jenis tanaman budidaya

3 Jenis Tanaman Budidaya Yang Menguntungkan

Diposting pada 218 views

4 Jenis Tanaman Budidaya Yang Menguntungkan – Beruntung negara kita adalah negara tropis yang sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai petani, sehingga pantas disebut sebagai negara agraris. Dengan dikelilingi oleh gunung-gunung berapi, membuat tanah Indonesia sangat subur layaknya tanah surga.  

Jutaan spesies tanaman ada di Indonesia, dan sejak dulu Indonesia dikenal sebagai negara penghasil rempah-rempah. Maka tak heran apabila Belanda menjajah negara kita selama 350 tahun lamanya. Selama itu? Iyaa, salah satunya adalah karena kekayaan alam kita yang sangat melimpah.  

Seiring berkembangnya zaman, jumlah orang yang menjadi petani semakin sedikit. Entah karena kemajuan teknologi atau apa, sehingga mereka menganggap menjadi petani adalah kuno dan ketinggalan zaman. Padahal menjadi petani sangat menguntungkan apabila tahu tekhnik dan cara kerjanya.  

Banyak kok petani-petani yang sukses yang memiliki penghasilan jutaan rupiah perbulannya. Nah kebanyakan dari mereka adalah berbudidaya tanaman. Tanaman seperti apa? Ada 3 jenis tanaman budidaya yang sangat menguntungkan yaitu tanaman pangan, tanaman hortikulturan, dan tanaman perkebunan.  

Kita akan mengulas satu persatu jenis tanaman budidaya di atas, dan akan memberikan contoh masing-masing agar kalian juga semakin paham.  

3 Jenis Tanaman Budidaya Yang Menguntungkan

3 Jenis Tanaman Budidaya Yang Menguntungkan

1. Tanaman Pangan

Tanaman budidaya jenis pertama adalah tanaman  pangan, tanaman ini merupakan tanaman penghasil pangan atau hasilnya dapat dijadikan sebagai sumber makanan. Contoh jenis tanaman ini antara lain : serealia, umbi-umbian dan kacang-kacangan.  

a. Kelompok serealia Merupakan makanan pokok. Tanaman yang termasuk dalam kelompok serealia antara lain : padi, jagung, sorgum, gandum.

b. Kelompok umbi-umbian Tanaman kelompok umbi-umbian merupakan tanaman penghasil karbohidrat, dapat juga dijadikan sebagai bahan pokok industry pangan. Terdiri dari : ubi jalar, singkong, talas.

c. Kelompok kacang-kacangan Beberapa contoh jenis tanaman kacang-kacangan antara lain : kedelai, kacang tanah, kacang hijau, kacang merah, kacang bogor dll.  

2. Tanaman Hortikultura

Merupakan tanaman yang terdiri dari tanaman sayuran, tanaman buah-buahan dan tanaman hias. Beberapa fungsi tanaman hortikultura ini antara lain sebagai penyedia pangan, bernilai ekonomi, fungsi kesehatan dan pariwisata.  

a. Tanaman sayuran Contoh tanaman sayuran antara lain : cabe keriting, tomat, kacang panjang, kangkung, bawang merah, bayam, sawi, kol bungan, wortel dll.

b. Tanaman buah-buahan Contoh tanaman buah-buahan antara lain : mangga, jeruk, duku, durian, rambutan, manggis, salak, pisang, semangka, melon, dan markisa.

c. Tanaman hias Tanaman hias merupakan tanaman non konsumsi yang bertujuan untuk keindahan seperti bunga mawar, melati anggrek. Bisa juga tanaman non bungan seperti palem kuning, pinus, cemara, puring, suplir dan rumput-rumputan.  

3. Tanaman Perkebunan

Tanaman perkebunan merupakan kelompok tanaman yang biasanya diproduksi dalam skala besar dengan luas lahan ribuan hektar. Dibutuhkan modal yang sangat besar, namun potensi penghasilannya juga cukup besar.   Beberapa jenis tanaman perkebunan antara lain : tembakau, teh, kopi, coklat, karet, tebu, kelapa, kelapa sawit dll.  

Baca juga : Mengenal macam-macam dan jenis-jenis traktor  

Itu adalah 3 jenis tanaman budidaya yang menguntungkan, silahkan tekuni salah satu dan ambil peluang yang cukup besar ini.