Apa Arti Takziah

Apa Arti Takziah? Tujuan Lengkap

Diposting pada 21 views

Apa arti takziah? Saat mendengar berita seseorang meninggal dunia, apa yang akan kamu lakukan? Biasanya kita akan pergi takziah ke rumah duka. Kegiatan takziah sangat tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Saat bertakziah kita bisa menguatkan, memberi motivasi dan dukungan kepada keluarga yang ditinggalkan.

Kalau kita amati kegiatan takziah sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia, namun banyak anggapan yang sedikit keliru bahwa arti takziah adalah melayat. Setelah membaca artikel ini, kamu akan memahami arti takziah dan tujuannya.

Apa Arti dari Takziah?

Takziah menurut KBBI adalah kunjungan (ucapan) untuk menyatakan turut berdukacita atau belasungkawa. Selain itu, arti lain dari takziah adalah hal menghibur hati orang yang mendapat musibah.

Arti Takziah Secara Bahasa

Secara bahasa takziah berarti menghibur, menyatakan belasungkawa, menyampaikan dukacita, dan menyabarkan keluarga orang yang meninggal. Takziah biasanya dilakukan untuk menghibur saudara dan kerabat yang sedang berduka.

Arti Takziah Menurut Istilah

Arti takziah menurut istilah adalah menganjurkan seseorang untuk bersabar atas beban musibah yang menimpanya, mendoakan ampunan bagi mayit dan dari orang yang tertimpa musibah dari pedihnya musibah yang mereka alami. Dari referensi lain, menyebutkan arti takziah menurut istilah adalah mengunjungi keluarga orang yang meninggal dunia dengan tujuan agar keluarga yang mendapat musibah dapat terhibur, diberi kesabaran dan keteguhan hatinya.

Arti Takziah dalam Islam

Takziah berasal dari bahasa Arab . Dalam Islam, takziah artinya turut berduka cita dengan cara berkunjung ke tempat anggota keluarga yang meninggal dunia. Ketika kita bertakziah, sebisa mungkin kita memberikan kekuatan dan kesabaran bagi orang-orang yang ditinggalkan orang yang mereka sayangi.

Takziah Bertujuan Untuk

Melayat keluarga orang yang meninggal merupakan bentuk kepedulian sosial. Lebih jauh lagi, hal ini juga dianjurkan dalam agama. Ketika seseorang ditinggalkan oleh orang yang mereka sayangi pasti timbul rasa kesedihan.

Takziah akan mengurangi beban kesedihan yang menimpa keluarga. Bayangkan ketika sedang berduka namun tidak ada orang yang terlihat peduli pasti akan merasa sedih. Hal ini berbeda ketika banyak sanak saudara dan tetangga yang datang bertakziah. Perlahan keluarga yang ditinggalkan merasa terhibur dengan kehadiranmu di rumah duka. Nah, di bawah ini merupakan beberapa tujuan dalam melaksanakan takziah:

1. Memberikan Pengertian Kepada Keluarga Agar Bersabar

Keluarga yang ditinggalkan pasti akan merasa kehilangan. Oleh karenanya, perlu penyemangat agar kesedihan tidak dibiarkan berlarut lama. Memberikan dorongan agar keluarga bersabar pada situasi duka sangat berharga, jangan sampai keluarga yang ditinggalkan merasa sendirian apalagi kurang dukungan.

2. Timbul Kesadaran Bahwa Semua yang Hidup Akan Meninggal

Tujuan takziah selanjutnya adalah munculnya kesadaran bahwa hidup di dunia tidak selamanya. Suatu hari kita semua akan bertemu dengan kematian dan kembali kepada sang pencipta. Oleh karenanya, saat situasi duka biasanya kita akan merenungi perbuatan kita selama ini yang kurang baik kemudian berusaha memperbaikinya.

3. Mendoakan Orang Yang Meninggal

Tujuan takziah yang paling penting ialah mendoakan orang yang meninggal dan meminta ampunan atas kesalahan yang pernah mereka lakukan.

Okey teman-teman, itulah arti dan pengertian takziah menurut KBBI dan Islam. Saat takziah kita berusaha untuk menghibur keluarga yang sedang berduka agar bersabar. Nah, yang paling penting saat takziah kita tidak boleh membicarakan kekurangan orang yang meninggal. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman. See you.

Temukan arti kata lainnya di kitapunya.net : Kumpulan Arti Kata