4 Periode Proses Evolusi Bumi Sampai Munculnya Manusia di Zaman Purba Baru

  • Whatsapp
 4 Periode Proses Evolusi Bumi Itu Apa Saja Kak? – Hasil dari baca-baca makalah, nemu sedikit ilmu paleontologi, dalam evolusi semesta terdapat 6 tahap waktu geologis. Tapi dalam evolusi bumi hanya dibagi menjadi 4 periode saja yaitu Azoikum, Palazzoikum, Mesozoikum dan Neozoikum.
Baca juga artikel sebelumnya tentang : Kapan zaman pra-aksara berakhir?
Bagi orang awam seperti saya ini sangat susah untuk menjelaskan secara detail mengenai masing-masing periode, tapi berikut ini adalah catatan kecil mengenai 4 periode proses evolusi bumi. Berawal dari pertanyaan muncul jawaban.
Zaman Purba
Zaman Purba
1. Azoikum 
Azoikum berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua kata, a berarti tidak, dan zoon berarti hewan. Artinya azoikum adalah zaman dimana belum adanya kehidupan di bumi ini. Pada saat itu, bumi baru saja terbentuk dan suhunya masih relatif tinggi. Diperkirakan zaman ini berlangsung miliaran tahun yang lalu.
2. Palaezoikum
Palaezoikum merupakan zaman dimulainya manusia, dan menjadi zaman purba tertua. Pada zaman ini sudah meninggalkan fosil folra dan fauna, diperkirakan berlangsung sekitar 350 juta tahun.
3. Mesozoikum
Lanjut ke zaman yang selanjutnya adalah Mesozoikum merpuakan zaman purba tengah, dimana zaman munculnya hewan mamalia, amfibi, burung dan tumuhan yang berbunga. Zaman ini berlangsung sekitar 140 juta tahun.
4. Neozoikum
Munculnya zaman purba baru yang berawal sejak 60 juta tahun yang lalu. Ahli sejarah membaginya menjadi dua taham (Tersier dan Quarter). Zaman es mulai menyusut dan makhluk-makhluk tingkat tinggi dan manusia mulai hidup.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *