apa itu etnis

Pengertian Etnis dan Contoh Kalimat

Diposting pada 190 views

Apa pengertian etnis? Menjadi negara terluas ke 15 di dunia, menjadikan Indonesia terdiri dari beragam suku dan budaya. Keragaman budaya yang ada secara tak langsung melatih masyarakat Indonesia untuk hidup dalam toleransi. Bahkan, semenjak kita masih anak-anak orang tua sudah mengajarkan nilai-nilai toleransi dan menghargai satu sama lain.

Sikap toleransi tidak bisa terlepas dari kehidupan bermasyarakat di Indonesia. Apalagi interaksi sosial yang terjadi setiap hari melibatkan komunikasi antar beragam suku bangsa. Menurut teman-teman ada berapa jumlah suku bangsa yang ada di Indonesia? Jumlahnya tidak sedikit loh. Berdasarkan hasil survei oleh BPS tahun 2010, ada lebih dari 300 kelompok etnis atau suku bangsa di Indonesia.

Terkait dengan etnis, menurut teman-teman apa pengertian etnis? Nah, di artikel kali ini kita akan membahas pengertian dan contoh etnis yang ada di Indonesia. Yuk langsung simak di bawah ini.

Pengertian Etnis

Dilansir dari KBBI arti etnis adalah sesuatu yang bertalian dengan kelompok sosial dalam sistem sosial atau kebudayaan yang mempunyai arti atau kedudukan tertentu karena keturunan, adat, agama, bahasa, dan sebagainya.

Sementara itu menurut Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2008 etnis adalah penggolongan manusia berdasarkan kepercayaan, nilai, kebiasaan, adat istiadat, norma bahasa, sejarah, geografis, dan hubungan kekerabatan.

Dari kedua pengertian tersebut, secara sederhana arti etnis adalah suatu kelompok sosial yang sebagian besar memiliki persamaan bahasa, adat istiadat dan kebiasaan.

Contoh Etnis Di Indonesia

Jumlah etnis atau yang lebih dikenal dengan suku bangsa di Indonesia seperti yang telah disebutkan di atas jumlahnya lebih dari 300 kelompok etnis.  Kali ini kita akan membahas tiga kelompok etnis yang ada di Indonesia.

1. Suku Jawa

Suku Jawa menduduki peringkat pertama sebagai suku bangsa terbesar di Indonesia. Penduduk asli Suku Jawa dapat ditemukan di Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta dan Surakarta. Namun, tidak hanya berada di daerah tersebut Suku Jawa juga tersebar hingga ke pelosok-pelosok negeri. Beberapa budaya suku jawa dikenal hingga keluar negeri yaitu wayang kulit, batik, keris, kebaya, dan gamelan.

Makanan khas Suku Jawa sangat banyak, antara lain: rujak cingur, gudeg, gethuk, lumpia semarang dan masih banyak lagi. Bahkan kelezatan gudeg  mampu membawanya menjadi kuliner Indonesia yang terkenal di luar negeri.

2. Suku Sunda

Contoh etnis terbesar kedua selanjutnya adalah Suku Sunda. Sebagian besar Suku Sunda berasal dari bagian barat Pulau Jawa, Provinsi Jawa Barat dan Banten. Kota Bandung meruapakan pusat daerah Suku Sunda.

Sama seperti suku yang lain, Suku Sunda memiliki rumah adat yang dikenal dengan sebutan golodog. Rumah ini berbentuk seperti rumah panggung dengan ketinggian 1 meter. Pada bagian bawah rumah terdapat kolong yang biasanya dimanfaatkan untuk mengikat hewan peliharaan.

3. Suku Batak

Suku batak berasal dari provinsi Sumatra Utara. Mayoritas orang Batak beragama Kristen dan sebagian yang lain beragama Islam.

Kalau kita amati, Suku Batak memiliki banyak marga. Hal ini karena Suku Batak terbagi menjadi sub suku atau puak. Terdapat enam sub Suku Batak yaitu:  Suku Batak Toba, Angkola, Mandailing, Karo, Pakoak, dan Simalungun.

Bahasa Suku Batak adalah bahasa Batak dan ada juga yang menggunakan bahasa Melayu. Nah, setiap sub suku atau puak memiliki logat bahasa yang berbeda-beda loh. Misalnya, logat toba digunakan oleh Suku Batak Toba begitu pula logat karo digunakan oleh Suku Batak Karo.

Untuk kamu yang ingin berburu kuliner makanan khas suku batak ada juga loh. Suku Batak mempunyai beberapa makanan khas antara lain: tombur, arsik ikan mas, mie gomak dan masih banyak lagi.

Kalimat Dari Kata Etnis

Selain mempelajari apa pengertian etnis dan contoh yang ada di Indonesia, biasanya saat duduk di bangku sekolah kamu juga diminta untuk membuat kalimat. Nah, di artikel kali ini kita akan membuat beberapa kalimat dari kata etnis.

  1. Indonesia adalah negara multikultural yang memiliki sekitar 300 kelompok etnis.
  2. Kita harus mempunyai sikap toleransi antar kelompok etnis.
  3. Konflik antar etnis biasanya disebabkan oleh perbedaan latar belakang dan keyakinan.
  4. Banyaknya etnis di Indonesia menjadi aset bangsa karena adanya keragaman.
  5. Kota Surabaya merupakan salah satu kota terbesar yang dihuni oleh banyak etnis.

Okey teman-teman, itulah pengertian etnis dan contoh kalimat dari kata etnis. Semoga artikel ini mampu menambah insight baru banyaknya etnis yang ada di Indonesia. Sampai bertemu di artikel KitaPunya edisi selanjutnya.  See you.

Temukan artikel menarik KitaPunya lainnya:
Contoh Kalimat dengan Kata Keragaman dan Arti Kata
Apa Arti Kata Sarkas dan Sarkasme?