√ Tips Simple Agar Semangat Sekolah, Patut Dicoba !

Tips Simple Agar Semangat Sekolah - Sekolah telah menjadi kebutuhan primer bagi setiap anak. Karena dengan bersekolah, anak akan mempelajari banyak hal. Entah itu mulai dari sosial, ilmu pengetahuan, mental, dan lain lain. Tentu faktor faktor ini lah yang nantinya akan mengantarkan seseorang menjadi orang yang sukses

Tapi sayangnya, tidak semua orang bisa memiliki semangat sekolah setiap saat. Ada waktunya semangat itu memuncak, ada waktunya juga semangat itu menurun. Memanga ada beberapa faktor yang menyebabkan semangat tersebut naik dan turun. Berikut ini adalah Faktor Naik Turunnya Semangat.

Source: lovethispic.com


1. Faktor Lingkungan

Lingkungan menjadi faktor yang paling utama dalam mood bersekolah. Apabila lingkungan mendukung kita untuk selalu bersemangat dalam mempelajari sesuatu, maka secara tidak langsung akan mempengaruhi mood kita untuk bersekolah.  

Faktor lingkungan ini bisa berasal dari keluarga, kerabat, tetangga, bahkan teman. Sebenarnya kita tidak perlu meminta mereka untuk menyemangati kita bersekolah. Namun kita hanya butuh mereka mengerti akan keadaan kita yang "kritis" akan mood dalam bersekolah. 

2. Faktor Pelajaran

Tidak setiap orang menyukai pelajaran yang mereka pelajari di sekolah. Terkadang banyak dari mereka yang malah cabut atau bolos sekolah hanya karena pelajaran yang dipelajari di hari itu tidak menyenangkan. Memang kita tidak bisa memaksakan seseorang untuk menguasai semua ilmu atau mata pelajaran di sekolah. Tapi paling tidak kita bisa mengerti sekilas mengenai pelajaran tersebut.

3. Tujuan Kita dalam Bersekolah Belum Matang

Faktor terakhir namun yang paling krusial ialah tujuan kita bersekolah. Masih banyak orang yang tidak mengerti tujuan apa sebenarnya dari bersekolah itu. Mereka masih mempunyai pikiran dangkal mengenai tujuan dari sekolah, yaitu hanya lulus dan mendapatkan ijazah. Sebenarnya tujuan utama dari bersekolah itu bukan demikian, namun untuk mencari masalah yang kemudian diselesaikan bersama sama di kelas. Selain itu, tujuan bersekolah ialah untuk membentuk pola pikir anak agar bisa berpikir kritis dan taktis. 

Diatas merupakan faktor penyebab mengapa mood seseorang naik turun untuk sekolah. Nah untuk itu, kita perlu membuat sebuah strategi bagaimana agar kita memiliki semangat sekolah. Memang untuk membuat mood kita naik untuk bersekolah itu susah susah gampang. Ada beberapa hambatan yang harus anda lewati. Berikut ini adalah Hambatan untuk Semangat Sekolah.
  • Guru atau pengajar
  • Teman sekolah
  • Gol dalam bersekolah
  • Faktor fasilitas 
  • Kegigihan
  • Rasa malas
Nah setelah kita mengetahui hambatan apa saja yang bakal anda temui jika anda niat untuk semangat sekolah, selanjutnya ialah untuk melawan hambatan hambatan tersebut. Faktanya banyak orang yang awalnya ingin semangat bersekolah namun ketika mencapai tahap ini, sebagian besar dari mereka malah menyerah begitu saja, takluk dengan hambatan di langkah awal ini. 

Banyak pelajar yang telah takluk dengan hambatan agar semangat sekolah tersebut kemudian mencari tips bagaimana cara agar semangat sekolah. Namun sebagian besar jawaban yang diberikan di internet merupakan jawaban yang mainstream atau klasik. Sehingga sebagian dari mereka cenderung malas dan tidak tertantang untuk melakukan tips tips tersebut. Nah, kali ini penulis akan memaparkan Tips Simple Agar Semangat Sekolah.

1. Rubahlah Tujuan Awal Anda

Tujuan merupakan faktor penting mengapa seseorang menjadi semangat bersekolah. Jika anda masih memiliki tujuan yang klasik yaitu hanya ingin mendapatkan ijazah kelulusan saja, maka ubahlah tujuan itu. Karena tujuan tersebut cenderung malah membuat anda menjadi malas dan tidak semangat dalam bersekolah. Mungkin masih ada rasa semangat, karena hanya mengejar naik kelasnya saja, yang sebenarnya mereka bukan mengejar ilmu.

Nah ubahlah mindset yang demikian sehingga nantinya sesuai dengan anda. Ubah tujuan anda bersekolah untuk mencari ilmu, bukan mencari nilai. Mungkin anda berpikiran jika tips ini klasik, namun ketahuilah bahwa ilmu yang dimaksud disini ialah "menjawab rasa penasaran" anda akan hal hal baru. Otak akan mengeluarkan hormon "kesenangan, kepuasan dan kebanggaan" tatkala suatu permasalahan yang anda pikirkan selama ini terpecahkan, maka anda akan merasakan sensasi senang dan bangga.

2. Keluarlah dari Zona Malu atau Ragu Ragu

Yang dimaksud dari zona malu dan ragu ialah zona  yang berada di situ situ saja. Masih bingung dengan penjelasan tersebut? Nah simak berikut ini. Sebenarnya tips ini masih saling berkaitan dengan tips nomor 1. Hanya saja tips ini nantinya berefek anda dalam mengasah mental, kepercayaan diri dan kebijaksanaan.

Cara membangkitkan kepercayaan diri ini ialah dengan sering sering mengajukan pertanyaan kepada guru. Bukan pertanyaan biasa yang anda ajukan, namun pertanyaan yang kritis sehingga nantinya suasana kelas akan menjadi interaktif. Suasana kelas interaktif yang berhasil anda bangkitkan akan membuat anda menjadi orang yang "berpengaruh" di kelas. Sehingga secara tidak langsung, anda akan bersemangat di keesokan harinya untuk bersekolah kembali. Bukan hanya anda yang bersemangat, mungkin teman teman dan guru anda akan lebih bersemangat dalam membahas dan berdiskusi materi di kelas.

3. Berpikirlah Ketika Guru Menerangkan

Buatlah otak anda selalu aktif tatkala guru sedang menerangkan di kelas. Otak yang aktif ini akan menciptakan pertanyaan pertanyaan yang kritis sehingga nantinya anda cenderung akan penasaran akan suatu hal. Pelajaran atau materi yang berhasil membuat kita menarik ialah materi yang sebagian besar kita "kuasai" pembicaraannya di kelas. Maksudnya ialah kita memiliki sifat interaktif tatkala membahas materi tersebut di kelas. 

Munculnya pertanyaan pertanyaan baru ini yang membuat kita akan terus bertanya dan akhirnya kita berhasil keluar dari zona malu. Ketika kita berhasil keluar dari zona malu atau ragu ragu akan kesalahan, selanjutnya kita akan menguasai kelas. Dengan menguasai pembicaraan di kelas, secara perlahan tujuan awal anda untuk bersekolah akan berubah. Nah dengan demikian, tidak akan ada kata berat ketika kita hendak berangkat ke sekolah. 

Kesimpulan
Kesimpulan agar kita semangat sekolah ialah ubahlah tujuan dan mindset. Setelah anda berhasil mengubah tujuan dan mindset anda di sekolah, selanjutnya ialah anda harus keluar dari zona malu dan ragu ragu saat di kelas. Tatkala anda berhasil keluar dari zona malu dan ragu ragu di kelas, secara tidak langsung membuat anda aktif bertanya dan otak anda akan memikirkan suatu materi pelajaran secara kritis.
 
Nah, setelah anda berhasil pada tahap ini, secara tidak sadar anda akan kembali ketahap sebelumnya. Inilah yang membuat orang menjadi semangat sekolah. Sebenarnya memang sangat mudah untuk membangkitkan semangat sekolah, modal utama anda ialah lawan rasa malas, gigih menggapai tujuan awal anda, buatlah circle atau lingkungan yang mampu mendukung anda dan sebisa mungkin buatlah hormon endorfin untuk keluar dari otak anda. Sehingga nantinya anda akan merasakan sensai bahagia, senang dan semangat. Namun gunakanlah cara yang baik, bukan cara yang instan namun membahayakan tubuh anda.

Baca juga : 5 Sekolah Penerbangan Untuk Pilot Terbaik di Indonesia

Belum ada Komentar untuk "√ Tips Simple Agar Semangat Sekolah, Patut Dicoba !"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel