arti kata legitimasi

Arti Kata Legitimasi dan Bagaimana Contoh Penggunaannya

Diposting pada 543 views

Arti kata legitimasi – Pernahkah kamu mendengar kata legitimasi? Kata legitimasi sebenarnya sudah cukup sering sekali ditemui di berbagai hal khususnya pada artikel di internet, di berita, maupun pembahasan dalam perkuliahan. Kata legitimasi seringnya dihubungkan dengan bidang hukum, politik, atau perundang-undangan.

Untuk kamu yang masih kurang jelas mengenai pengertian legitimasi berikut ini akan dijabarkan mengenai arti kata legitimasi menurut KBBI, istilah dan sedikit ulasan mengenai konsep legitimasi.

Pengertian & Arti Kata Legitimasi Menurut KBBI

Legitimasi menurut KBBI ialah keterangan yang mengesahkan atau membenarkan bahwa pemegang keterangan adalah betul-betul orang yang dimaksud; kesahan. Legitimasi adalah pernyataan yang (menurut undang-undang atau sesuai dengan undang-undang); pengesahan. 

Sedangkan dalam pengertiannya, legitimasi merupakan sebuah kondisi yang menunjukkan sebuah penerimaan keputusan pemimpin atau pelaksana kekuasaan yang memenuhi prosedur yang berlaku pada masyarakat umum dan sesuai dengan nilai-nilai politik atau moral yang sepatutnya.

Legitimasi secara umum juga dimaknai sebagai penerimaan masyarakat mengakui kewenangan, keputusan, dan kebijakan yang diambil oleh seorang pemimpin.

Konsep legitimasi ini kerap dihubungan dengan kekuasaan seperti hubungan antara pemimpin dan masyarakat yang dipimpin tersebut akan ditentukan oleh keputusan masyarakat untuk menolak atau menerima sebuah kebijakan yang diambil oleh seorang pemimpin.

Legitimasi merupakan hal yang sangat penting bagi seorang pemimpin karena tanpa adanya legitimasi seorang pemimpin akan sulit meneruskan sebuah kepemimpinannya. Karena tanpa adanya legitimasi, pemerintahan juga akan sulit menerapkan undang-undang dan membangun sebuah negara. Ada beberapa macam legitimasi, seperti legitimasi politik, legitimasi hukum, dan legitimasi kekuasaan.

Legitimasi memiliki manfaat yang berharga bagi hubungan masyarakat dan pemimpin yang dapat membuat kestabilan politik dan memungkinkan tejadinya sebuah perubahan sosial. Dengan adanya hal tersebut, pemerintah dapat membuka kesempatan yang semakin lebar untuk bidang-bidang kesejahteraan yang ditangani.

Berikut ini contoh legitimasi hukum:

Pelaku pelecehan seksual fetish kain jarik berinisial G seorang mahasiswa salah satu perguruan tinggi negeri di Surabaya akan ditetapkan sebagai tersangka UU ITE, tersangka akan diancam dengan hukuman selama 6 tahun penjara.

Baca juga : Pengertian APIP

Contoh Penggunaan Arti Kata Legitimasi

  1. Pemerintah diharapkan untuk segera melegitimasi RUU PKS.
  2. Omnibus Law dikhawatirkan legitimasi praktik buruh ketenagakerjaan sektor perkebunan.
  3. Metode revisi Omnibus Law bisa dipersoalkan, karena tidak ada dasar hukum yang kemudian memberikan legitimasi bagaimana proses itu bisa dilakukan.
  4. Buku ini menganalisis upaya pemerintah Orde Baru beserta agen-agen kebudayaannya dalam memanfaatkan produk-produk budaya untuk melegitimasi pembantaian 1965-1966.
  5. Pencabutan kewarganegaraan justru dinilai melegitimasi ISIS.
  6. Justifikasi palsu Israel untuk melegitimasi rencana pencaplokan

Kesimpulannya adalah, legitimasi merupakan sikap penerimaan dari masyarakat untuk suatu kekuasaan yang sedang memerintah. Konsep legitimasi merupakan konsep yang sangat penting bagi proses kerjanya suatu praktik kekuasaan. Sekian arti kata legitimasi beserta contoh penggunaannya dalam beberapa kalimat. Semoga membantu dan bermanfaat.

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.