contoh kenakalan remaja

Apa Itu Kenakalan Remaja dan Berikan Contohnya

Diposting pada 216 views

Apa Itu Kenakalan Remaja dan Berikan Contohnya – Masa remaja merupakan momen yang menyenangkan bagi kebanyakan orang.  Pada masa ini remaja akan berlomba mencoba hal-hal baru yang menurut mereka menarik. Disisi lain, orang tua perlu bertindak bijak agar anak-anaknya tidak salah pergaulan. Anak-anak cenderung melawan perintah bila tidak sesuai keinginannya. Lebih jauh lagi, orang tua yang terlalu membatasi akan menjadikan anak makin mengekang.

Berjumpa dengan lebih banyak teman, menemui hal-hal baru, menggali hobi baru serta rasa ingin diakui dalam pergaulan menjadikan anak-anak di usia remaja ingin mengeksplorasi apa yang menarik bagi mereka. Sayangnya, terkadang mereka masih belum memiliki bekal untuk membedakan mana yang baik dan buruk.  Belum lagi, bila mereka terjebak di lingkungan yang buruk anak remaja akan mudah sekali mengikutinya. Lalu apa itu kenakalan remaja dan apa saja contohnya? Yuk langsung aja simak artikel ini.


Apa Itu Kenakalan Remaja?

Kenakalan remaja bisa menimpa siapapun. Terdapat banyak faktor yang menyebabkan seorang anak remaja mempunyai perilaku yang menyimpang. Faktor tersebut antara lain, lingkungan, teman, keluarga hingga ekonomi.  Para orang tua khawatir anak-anaknya terjebak dalam kenakalan remaja karena akan sangat sulit untuk keluar dari zona pertemanan yang buruk.

Kenakalan remaja adalah segala perbuatan menyimpang yang dihadapi oleh kalangan remaja. Sedangkan, menurut ahli sosiologi Kartono bahwa kenakalan remaja merupakan gejala patologis sosial pada remaja yang disebabkan oleh satu bentuk pengabaian sosial. Akibatnya, mereka senang melakukan tindakan menyimpang untuk memenuhi rasa penasaran sesaat.

Contoh Kenakalan Remaja

Kenakalan remaja tidak bisa dianggap remeh. Dimulai dari kenakalan kecil misalnya pergi bermain tanpa pamit, namun bila dibiarkan bisa mengarah ke kasus yang membahayakan misalnya: tawuran, mabuk-mabukan dan penyalahgunaan narkoba. Nah, di bawah ini beberapa contoh kenakalan remaja:

Berkelahi

Perkelahian biasanya dilakukan oleh dua kelompok atau lebih. Salah satu kelompok berusaha membuat kelompok lain lemah dan tak berdaya. Tidak hanya dengan pukulan fisik, bahkan mereka juga menggunakan benda dan senjata berbahaya. Selain mengganggu ketertiban umum, kegiatan ini juga berbahaya bagi keselamatan remaja itu sendiri.

Bolos Sekolah

Ketika orang tua mengetahui anaknya bolos sekolah, cobalah cari tau apa penyebabnya. Bolos sekolah disebabkan oleh berbagai hal mulai dari rasa ingin mencari jati diri, rasa tidak nyaman dengan sekolah, kesehatan mental, keluarga, bullying bahkan asmara. Untuk mengetahui penyebabnya, sebaiknya orang tua menggunakan pendekatan hati ke hati agar anak mau berterus terang.

Pencurian

Banyak faktor yang menyebabkan remaja melakukan pencurian, misalnya kondisi ekonomi keluarga dan tuntutan teman sebaya. Yap, rasa ingin terlihat lebih keren dibandingkan teman sebaya terkadang membuat remaja tergoda untuk mencuri.

Menonton Video Dewasa

Kurangnya edukasi terhadap anak-anak untuk membedakan mana tayangan yang boleh dan tidak boleh ditonton menjadikan anak remaja menonton tayangan dewasa. Menonton video dewasa akan menjadikan remaja kehilangan waktu bersosialisasi dan lebih parahnya memicu kekerasan seksual yang dilakukan oleh teman sebaya.

Penyalahgunaan Narkoba dan Obat-Obatan Terlarang

Bermula dari rasa ingin tahu, coba-coba, menikmati, hingga terjerumus lebih dalam. Minimnya informasi tentang bahaya narkoba menjadikan remaja berselancar mencoba sendiri obat terlarang tersebut. Mereka mencoba tanpa mengetahui dampak negatif yang akan diterima begitu besar.

Okey teman-teman kenakalan remaja tidak hanya berdampak negatif bagi dirimu, tetapi juga keluargamu loh. Yuk teman-teman jauhi sikap-sikap yang merugikan dan ubahlah ke kegiatan positif. See you.

Baca juga artikel Kitapunya yang lain:

Kemana Remaja Masjid Sekarang?