arti-kata-candu

Arti Kata Candu dalam KBBI dan Bahasa Gaul

Diposting pada 2,464 views

Dalam bahasa gaul, candu adalah kata yang sering digunakan untuk menyatakan sesuatu yang sangat disukai atau membuat ketagihan, seperti hobi, makanan, musik, film, atau orang.

Arti Kata Candu dalam KBBI

Candu adalah kata yang memiliki banyak arti, tergantung pada konteks dan penggunaannya. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), candu adalah:

  1. Getah kering pahit berwarna cokelat kekuning-kuningan yang diambil dari buah Papaver somniferum, dapat mengurangi rasa nyeri dan merangsang rasa kantuk serta menimbulkan rasa ketagihan bagi yang sering menggunakannya .
  2. Cairan kental berwarna hitam yang keluar dari rokok yang diisap yang melekat pada pipa .
  3. Sesuatu yang menjadi kegemaran atau keranjingan.

Arti Kata Candu dalam Bahasa Gaul

Dalam bahasa gaul, candu sering digunakan untuk menyatakan sesuatu yang sangat disukai atau membuat ketagihan, seperti hobi, makanan, musik, film, atau orang. Contohnya:

  • Aku candu banget sama lagu-lagu BTS.
  • Nonton drama Korea itu candu, susah berhenti.
  • Kamu candu aku, bikin aku selalu rindu.

Candu juga bisa digunakan sebagai kata sifat untuk menggambarkan sesuatu yang menarik atau memikat perhatian. Contohnya:

  • Kamu cantik dan candu banget sih.
  • Film horor itu candu, bikin penasaran terus.
  • Makanan ini enak dan candu, bikin nagih.

Dari penjelasan di atas, kita bisa melihat bahwa candu adalah kata yang memiliki makna yang berbeda-beda tergantung pada konteks dan penggunaannya. Candu bisa berarti sesuatu yang positif atau negatif, tergantung pada sudut pandang dan penilaian kita. Yang penting, kita harus bijak dalam menggunakan kata candu dan tidak menyalahgunakannya untuk hal-hal yang merugikan diri sendiri atau orang lain.

Sinonim dan Antonim Kata Candu

Sinonim Kata Candu: Kata lain selain candu

Beberapa sinonim dari kata candu sebagai sesuatu yang disukai atau diminati seseorang adalah:

  • Hobi: kegiatan yang dilakukan seseorang untuk mengisi waktu luang atau bersenang-senang sesuai dengan minat dan bakatnya.
  • Gairah: perasaan kuat atau semangat yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu dengan penuh antusiasme dan dedikasi.
  • Obsesi: ketertarikan atau kecenderungan berlebihan terhadap sesuatu atau seseorang yang sulit dikendalikan atau ditinggalkan.
  • Kecanduan: keadaan di mana seseorang tidak bisa lepas dari sesuatu atau seseorang yang sangat disukainya meskipun menyadari dampak negatifnya.

Antonim Kata Candu

Beberapa antonim dari kata candu sebagai sesuatu yang disukai atau diminati seseorang adalah:

  • Benci: perasaan tidak suka atau tidak senang terhadap sesuatu atau seseorang.
  • Bosan: perasaan jenuh atau tidak tertarik terhadap sesuatu atau seseorang karena terlalu sering melihat, mendengar, atau melakukan hal yang sama.
  • Takut: perasaan cemas atau khawatir terhadap sesuatu atau seseorang yang dianggap berbahaya atau mengancam.
  • Alergi: reaksi tubuh yang berlebihan terhadap sesuatu atau seseorang yang menyebabkan gejala seperti gatal, ruam, bersin, batuk, atau sesak napas.

Demikianlah arti kata candu dalam KBBI dan bahasa gaul. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang bahasa Indonesia. Terima kasih telah membaca.

Arti kata yang lainnya:

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, Teknologi Digital dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.