arti kata sowan tegese

Sowan Tegese: Arti lan Contoh Ukara Sowan

Diposting pada 5,858 views

Sowan tegese menghadap (kepada orang yang dianggap harus dihormati, seperti raja, guru, atasan, orang tua); berkunjung . Sowan iku salah sawijining budaya Jawa sing ngandhut makna luhur lan utama. Sowan iku ora mung ngucapke salam lan nyambut gawe, nanging uga ngungkapke bakti lan hormat marang wong sing luwih tuwa utawa sing duwe kedudukan luwih dhuwur.

(Sowan berarti menghadap (kepada orang yang dianggap harus dihormati, seperti raja, guru, atasan, orang tua); berkunjung. Sowan adalah salah satu budaya Jawa yang mengandung makna yang tinggi dan penting. Sowan tidak hanya berarti menyapa dan bertemu, tetapi juga mengungkapkan penghormatan dan kepatuhan kepada orang yang lebih tua atau memiliki posisi yang lebih tinggi).

Sowan iku uga bisa diarani marak sowan. Marak sowan tegese marani wong sing dihormati utawa wong sing luwih tuwa. Marak sowan iku bisa dilakoni kanthi cara ngirim surat, nelpon, utawa ngirim pesen lewat media sosial. Nanging, cara paling apik kanggo marak sowan yaiku kanthi langsung nemokake wong sing dituju.

(Sowan juga bisa diartikan sebagai ungkapan rasa hormat. Ungkapan rasa hormat tersebut ditujukan kepada orang yang dihormati atau orang yang lebih tua. Sowan dapat dilakukan melalui surat, telepon, atau pesan melalui media sosial. Namun, cara terbaik untuk menyampaikan sowan adalah secara langsung kepada orang yang dituju).

Sowan iku penting kanggo ngowahi hubungan antarmanusia supaya luwih harmonis lan guyub. Sowan iku uga bisa ndadekake kita luwih ngerti babagan kondisi lan kebutuhan wong sing kita sowani. Sowan iku uga bisa ndadekake kita luwih ngresiki lan ngayomi wong sing kita sowani.

(Sowan penting untuk menjaga hubungan antarmanusia agar lebih harmonis dan rukun. Sowan juga dapat membantu kita memahami kondisi dan kebutuhan orang yang kita kunjungi. Sowan juga dapat membuat kita lebih menghargai dan merawat orang yang kita kunjungi).

Sowan iku ora mung budaya Jawa, nanging uga budaya umum sing kudu dijaga lan dilestarikan. Sowan iku ora mung kanggo wong tuwa utawa sing duwe pangkat dhuwur, nanging uga kanggo wong sing padha karo kita. Sowan iku ora mung kanggo sawetara wektu utawa sawetara acara, nanging uga kanggo saben dina.

Sowan bukan hanya budaya Jawa, tetapi juga budaya umum yang perlu dijaga dan dilestarikan. Sowan bukan hanya untuk orang tua atau yang memiliki posisi tinggi, tetapi juga untuk orang yang sejajar dengan kita. Sowan bukan hanya untuk waktu atau acara tertentu, tetapi juga untuk setiap hari.

Sowan iku ora mung tegese sowan, nanging uga tegese sayang. (Sowan bukan hanya berarti berkunjung, tetapi juga berarti menyayangi).

Sowan Tegese – Arti Kata Sowan dalam Bahasa Jawa

Arti kata sowan dalam bahasa Jawa adalah mengunjungi atau bersilaturahmi dengan orang yang lebih tua, lebih berpengalaman, atau lebih berilmu. Sowan adalah salah satu tradisi budaya Jawa yang mengandung nilai-nilai luhur, seperti hormat, sopan, dan santun. Sowan juga merupakan cara untuk menjalin hubungan baik, mempererat persaudaraan, dan menimba ilmu dari orang yang lebih bijaksana.

Sowan biasanya dilakukan pada hari-hari tertentu, seperti hari raya, hari ulang tahun, atau hari besar lainnya. Sowan juga bisa dilakukan ketika ada keperluan khusus, seperti minta doa restu, minta maaf, atau minta nasihat. Sowan tidak hanya dilakukan oleh orang muda kepada orang tua, tetapi juga oleh orang yang baru pindah ke suatu tempat kepada tetangga atau tokoh masyarakat.

Contoh Ukara Sowan dan Artinya

Ukara sowan yaiku ukara sing nyatake maksud utawa tujuan seseorang kanggo ngunjungi wong liya. Ukara sowan biasane digunakake nalika ana acara khusus, kaya ngunduh mantu, ngresiki, utawa ngucapake turut berduka cita. Ukara sowan bisa nduweni macem-macem bentuk, nanging biasane nganggo kata-kata sing sopan lan hormat.

Contoh ukara sowan:

  • Kulo nyuwun pangapunten, Pak Dhe. Kulo arep sowan marang simbah ing rumah sakit. (Saya minta maaf, Pak Dhe. Saya mau menjenguk simbah di rumah sakit.)
  • Kulo matur nuwun sanget, Bu. Kulo kudu lunga dhisik. Kulo arep sowan marang pakde ing desa. (Saya ucapkan terima kasih banyak, Bu. Saya harus pergi sebentar. Saya mau menjenguk pakde di desa.)
  • Kulo nyuwun pangapunten, Mas. Kulo arep sowan marang mbakyu sing lagi ngunduh mantu. (Saya minta maaf, Mas. Saya mau menghadiri pernikahan mbakyu.)
  • Kulo matur nuwun sanget, Mbak. Kulo kudu lunga dhisik. Kulo arep sowan marang paklik sing lagi ngresiki. (Saya ucapkan terima kasih banyak, Mbak. Saya harus pergi sebentar. Saya mau menghadiri selamatan paklik.)
  • Kulo nyuwun pangapunten, Pak. Kulo arep sowan marang bapak ibu sing lagi berduka cita. (Saya minta maaf, Pak. Saya mau mengucapkan belasungkawa kepada bapak ibu yang sedang berduka cita.)

Demikianlah penjelasan singkat tentang ukara sowan beserta contohnya. Semoga bermanfaat.

Etika Ketika Melakukan Sowan

Dalam melakukan sowan, ada beberapa etika yang harus diperhatikan, antara lain:

  • Menyiapkan diri secara fisik dan mental
    Sebelum sowan, kita harus membersihkan diri, berpakaian rapi dan sopan, serta membawa sesuatu sebagai tanda hormat atau ungkapan terima kasih. Kita juga harus menyiapkan hati dan pikiran yang tenang dan positif.
  • Menentukan waktu yang tepat
    Sowan sebaiknya dilakukan pada waktu yang tidak mengganggu aktivitas atau istirahat orang yang dikunjungi. Kita bisa menanyakan terlebih dahulu kapan waktu yang baik untuk sowan atau membuat janji terlebih dahulu jika perlu.
  • Menyesuaikan sikap dan ucapan
    Ketika sowan, kita harus bersikap hormat dan sopan kepada orang yang dikunjungi. Kita harus mengucapkan salam dengan baik dan benar, duduk dengan santun, dan tidak berbicara terlalu keras atau terlalu banyak. Kita juga harus menghormati adat istiadat dan kebiasaan yang berlaku di tempat orang yang dikunjungi.
  • Menjaga kesopanan dan kesusilaan
    Sowan bukanlah ajang untuk bergosip, mengeluh, atau mencari-cari kesalahan orang lain. Kita harus menjaga tutur kata dan perilaku yang baik dan sopan. Kita juga harus menghindari hal-hal yang bisa menyinggung perasaan atau menimbulkan konflik dengan orang yang dikunjungi.
  • Mengucapkan terima kasih dan pamit dengan baik
    Setelah selesai sowan, kita harus mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan keramahan yang diberikan oleh orang yang dikunjungi. Kita juga harus meminta izin untuk pamit dengan sopan dan hormat.

Sowan adalah tradisi budaya Jawa yang memiliki banyak manfaat, baik secara sosial maupun spiritual. Dengan sowan, kita bisa menjaga silaturahmi, memperluas wawasan, dan meningkatkan kualitas diri kita sebagai manusia.

Lihat juga artikel lain:

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, Teknologi Digital dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.