√ Tertarik Kuliah Manajemen? Berikut Ini Prospek Kerja Manajemen

Prospek Kerja Jurusan Manajemen - Anda yang telah lulus SMA dan ingin lanjut ke jenjang kuliah namun masih bingung ingin menentukan jurusan, pilih manajemen merupakan ide yang baik. Mengapa bisa dikatakan menjadi ide yang menarik? karena jurusan manajemen, anda tidak hanya diajarkan bagaimana cara menjadi karyawan yang baik, namun juga anda akan diajarkan bagaimana cara membangun usaha dengan sistem manajemen yang baik pula. 

Ya, ilmu manajamen mengajarkan anda bagaimana cara memanajemen sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang ada. Secara tidak langsung, keefektifitasan anda akan diasah di jurusan manajemen. Entah itu memanajemen perusahaan, organisasi, keuangan dan lain sebagainnya.

prospek-kerja-jurusan-manajemen
Source: Wrike.com

Prospek Kerja Jurusan Manajemen : Manajer atau Entrepreneur?

Akhir akhir ini banyak sekali orang yang minat untuk masuk ke jurusan manajemen. Salah satu faktor yang mendasari mengapa mereka memilih jurusan manajemen ialah karena kita sekarang ini berada di era Industri 4.0. Pada era ini, orang orang dituntut untuk bisa mengatur, berkreativitas dan berpikir mengenai suatu usaha. Jadi anda disarankan untuk menjadi seorang pengusaha, nah seorang pengusaha identik dengan manajemen. Maka tak heran jika banyak orang yang ingin masuk jurusan manajemen.

Bukan hanya menjadi entreprenuer saja, namun ada juga kok prospek kerja lulusan manajemen. Jadi jika anda tidak memiliki modal untuk menjadi entreprenuer, anda bisa kok bekerja di bidang bidang di bawah ini. Berikut ini adalah Prospek Kerja Lulusan Manajemen.

1. Konsultan

Ya prospek pertama yang menanti lulusan manajemen ialah sebagai seorang konsultan. Tentu saja konsultan ini berhubungan dengan pengaturan ya, semisal seperti konsultan perusahaan, keunganan, pajak, dan lain lain. Yang paling banyak dicari ialah manajemen konsultan perusahaan. Biasanya mereka para pemilik perusahaan mencari kandidat manajer yang memiliki skill memanajemen yang bagus.

Kualifikasi yang harus anda munculkan ketika menjadi konsultan ialah, anda bisa mengatur sistem karyawan, mengatur keuangan perusahaan, mencari celah atau kelemahan sistem operasional perusahaan, dapat merenakan pengembangan perusahaan, memiliki daya analisis yang tinggi dan Dapat menyelesaikan masalah dengan bijak dan logis.

2. Lembaga Swadaya Masyarakat 

Seorang lulusan manajemen tentu memiliki skill untuk mengatur dan mengembangkan suatu sistem. Hal inilah yang menjadi dasar mengapa LSM banyak mencari lulusan dari manajemen. Mereka diharapkan dapat menciptakan dan mengembangkan sistem organisasi masyarakat agar lebih hidup dan dapat menggapai visi bersama.

Sebelum itu, ada beberapa syarat dan kemampuan yang harus anda miliki tatkala ingin bekerja di LSM. Diantaranya ialah anda harus update dengan isu isu terkini, anda harus bisa mengatur organisasi dengan baik, dapat mengarahkan organisasi untuk menggapai visi, dan dapat mengembangkan sistem yang telah ada sebelumnya.

3. Pengamat Ekonomi

Diantara anda mungkin bingung apa hubungannya manajemen dan pengamat ekonomi? Dan apakah keduanya saling berkaitan? Jawabannya ialah iya. Di perkuliahan manajemen, anda diajarkan bagaimana suatu perusahaan dapat memanajemen keuangan dan produksi dengan baik. Nah coba anda kebangkan ilmu tersebut dalam skala makro, semisal bagaimana pergerakan ekonomi dunia ini bekerja? Tentu ada yang namanya supply and demand.

Nah supply and demand atau penawaran dan permintaan inilah yang mendasari mengapa perekonomian dunia bergerak. Dengan kecermatan anda, anda bisa membaca supply dan demand di suatu negara sehingga anda apat memperkirakan kebijakan ekonomi apa yang hendak diambil oleh negara itu. Dengan demikian, anda pun bisa bersamaan menjadi konsultan perusahaan dengan memperhatikan supply and demand dunia ini bekerja.

4. Staf Keuangan

Dari ketiga prospek kerja di atas, salah satu yang paling banyak dicari ialah staf keuangan. Lowongan pekerjaan jenis ini banyak sekali anda temukan di halaman pencarian pekerjaan. Entah itu perusahaan besar atau kecil yang mencari staf keuangan.

Di staf finance atau staf keuangan, anda dituntut untuk bisa mengatur keuangan entah itu pemasukan atau pengeluaran uang di suatu perusahaan. Nah bagi anda yang bisa mengatur keuangan dengan baik dan sistematis, maka tak ada salahnya anda untuk menjadi staf keuangan. Anda tidak perlu khawatir, karena lowongan pekerjaan ini sangat banyak.

5. PNS

Hampir semua instansi atau perusahaan membutuhkan lulusan manajemen, termasuk juga instansi pemerintah. Bahkan jurusan ini sangat banyak formasinya di CPNS beberapa tahun terakhir, tidak hanya S1 saja, untuk D-III manajemen juga banyak formasinya di CPNS tahun ini. Jadi prospek kerja jurusan manajemen ini sangat banyak, bisa memilih kerja di swasta, pemerintah atau memiliki usaha sendiri.

Kualifikasi Manajemen

Sebenarnya bukan hanya itu saja prospek kerja lulusan manajemen, tentu masih ada banyak lagi yang lainnya. Namun perlu diketahui, menjadi seorang manajer yang hebat merupakan suatu keharusan bagi lulusan manajemen. Adapun jika anda ingin menjadi lulusan manajemen yang hebat, anda harus bisa mengatur organisasi, mengatur orang, mengatur keuangan, mengatur produksi, mengatur pemasaran dan lain sebagainnya. Tentu kualifikasi ini akan terpenuhi apabila anda memiliki pengalaman yang cukup.

Menjadi seorang manajer memang tidaklah gampang, karena anda diharuskan membuat pengalaman dan mempunyai pengalaman agar kinerja anda lebih baik untuk kedepannya. Nah pengalaman tersebut bisa berasal dari keikutsertaan organisasi, panitia acara, menjadi entreprenuer muda, dan pernah berbisnis online. Setidaknya anda memiliki 1 kualifikasi tersebut agar bisa bersaing di dunia manajemen.

Daya Tarik Kuliah Manajemen

Banyak sekali orang yang rela berebut kursi untuk bisa berkuliah di manajemen. Hal ini dikarenakan kuliah manajemen telah menjadi magnet tersendiri bagi generasi muda. Ada beberapa daya tarik yang menyebabkan kuliah manajemen ini banyak digandrungi oleh kalangan muda. Diantaranya ialah.
  • Terlatih menjadi pemimpin yang bijak
  • Dapat menjadi seorang manajer yang handal
  • Banyak pilihan untuk bekerja
  • Setelah lulus, bisa menjadi seorang entreprenuer atau bekerja di perusahaan
  • Jenjang karir bisa cepat
  • Untuk naik posisi manajer, menjadi lebih cepat, karena sudah terlatih dan berpengalaman
  • Gaji tinggi
Bedasarkan daya tarik di atas, banyak orang yang berlomba lomba masuk ke perguruan tinggi negeri dengan jurusan manajemen. Siapa toh yang tidak suka dengan daya tarik tersebut, tentu semua orang akan menyukainnya bukan. Nah semua itu bisa anda dapatkan dengan menjadi lulusan manajemen.

Gaji Lulusan Manajemen

Mungkin anda masih bingung berapa sih gaji lulusan manajemen? Gaji lulusan manajemen bisa dikatakan lebih besar ketimbang lulusan akuntansi. Mengapa demikian? karena kerjaan manajemen bukan hanya mengatur atau menjadi pengawas saja, namun juga anda diharuskan bisa bekerja seperti seorang akuntan.

Gaji lulusan manajemen cukup besar. Untuk freshgraduate aja, anda bisa mendapatkan sekitar Rp. 3.200.000 per bulannya. Semua itu tergantung dari skala perusahaan dimana anda bekerja. Namun jika anda seorang manajemen handal dan berpengalaman, maka gaji tersebut bisa menyentuh Rp. 5.000.000 per bulannya.

Kesimpulan Lulusan Manajemen

Dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwasannya lulusan manajemen memiliki prospek kerja yang sangat baik. Yaitu bisa menjadi seorang karyawan di suatu perusahaan atau kantor, pemerintah dan juga bisa menjadi seorang entreprenuer. Rata rata para mahasiswa manajemen ingin menjadi entreprenuer, hal ini dikarenakan lulusan manajemen memiliki handal di bidang manajemenisasi. 

Namun banyak juga diantara mereka yang tidak memiliki modal cukup untuk membangun suatu usaha atau bisnis. Sehingga mereka memilih untuk menjadi karyawan. Tentu hal ini sangat memungkinkan karena kebutuhan akan manajer profesional sangat banyak dicari di dunia industri dan kantor.

Baca juga : Pengertian Manajemen SDM Menurut Para Ahli

Belum ada Komentar untuk "√ Tertarik Kuliah Manajemen? Berikut Ini Prospek Kerja Manajemen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel