ayat al quran dan hadits tentang menjaga amanah

Ayat Al-Qur’an dan Hadits Tentang Menjaga Amanah

Diposting pada 1.544 views

Assalamu’alaikum guys, kali ini kitapunya.net akan share tentang ayat Al-Qur’an dan Hadits yang berisi tentang menjaga Amanah. Sebelumnya kita juga sudah membahas tentang pengertian amanah, dalil dan macam-macam perilaku amanah. Yang mana amanah dapat diartikan sebagai dapat dipercaya atau terpercaya.  

Kalau kita kaitkan dengan perilaku seseorang maka amanah sangat penting, mengartikan bahwa seseorang tersebut dapat dipercaya atau tidak, kalau diberi amanah bakal tanggung jawab atau tidak, misal diberi kepercayaan dapat setiap atau mengingkari.  

Bila kita kaitkan dengan sosok pemimpin, maka amanah itu menjadi wajib dan tolok ukur dirinya selama menjabat. Selama menjabat apakah melakukan tugasnya dengan baik, amanah atau tidak, janjinya ditepati atau tidak, atau malah menyelewengkan sesuatu yang bukan haknya?  

Menjaga Amanah

  Nah, kita sebagai manusia kalau bisa ya harus amanah, karena amanah ini mengorbankan kepercayaan. Sekali kita melanggar janji atau tidak amanah, maka akan sangat sulit seseorang untuk percaya lagi dengan kita. Amanah tidak hanya pada seseama manusia, tetapi amanah juga terhadap Allah swt yang artinya kita melakukan sesuatu di dunia ini atas dasar perintah Allah swt, kita juga tidak melakukan sesuatu karena adanya larangan Allah swt.   

Amanah ada juga yang terhadap diri sendiri, maksudnya bagaimana? Tubuh kita juga memiliki hak yang harus kita penuhi seperti makan, istirahat, bersih-bersih dan lain sebagainya. Otak kita juga perlu di refresh, hati kita perlu dibersihkan. Nah itu semua perlu dilakukan agar tubuh kita terjadi keseimbangan.  

Ayat Al-Qur’an dan Hadits Tentang Menjaga Amanah

Baca juga : Isi Kandungan Surah AL-Baqarah 164  

Oke sudah cukup intronya, kini saatnya kita melihat ayat AL-Qur’an dan Hadit tentang menjaga amanah. Let’s go :   “Dan janganlah kamu campur adukkan kebenaran dengan kebatilan dan (janganlah) kamu sembunyikan kebenaran, sedangkan kamu mengetahuinya . ” (Q.S. al-Baqarah/2: 42)

”Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kalian mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad), dan (juga) janganlah kalian mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui.” (Q.S. al-Anfal/8: 27)

“Sesungguhnya Allah Swt. menyuruh kamu untuk menyampaikan amanah kepada yang berhak menerimanya… . ” (Q.S. an-Nisa’/4: 58)

“Dan (sungguh beruntung) orang yang memelihara amanat-amanat dan janjinya . ”(Q.S. al-Mu’minμn/23: 8)

Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat  (Q.S. Al-Ahzab : 72).

Dan janganlah kamu merugikan manusia pada hak-haknya dan janganlah kamu merajalela di muka bumi dengan membuat kerusakan; (Q.S. Asy-Syu’ara’ Ayat 183)

“Dari Ibnu Umar r.a., Rasulullah saw. bersabda:“Setiap kalian adalah pemimpin dan akan diminta pertanggungjawaban atas kepemimpinannya. Seorang kepala negara adalah pemimpin dan akan diminta pertanggungjawaban perihal rakyat yang dipimpinnya…” (H.R. Bukhari dan Muslim)  

Demikian ayat AL-Qur’an dan Hadits Tentang Menjaga Amanah, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih.

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.