apa arti sukar

Arti Kata Sukar dan Contoh Kalimat Lengkap

Diposting pada 61 views

Arti Kata Sukar dan Contoh Kalimatnya – Kata sukar sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun kata sukar jarang digunakan dalam obrolan, namun kita sering menjumpainya pada bacaan seperti novel dan buku motivasi.

Bila kamu sering menemukan kata ini pasti sudah tidak asing lagi arti kata sukar. Namun, bagi kamu yang belum mengetahuinya artikel kali ini akan membantu mu memahami apa arti kata sukar, sinonim dan contoh kalimatnya.

Arti Kata Sukar

Dilansir dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), arti kata sukar adalah susah, musykil (tidak mudah), jarang ada, tidak mudah sembuh (berkaitan dengan penyakit) dan sulit dipecahkan. Selain itu sukar sebagai kata kiasan memiliki arti dalam kekurangan, misalnya dalam kalimat “hidupnya selalu sukar” yang berarti hidupnya selalu dalam kekurangan.

Secara sederhana, arti kata sukar adalah susah atau sulit. Susah dan sulit bisa mengarah pada kesulitan untuk mengerjakan, memperoleh dan melakukan suatu hal. Misalnya, “Tugas matematika sangat sukar” berarti tugas matematika sulit untuk dikerjakan.

Sinonim Kata Sukar

Selanjutnya, menurut teman-teman apa persamaan kata sukar? Kata sukar memiliki beberapa sinonim atau persamaan kata yaitu berat, sulit, musykil, elusif, pelik, rumit, rumpil, runyam, selit belit, susah, terik , jarang dan langka.

Persamaan kata tersebut bisa kamu gunakan untuk menggantikan kata sukar, namun perlu disesuaikan dengan konteks kalimat secara keseluruhan agar kalimat tidak terkesan aneh. Misalnya pada kalimat “Dian sukar menahan emosinya ketika marah” tentu tidak akan cocok jika kamu mengubahnya menjadi “Dian langka menahan emosinya ketika marah”.

Membuat Kalimat dari Kata Sukar

Contoh kalimat akan memudahkan kita dalam memahami arti dan penggunaan sebuah kata. Nah, di bawah ini beberapa contoh kalimat dari kata sukar:

  1. Di era pandemi mencari pekerjaan sangat sukar.
  2. Generasi muda perlu meningkatkan hard skill dan soft skill agar tidak sukar dalam bersaing di dunia kerja.
  3. Ayah membuka usaha sendiri karena sukar mencari pekerjaan di usia yang sudah tua.
  4. Para siswa merasa sukar ketika mengerjakan ujian nasional matematika.
  5. Dian sukar menahan emosinya ketika marah.
  6. Pak Abidin telah berobat hingga ke luar negeri, namun penyakitnya sukar sembuh.
  7. Orang tua merasa sukar untuk mengimbangi pola pikir generasi muda zaman sekarang.
  8. Komputer bukanlah hal yang sukar untuk dipelajari saat ini.
  9. Saat merasa sukar menjalani ujian kehidupan sebaiknya kita mendekatkan diri kepada sang pencipta agar hati menjadi tenang.
  10. Dendi sukar dijauhkan dari smartphone karena ia sudah kecanduan berlebihan.

Kesimpulan

Berdasarkan pengertian di atas dan beberapa referensi, secara umum arti kata sukar adalah susah, tidak mudah sembuh (berkaitan dengan penyakit) dan sulit dipecahkan.

Nah, itulah arti kata sukar dan contoh kalimatnya dalam kehidupan sehari-hari yang sering kita temui. Semoga artikel ini mampu menambah pemahaman baru bagi teman-teman. See you.

Temukan arti kata lainnya di kitapunya.net : Kumpulan Arti Kata