidak semudah yang anda bayangkan. Perlu adanya pengalaman dan intuisi ketika melihat pergerakan harga. Jadi anda bisa memperkirakan, apakah harga akan naik atau turun. Selain itu, ada beberapa metode yang bisa anda pakai untuk bisa menganalisa harga market. Anda bisa belajar di Tradingindo.com.

Ada Apa Sih di Tradingindo.com? Tempat Belajar Analisis Pasar Global

trading indo

Apabila anda hendak mencari tempat untuk belajar analisis paras global seperti bagaimana cara membaca suatu indikator, istilah istilah asing di perdagangan global, maka semua itu bisa anda temukan di website ini. 

Visi dari Tradingindo ialah membantu orang indonesia yang hendak terjun ke dunia investasi saham dan instrumen investasi lainnya. Bisa dibilang, website ini baru dibentuk. Dan domisili asli dari website ini ialah di Jakarta Pusat, tepatnya di Jl. Jend. Sudirman RT 10 RW 11, Karet Tengsin, Tanah abang, Kota Jakarta. Jadi jika anda ingin kopdar atau mengunjungi, anda bisa datang langsung ke tempatnya. 

belajar analisis pasar global di trading indo
belajar analisis pasar global di trading indo

Setiap harinya, akan selalu di update tentang trading, perdagangan, valas dan tentunya tentang belajar analaisis pasar global. Selain itu, akan ada juga artikel yang menjelaskan tentang istilah istilah di pasar, analisa dasar, dan lain sebagainnya. Semua ini akan membantu para investor yang hendak berinvestasi di pasar global. 

Selain dari konten yang ada di websitenya, anda pun juga bisa menemukan video video edukasi investasi yang ada di website ini. Ada channel khusus membahas seputar ini, yaitu Trading Indo. Jadi penjelasan di video ini akan memudahkan anda dalam belajar analisis pasar global bukan?

Anda pun juga bisa mengontak pemilik website Tradingindo. Ini tentu akan memudahkan Anda yang hendak bertanya karena kebingungan, Anda juga bisa konsultasi bisnis di tempat ini.

Kenapa Harus Investasi?

Investasi
Investasi

Sebenarnya ini merupakan pertanyaan klasik bagi sebagian orang. Masih banyak orang menganggap jika menabung itu sangat penting. Namun tahukah anda jika investasi itu jauh lebih menguntungkan daripada menabung? Ya benar, dengan berinvestasi bukan hanya uang kita terkumpul, namun juga kita bisa melawan inflasi dan juga menjadi passive income dikemudian hari.

Ada banyak sekali instrumen yang bisa anda pilih sebagai pilihan dalam berinvestasi. Semisal seperti emas, saham, property, dan lain sebagainnya. Namun ada juga orang yang enggan berinvestasi karena membutuhkan modal yang besar. Sehingga mereka memilih untuk menabung terlebih dahulu yang kemudian nantinya bisa diinvestasikan ke beberapa instrumen. Apakah benar demikian?

Jikalau anda hanya memiliki uang pas pas an dan ingin berinvestasi, maka saran saya ialah berinvestasi di saham. Mengapa harus saham? Karena pada umumnya harga per lembar saham di indonesia itu sangatlah murah. Ribuan rupiah dan bahkan ratusan rupiah per lembarnya. Tentu dengan harga semurah ini, dengan modal berapun anda sudah memiliki beberapa lembar saham. Lalu di setiap tahunnya perusahaan pasti akan membagi deviden. Deviden ini merupakan keuntungan perusahaan yang dibagikan setiap tahunnya kepada pemegang saham.

Bayangkan jika anda memiliki 1% saham dari suatu perusahaan. Anda sudah mengantongi pendapatan 1% dari perusahaan tersebut. Jika keuntungan perusahaan tersebut setiap tahunnya ialah 1 miliyar (misal) maka anda berhak mendapatkan 10 juta per tahun. Tentu ini angka yang cukup besar bagi masyarakat indonesia.

Selain dari saham, apakah ada lagi instrumen investasi yang cocok untuk modal kecil? Ada, yaitu emas. Akhir akhir ini harga emas dunia mengalami peningkatan. Nah belilah emas dikala harga tersebut masih rendah. Entah itu beberapa gram, kemudian emas tersebut anda simpan. Karena emas sendiri bukan hanya tabungan, melainkan sifatnya sudah investasi. Karena harganya akan terus berubah setiap tahunnya. 

Jika modal anda sudah lumayan besar, maka anda mungkin bisa berinvestasi di bagian property. Semisal, tanah, apartement, kos, kontrakan, kios, ruko, perumahan dan lain sebagainnya. Tidak diragukan lagi, jika suatu property tersebut terletak di kawasan yang sedang berkembang, maka bisa dipastikan harga jual property tersebut akan naik. Disinilah keuntungan anda berinvestasi property. Namun anda juga perlu hati hati, karena harga property bisa saja anjlok, diakibatkan oleh bencana alam, isu, lingkungan yang buruk, dan lain sebagainnya.

Investasi Tanpa Modal

Apakah ada investasi yang tanpa modal? Diantara banyak investasi pasti membutuhkan modal, namun ada juga pialang atau broker yang memberikan kepada kita modal awal. Modal awal tersebut bisa anda gunakan untuk berinvestasi, namun sebelum anda mengambil keuntungan yang anda peroleh, anda harus memenuhi beberapa syarat dari broker. 

Untuk investasi tanpa modal, anda bisa cek terus di website Tradingindo.com. Karena disini akan selalu dihadirkan artikel bagaimana cara memperkirakan pasar global, harga instrumen investasi, investasi tanpa modal dan lain lain. Selain itu, anda pun juga bisa berkonsultasi dengan pemiliknya apabila memiliki pertanyaan lebih lanjut. 

Semoga dengan artikel di atas Anda jadi lebih bersemangat ya untuk belajar analisis pasar global.


Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.