tegese ngrembuyung

Ngrembuyung Tegese lan Wit-Witan Ngrembuyung

Diposting pada 91 views

Apa tegese ngrembuyung?

Tanduran ing mburi omah,semi ngrembuyung  ijo royo-royo.

Perkembangan teknologi saat ini turut serta dalam perkembangan bahasa. Dahulu, masyarakat daerah mudah memahami arti dari sebuah kalimat yang menggunakan bahasa daerah karena digunakan dalam bersosialisasi rutin setiap hari. Namun, saat ini sebagian besar remaja dan generasi milenial  hidup di tengah perkotaan entah untuk melanjutkan pendidikan dan meraih pekerjaan sehingga menyebabkan kurangnya pemahaman bahasa daerah.

Apa teman-teman pernah mendengar kata ngrembuyung? Ngrembuyung berasal dari Bahasa Jawa. Seringkali dalam pelajaran bahasa jawa akan ada pertanyaan ‘apa tegese ngrembuyung?’ Kita akan mengulas secara ringkas dan lengkap di artikel kali ini.

Ngrembuyung Tegese

Ngrembuyung berasal dari Bahasa Jawa. Kata ngrembuyung sering digunakan untuk menggambarkan pepohonan (wit-witan dalam bahasa jawa). Lalu pohon seperti apa yang digambarkan dengan istilah ngrembuyung? Ketika kita menjumpai pohon yang subur serta memiliki banyak daun dan ranting atau pohon besar yang rimbun, dalam Bahasa Jawa digunakan istilah ngrembuyung.

Arti kata ngrembuyung dalam Bahasa Indonesia adalah subur dan banyak (rimbun), bergelantungan dalam jumlah banyak (misalnya akar pohon yang menggantung).  Dalam Bahasa Jawa ngrembuyung tegese akeh, subur lan kerep (banyak,subur dan berdekatan).

Kita bisa menyimpulkan secara sederhana, ngrembuyung digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang subur atau bergerombol dalam jumlah banyak sehingga terlihat rimbun.

Jamur Payung Ngrembuyung Kaya Lembayung

Kalimat jamur payung ngrembuyung sering kali kita dengar saat masih sekolah. Ternyata kalimat tersebut merupakan tembang dolanan jawa. Ini dia lirik lagu lengkapnya.

Jamuran

Jamuran… jamuran…ya ge ge thok…

jamur apa ya ge ge thok…

Jamur payung, ngrembuyung kaya lembayung,

sira badhe jamur apa?

Wit Witan Ngrembuyung

Seperti apa tumbuhan (wit-witan) yang rimbun (ngrembuyung)? Beberapa gambar pohon di bawah ini merupakan contoh pohon yang rimbun.

1. Pohon Rambutan


2. Pohon Mangga


3. Pohon Durian

Nah itulah tegese ngrembuyung dan tuladha wit-witan ngrembuyung. Semoga artikel ini mampu menambah insight dan kosa kata baru teman-teman dalam bahasa jawa. Sampai jumpa di artikel kitapunya selanjutnya.

Temukan arti kata lainnya di kitapunya.net : Kumpulan Arti Kata

Loma
Tutur
Kawak
Ngelih
Pepalang