Ukara Nganggo Tembung Kesed

Kesed Tegese: Sinonim lan Ukara Nganggo Tembung Kesed

Diposting pada 346 views

“Dadi bocah sing sregep sinau, ojo dadi bocah sing kesed

Apakah teman-teman pernah mendengar kalimat tersebut? Perkembangan teknologi saat ini turut serta dalam perkembangan bahasa. Kalau dahulu, masyarakat sangat hafal dengan bahasa daerahnya karena digunakan dalam bersosialisasi rutin setiap hari. Namun, saat ini sebagian besar remaja dan generasi millennial merasa bingung untuk memahami arti dari bahasa daerah.

Percakapan singkat sebelumnya menimbulkan pertanyaan apa sebenarnya arti kata kesed. Kata kesed ini berasal dari Bahasa Jawa. Apa arti kesed? Artikel kali ini akan mengulasnya dilengkapi dengan contoh kalimat dari kata kesed.

Arti / Tegese Kesed

Dalam Bahasa Jawa, kesed berarti males. Nah, sekarang coba kita artikan kesed dalam Bahasa Indonesia. Kesed berarti malas atau tidak rajin. Kesed menggambarkan seseorang yang malas atau tidak rajin, baik dalam pekerjaan, sekolah maupun bersosialisasi.

Orang tua merasa cemas bila anak mereka malas (kesed)  dalam belajar. Begitu pula, rekan kerja dan atasan merasa dirugikan bila pekerja mempunyai sifat (kesed) malas. Orang yang mempunyai sifat malas cenderung tidak disukai oleh orang lain, karena selain merugikan diri sendiri, lingkungan sekitar juga akan dirugikan loh. 

Sinonim Kesed (Padha Tegese Kesed)

Sekarang kita sudah mengetahui arti kata kesed yaitu lumuh, malas atau tidak rajin. Karena kesed berasal dari Bahasa Jawa, kita akan membahas tentang sinonim atau yang dikenal padha tegese dalam Bahasa Jawa. Kesed padha tegese karo males atau ora sregep.

Antonim Kesed (Kosok Balene Kesed)

Kosok balen kesed adalah sregep. Seseorang yang memiliki sifat sregep (rajin) cenderung lebih dihargai orang lain dibandingkan orang yang kesed (malas). Sifat rajin ini akan memudahkan kamu dalam menyelesaikan pekerjaan dan tugas sekolah loh. Orang yang rajin tidak senang menunda pekerjaan.

Bocah Sregep Sinau Dadi Pinter Bocah Kesed Dadi

Bocah sregep sinau dadi pinter bocah kesed dadi

Kalimat “Bocah sregep sinau dadi pinter bocah kesed dadi dungu” sering sekali kita temui dalam pelajaran Bahasa Jawa di sekolah. Kalimat tersebut berarti “Anak yang rajin belajar menjadi pintar, anak yang malas menjadi bodoh”. Orang tua dan guru pun tidak pernah berhenti menasihati anak-anak agar rajin belajar. Mereka berharap anak-anak yang rajin belajar akan mudah memahami materi atau pelajaran yang disampaikan oleh guru-guru di sekolah. Namun, di sisi lain orang tua hendaknya memahami kecerdasan dan bakat yang ada pada diri anak selain mereka harus pandai dalam mata pelajaran tertentu.

Ukara Nganggo Tembung Kesed

Beberapa contoh kalimat di bawah ini menunjukkan penggunaan kata kesed. Kamu bisa menggunakannya sebagai bahan belajar untuk membuat kalimat.

  1. Dimas usahane bangkrut amarga dheweke kesed nyambut gawe.
  2. Kevin ora bisa munggah kelas VI amarga bocahe kesed sinau.
  3. Biyen Rina kesed sinau, nanging sabanjure mlebu SMA dheweke sregep sinau.
  4. Pak Budiman dianggep karo tanggane kesed nyambut gawe amarga nduweni utang sing akeh, sanadyan dheweke diapusi karo kanca bisnise.

Kesimpulan

Berdasarkan pengertian di atas dan beberapa referensi, kesed berarti malas atau tidak rajin. Nah itulah arti kata, sinonim dan contoh kalimat dari kata kesed. Semoga artikel ini mampu menambah insight baru dalam bahasa jawa. Sampai jumpa di artikel kitapunya edisi selanjutnya.

Temukan arti kata lainnya di kitapunya.net : Kumpulan Arti Kata

Loma
Tutur
Kawak
Ngelih
Pepalang