Apa itu nego harga?

Apa Itu Nego dan Cara Nego Harga

Diposting pada 1.267 views

Apa Itu Nego? Istilah nego sering kita temui dalam bisnis dan jual beli. Kalau kita amati dalam kegiatan jual beli online baik melalui forum atau sosial media nego yang ditawarkan oleh penjual sangat beragam. Kegiatan negoisasi tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Hampir setiap hari kita melakukan jual beli, usaha dan bisnis semuanya akan melibatkan kegiatan negoisasi. Lalu, apa itu nego?

Apa Itu Nego?

Nego berasal dari kata negoisasi. Dilansir dari KBBI terdapat dua pengertian negoisasi. Pertama, negoisasi adalah proses tawar-menawar dengan jalan berunding guna mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak dan pihak lain. Pengertian lainnya, negoisasi adalah penyelesaian sengketa melalui perundingan antara pihak yang bersengketa yang dilakukan secara damai.

Dari pengertian negoisasi tersebut, secara sederhana nego artinya tawar menawar. Kalau kita amati, kegiatan negoisasi biasanya dilakukan oleh dua pihak. Namun, pada beberapa kasus kegiatan negoisasi membutuhkan bantuan pihak ketiga yang disebut negosiator. Negosiator berperan sebagai penengah antara pihak-pihak yang melakukan negosiasi, sehingga hasil negosiasi akan menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Apa Arti Nego Dalam Jual Beli

Kalau kita amati menjual barang terdapat dua harga yaitu harga NET (harga yang tidak bisa ditawar) dan harga nego (harga yang bisa ditawar). Nego dalam jual beli artinya dalam transaksi terjadi proses tawar menawar harga sampai terjadi kesepakatan antara penjual dan pembeli.

Kita buat contoh sederhana saat kamu membeli sepatu di pasar atau toko dengan harga nego. Ketika kamu sebagai pembeli merasa harga yang ditawarkan terlalu mahal kamu menawar harga tersebut. Penjual bebas ingin menerima, menolak atau mencari harga yang cocok untuk kedua pihak. Nah, disitu lah terjadi proses negoisasi harga yang menguntungkan kedua pihak.

Tidak hanya itu saja, dalam jual beli secara online juga sering ditemui harga yang bisa ditawar.  Ketika kamu akan menawar harga barang, usahakan harganya masih pantas atau tidak terlalu rendah ya guys.  

Apa Itu Nego Tipis?

Masih dalam jual beli, nego tipis artinya harga bisa ditawar namun hanya sedikit pengurangan harga. Misalnya harga tas dijual 200 ribu, maka kamu bisa menawarnya menjadi 180 atau 190 tidak boleh terlalu banyak pengurangan harga.

Cara Nego Harga

Tidak semua orang pandai melakukan negoisasi.  Padahal kegiatan negosiasi hampir tidak bisa dihindari baik ketika sebagai pembeli maupun saat kamu sebagai penjual yang mencari supplier. Tetapi kamu tidak perlu khawatir, cara negosiasi dapat kamu pelajari loh. Yuk simak cara menawar harga yang efektif  di bawah ini:

1. Mengetahui Informasi Barang

Paling tidak kamu perlu mengetahui informasi barang agar saat proses negoisasi kamu bisa mengutarakan mengapa barang tersebut sebaiknya dijual dengan harga yang lebih rendah. Kamu bisa mengetahui informasi dasar seperti bahan, harga dan kualitas barang.

2. Mengambil Hati Penjual

Kamu bisa berbincang ringan dengan penjual. Kemudian biarkan penjual bercerita. Beri pujian beberapa kalimat. Cara ini cukup efektif untuk mengambil hati dan melakukan pendekatan dengan penjual.

3. Penjual Harus Memberi Tahu Harga Barang Terlebih Dahulu

Penjual harus memberi tahu harga barang tersebut, setelah itu kamu bisa menawar dengan harga yang lebih rendah. Poin pentingnya, kamu harus mengetahui harga pasaran barang tersebut.

4. Diam dan Tidak Berbicara

Cobalah untuk tidak berbicara dengan memasang raut wajah sedang berpikir. Situasi hening seperti ini, membuat penjual akan menawarkan harga yang lebih rendah namun tetap menguntungkan kedua pihak.

5. Meninggalkan Kios

Bila penjual masih saja tidak setuju dengan harga yang kamu inginkan cara ini bisa kamu pakai untuk mengetes penjual. Bila penjual memanggilmu, maka harga yang kamu tawar masih memberikan untung bagi penjual. Namun, bila penjual membiarkan kamu pergi berarti harga yang kamu inginkan terlalu rendah.

Nah, itulah artikel Apa Itu Nego dan Cara Nego Harga yang bisa kamu lakukan. Nego berarti tawar menawar. Namun, jangan sampai nego yang kamu inginkan merugikan penjual. Semoga artikel ini mampu menambah pengetahuan baru bagi teman-teman. Sampai jumpa di artikel KitaPunya edisi berikutnya.

Temukan arti kata lainnya di kitapunya.net : Kumpulan Arti Kata