Arti Demografi dan Demografi Indonesia

Diposting pada 11 views

Arti Demografi dan Demografi Indonesia – Istilah demografi erat kaitannya dengan data penduduk. Dalam suatu negara data demografi dicatat dan dikelola oleh  lembaga negara, di Indonesia dikenal dengan Badan Pusat Statistik (BPS). Pemerintah menggunakan data demografi untuk membagi sumber daya, merencanakan inisiatif kebijakan, penyaluran bantuan dan masih banyak lagi.

Selain pemerintah yang menggunakan data demografi, para pebisnis juga menggunakan data demografi untuk segmentasi pelanggan dan strategi marketing.

Data demografi sangat berperan dalam kebijakan pemerintah dan strategi bisnis perusahaa. Lalu, apa arti demografi? Dalam artikel kali ini kami akan membahas terkait arti demografi, demografi indonesia dan bonus demografi.

Demografi Adalah

Arti kata demografi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah de.mo.gra.fi [n] ilmu tentang susunan, jumlah, dan perkembangan penduduk; ilmu yg memberikan uraian atau gambaran statistik mengenai suatu bangsa dilihat dari sudut sosial politik; ilmu kependudukan.

Demografi berisi angka ataupun simbol yang meliputi ukuran, distribusi data dan perubahan jumlah penduduk.

Dari pengertian demografi menurut KBBI di atas maknanya sangat luas mulai dari penduduk sampai gambaran statistik suatu bangsa dilihat dari aspek sosial politik.

Secara umum demografi berarti gambaran yang menjelaskan tentang penduduk mulai dari jumlah perkawinan, kelahiran, kematian serta perpindahan penduduk. Secara lebih luas lagi, pengelompokan bisa dari status perkawinan, jumlah anak, pendapatan per tahun, tingkat pendidikan dan masih banyak lagi.

Demografi adalah data yang sangat penting, pemerintah menggunakan data ini untuk pengambilan keputusan, merencanakan inisiatif kebijakan bahkan pembagian sumber daya.

Manfaat Demografi

Dengan menggunakan demografi dan data demografi banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh baik untuk pemerintah, pendidikan, bisnis dan masih banyak lagi. Berikut manfaat demografi antara lain:

  • Memberikan informasi bagi bisnis tentang peluang pasar di suatu daerah atau lokasi tertentu.
  • Digunakan untuk pengambilan kebijakan, terutama pemerataan berbagai sektor misalnya: ekonomi, kesehatan, pendidikan dan lain-lain.
  • Membantu pemerintah dalam mengevaluasi kinerja pembangunan dengan mengkaji penduduk pada masa lalu dan masa kini serta faktor-faktor lainnya.
  • Mampu memberikan informasi data kependudukan sehingga pemerintah mampu memberikan bantuan tepat sasaran.

Demografi Indonesia

Dilansir dari Wikipedia demografi Indonesia mencakup statistik populasi Indonesia, seperti jumlah, distribusi, dan kepadatan penduduk, serta data demografis lainnya. Populasi Indonesia berdasarkan sensus penduduk tahun 2020 yaitu sebesar 270,2 juta jiwa,meningkat dibandingkan sensus penduduk 2010 yang menghasilkan angka 237,64 juta jiwa.

Bonus demografi

Demografi dan bonus demografi sangat erat kaitannya. Bonus demografi merupakan suatu keadaan di mana jumlah penduduk yang masuk ke dalam usia produktif lebih banyak dibandingkan penduduk usia tidak produktif. Usia produktif yang dimaksud dalam bonus demografi adalah berkisar antara 15  sampai  64 tahun. Saat suatu negara mencapai titik terjadinya bonus demografi, maka akan menjadi peluang besar untuk mengembangkan sektor industri negara tersebut. Meskipun bonus demografi terdengar banyak memberikan dampak positif, dampak negatifnya pun pasti ada seperti membludaknya angka pengangguran hingga persaingan yang ketat untuk memperoleh pekerjaan.

Nah, itulah arti kata demografi dan demografi indonesia.  Semoga artikel ini mampu menambah kosakata baru bagi teman-teman. Sampai jumpa di update arti kata selanjutnya.

Temukan arti kata lainnya di kitapunya.net : Kumpulan Arti Kata

Frasa
Impresif
Insight
Justifikasi