apa yang dimaksud masa pubertas

Apa yang Dimaksud dengan Pubertas dan Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

Diposting pada 14 views

Apa yang Dimaksud dengan Pubertas? Pubertas atau masa puber pasti dialami oleh semua orang. Apakah teman-teman sudah mengalami masa puber? Setiap anak akan mengalami masa pubertas di usia yang berbeda-beda. Coba kamu amati, beberapa teman ada yang memasuki puber saat kelas 1 SMA, 1 SMP bahkan ada yang saat kelas 4 SD. Meskipun, kamu mengalami masa pubertas yang berbeda dengan teman sebaya, kamu tidak perlu khawatir.

Menjaga kesehatan sangat penting saat masa pubertas, baik kesehatan mental maupun fisik. Masa pubertas merupakan masa pertumbuhan, kamu harus memperhatikan konsumsi gizi, olahraga yang teratur, mental yang sehat dan masih banyak lagi. Apabila, saat masa pubertas kamu mengabaikan kesehatan hal ini akan berdampak saat kamu dewasa nanti.

Lalu, apa yang dimaksud pubertas? Dan bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh pada masa pubertas? Yuk ikuti artikel ini.

Apa yang Dimaksud dengan Pubertas?

Pubertas merupakan tanda bahwa anak sudah mulai beranjak remaja. Perubahan secara fisik karena pengaruh hormon akan mudah sekali di amati pada remaja yang mengalami pubertas. Tidak hanya perubahan fisik yang mudah diidentifikasi, anak-anak juga mengalami perubahan hormon yang berkaitan dengan organ-organ reproduksi, terutama estrogen dan progesteron.


Pada anak perempuan akan mengalami beberapa perubahan yang mengindikasikan bahwa dia sedang berada pada masa pubertas. Perubahan tersebut antara lain: pertumbuhan payudara yang membesar dan tumbuh bulu halus di sekitar kemaluan dan ketik. Setelah mengalami pertumbuhan payudara,  dalam waktu 2-2,5 tahun berikutnya akan mengalami menstruasi yang diawali dengan munculnya bercak darah dari vagina yang terlihat seperti noda hitam di celana. Biasanya, beberapa remaja akan mengalami ketakutan saat pertama menstruasi. Oleh karena itu, saat memasuki usia pubertas orang tua sangat perlu memberikan edukasi kepada anak.

Anak laki-laki juga mengalami perubahan pada masa pubertas, hormon testosteron akan mengakibatkan tumbuhnya rambut-rambut halus di daerah ketiak, kemaluan, terjadi perubahan suara dan mulai diproduksinya sperma yang pada waktu-waktu tertentu keluar sebagai mimpi basah. Orang tua perlu memberikan edukasi dan pemahaman mengenai perubahan yang terjadi, bahwa setiap laki-laki mengalami perkembangan fisik yang berbeda-beda, ada yang muncul lebih cepat dan ada yang sedikit terlambat. Oleh karena itu, kamu tak perlu khawatir dengan perubahan fisik yang berbeda-beda karena itu hal yang normal.

Masa Pubertas Terjadi pada Usia

Tidak ada yang pasti, seorang anak akan mengalami masa pubertas di usia berapa. Anak-anak yang memiliki usia yang sama belum tentu mengalami masa pubertas secara bersamaan, karena banyak faktor yang mempengaruhinya misalnya gizi, keluarga dan kesehatan. Umumnya, anak perempuan mengalami pubertas di usia 8 hingga 13 tahun. Sedangkan anak laki-laki biasanya di usia 10 sampai 16 tahun.

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Tubuh pada Masa Pubertas?

Saat masa pubertas, tubuh akan mengalami pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan fase usia yang lain. Menjaga kesehatan tubuh, tidak boleh diremehkan karena pengaruhnya jangka panjang. Tubuh yang tidak sehat saat masa pubertas bisa berdampak buruk saat kamu sudah dewasa nanti loh. Nah, di bawah ini kami sajikan tips menjaga kesehatan tubuh saat masa pubertas:

1-Mencukupi Kebutuhan Gizi Seimbang

Mencukupi kebutuhan gizi dapat kamu lakukan dengan mengonsumsi beragam makanan seperti: sayur, buah, biji-bijian, susu dan olahannya, dan makanan kaya protein.

2-Menjaga Kebersihan Tubuh

Tubuh yang kurang bersih dan pengaruh hormon akan menyebakan risiko penyakit bahkan jerawat yang sering menimpa remaja. Untuk meminimalisirnya, kamu perlu menjaga kesehatan tubuh dengan cara sebagai berikut:

  1. Menyikat gigi
  2. Mandi dua kali sehari
  3. Rutin keramas
  4. Cuci muka dengan sabun wajah yang cocok
  5. Rutin mengganti baju dan pakaian dalam setiap hari

3-Melakukan Aktivitas Olahraga dan Tidak Bermalas-Malasan

Aktivitas olahraga yang dilakukan secara rutin dapat membentuk tubuh yang kuat dan meningkatkan rasa percaya diri.  Selain melakukan olahraga, kamu juga bisa melakukan kegiatan fisik ringan lainnya seperti mencuci baju, membersihkan kamar, menanam tanaman dan masih banyak lagi. Jangan sampai kamu terlena dengan gadget lalu bermalas-malasan, karena akan menghambat pertumbuhan tubuhmu.

Okey teman-teman kitapunya itulah artikel  Apa Yang Dimaksud Dengan Pubertas dan Cara Menjaga Kesehatan Tubuh . Kamu tidak perlu khawatir, saat perubahan tubuhmu terasa lebih cepat atau lambat dibandingkan dengan teman sebayamu. Konsultasikan permasalahanmu ke orangtua atau bila perlu kamu bisa berkunjung ke dokter. See you.

Baca juga artikel Kitapunya yang lain:

Kemana Remaja Masjid Sekarang?
Apa Itu Kenakalan Remaja dan Berikan Contohnya