6 Manfaat kacang tanah, salah satunya dapat meningkatkan kesuburan

Diposting pada 452 views

6 Manfaat kacang tanah, salah satunya dapat meningkatkan kesuburan – Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan kacang tanah ini, selain mudah didapat ternyata kacang tanah juga memiliki manfaat yang sangat banyak sekali.

Hal itu karena didalam kacang tanah terkandung berbagai nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan, seperti lemak, protein, zat besi, kalsium, vitamin A, vitamin E, vitamin B komplek, vitamin K, fosfor, kolin dan lesitin.

Berdasarkan penelitian, dengan mengkonsumsi kacang tanah sebanyak satu sampai 5 ons setiap minggunya dapat mencegah terjadinya penyakit jantung. Lalu apa saja manfaat kacang tanah yang lain, berikut ini kitapunya.net share tentang manfaat kacang tanah untuk kesehatan.  

6 Manfaat Kacang Tanah

1. Meningkatkan kesuburan

Manfaat kacang tanah yang pertama adalah dapat meningkatkan kesuburan, hal ini dikarenakan kacang tanah banyak mengandung asam folat (folic acid).

Sehingga sangat berguna bagi mereka yang ingin cepat memiliki momongan. Selain itu juga, berdasarkan hasil penelitian menyebutkan bahwa ibu yang hamil muda dan memenuhi asupan 400 mikro gram asam folat dalam sehari dapat mengurangi resiko bayi lahir cacat sebesar 70 %.  

2. Membantu Melawan Depresi

Kacang tanah selain dapat meningkatkan kesuburan, juga dapat membantu dalam melawan depresi. Kacang tanah merupakan salah satu makanan yang kaya akan triptofan, yaitu suatu asam amino yang berguna dalam produksi serotonin.

Tahukah anda apa itu serotonin? Serotonim adalah zat yang ada di otak yang berguna dalam membantu mengatur suasana hati.

Jadi, ketika seseorang mengalami stress atau depresi, biasanya jumlah zat ini akan berkurang, sehingga dengan mengkonsumsi kacang tanah yang didalamnya terdapat triptofan dapat meningkatkan jumlah serotonim yang ada dalam darah itu artinya depresi dapat dikurangi atau dicegah dengan mengkonsumsi kacang tanah.

3. Mengontrol Kolesterol

Manfaat kacang tanah yang ketiga adalah dapat mengatur atau mengontrol jumlah kolesterol dalam darah. Kacang tanah dapat mengontrol kolesterol dalam dikarenakan kacang tanah mengandung tembaga, yang mampu memerangi kolesterol jahat dan meningkatkan jumlah kolesterol baik di dalam darah.  

4. Mengurangi Risiko Terkena Serangan Jantung

Selain mengontrol kolesterol dan meningkatkan kesuburan, kacang tanah ternyata juga dapat mengurangi risiko terjadinya serangan jantung. Hal ini didasarkan pada penelitian-penelitian yang pernah dilakukan oleh berbagai ahli di dunia.   

5. Mencegah tumbuhnya sel kanker

Manfaat kacang tanah yang kelima adalah dapat mencegah tumbuhnya sel kanker, hal ini dikarenakan pada kacang tanah mengandung nutrisi berupa fitosterol.

Fitosterol ini tidak hanya terkandung dalam kacang tanah saja, melainkan jenis kacang-kacangan yang lain juga terdapat fitosterol.

Fitosterol ini berguna dalam mengurangi risiko penyakit jantung, selain itu juga berguna untuk menghambat pertumbuhan sel kanker didalam tubuh.  

Baca : Cara mencuci tangan dengan benar agar kuman mati

6. Menurunkan berat badan

Berdasarkan penelitian, bahwa kacang tanah juga dapat membantu dalam menurunkan berat badan. Mengkonsumsi kacang tanah minimal 2 kali seminggu, dapat membuat risiko terkena obesitas semakin kecil.

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.