√ Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Pembangunan dan Kelebihannya

Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Pembangunan -   Setelah lulus SMA, biasanya kita akan melanjutkan studi ke tingkat lanjut. Sebagian besar dari mereka memilih jurusan yang sedikit bergengsi dan mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Jurusan jurusan tersebut mulai dari akuntansi, ekonomi, manajemen, dokter, kebidanan dan lain lain. Nah dari sekian banyak jurusan tersebut, salah satu jurusan yang paling diminati oleh anak IPS ialah Ekonomi.

Ada banyak alasan mengapa mereka memilih jurusan ekonomi. Diantaranya ialah karena ilmu ekonomi memiliki prospek dan lapangan pekerjaan yang besar. Selain itu di jurusan ini juga mengajarkan para mahasiswa untuk menjadi seorang entrepreneur/pengusaha yang tidak bergantung dengan perusahaan. Bukan hanya itu saja, mereka beranggapan jika jurusan ini nantinya dapat menghantarkan mereka menjadi orang yang sukses, dalam artian banyak uang.


Source: http://careermatch.com/

Tentang Ekonomi Pembangunan

Dari sekian banyak ilmu ekonomi, terdapat 1 konstentrasi yang lebih fokus ke suatu peminatan. Salah satunya ialah Jurusan Ekonomi Pembangunan. Jurusan ini memang cukup populer dan sedikit langka, karena tidak setiap universitas memiliki jurusan ini.  Karena tidak banyak universitas yang memiliki jurusan ini, maka prospek kerja jurusan ekonomi pembangunan ini cukup baik dan luas.

Jika anda tertarik untuk masuk ke jurusan ekonomi pembangunan, maka anda harus menyiapkan beberapa kompetensi dasar agar nantinya anda bisa bersaing dengan yang lainnya. Kompetensi kompetensi tersebut ialah kemampuan berpikir, psikomotorik, dan memiliki attitude. Semua kompetensi dasar itu harus melekat pada diri mahasiswa ekonomi pembangunan.

Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Pembangunan

Lulusan ekonomi pembangunan akan mendapatkan gelar S.E yang dimana ia memiliki kompetensi tambahan semisal seperti mampu menerapkan pengetahuan dasar mengenai asset dan ekonomi regional berdasarkan studi kasus. Tak khayal jika lulusan ekonomi pembangunan memiliki prospek yang cerah. Berikut ini adalah Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Pembangunan.

1. Perusahaan Berskala Internasional maupun Nasional

Para perusahaan besar akan mencari lulusan ekonomi pembagunan guna meningkatkan daya saing dan bisnis di perusahaan mereka. Mengingat lulusan ekonomi pembangunan memiliki kompetensi daya analisa ekonomi entah itu macro atau micro yang tinggi, maka dengan begini bisa membantu meningkatkan daya saing perusahaan.

Mereka biasanya akan ditempatkan di bagian Research dan Development yang dimana mereka akan menganalisa keadaan pasar global maupun regional. Jadi nantinya anda akan dihadapkan dengan isu isu market dan anda akan disuruh untuk memecahkan isu isu tersebut dengan kritis, kreatif dan inovatif.

Berbeda dengan lulusan manajemen yang dalam kompetensinya terdapat seni dalam mengatur suatu sistem. Di ekonomi pembangunan bukan hanya mengatur saja, namun anda harus menyiapkan strategi kedepannya untuk menghadapi isu pasar. Dan kompetensi semacam inilah yang banyak dicari oleh perusahaan perusahaan besar.

2. Analis Bisnis dan Marketing

Nah ternyata lulusan ekonomi pembangunan bisa juga loh menjadi seorang analis bisnis dan marketing. Ini merupakan salah satu prospek kerja jurusan ekonomi pembangunan yang cerah. Karena banyak sekali perusahaan ataupun perkantoran yang membutuhkan seorang analis bisnis dan marketing guna meningkatkan status perusahaan tersebut.

Anda diharuskan bisa menganalisa market, kebutuhan pasar, isu global, isu regional, dan lain sebagainnya. Biasanya prospek ini berkaitan besar dengan pengembangan rencana proyek yang berskala besar. 

3. Lembaga Pemerintahan

Mengingat pemerintahan juga berperan aktif dalam mengendalikan harga dan pasar nasional, maka lulusan ekonomi pembangunan banyak dibutuhkan. Sama halnya dengan di lembaga swasta atau perusahaan, kemampuan analisanya pun juga tak kalah penting untuk dicari.

Pemerintah akan mencari lulusan ini guna meningatkan dan meratakan pembangunan di setiap daerah di Indonesia. Entah itu dalam sektor pembangunan, industri, perbankan, bisnis dan lain sebagainnya. Semua itu tergantung dengan kebutuhan pemerintah. Jika anda tertarik untuk bekerja di lembaga pemerintahan, maka anda bisa mendaftarkan diri untuk menjadi PNS atau kerja di BUMN.

4. Mentor

Mentor disini diartikan sebagai pengajar. Anda bisa menjadi dosen ataupun pengajar untuk analisis bisnis. Jika anda ingin menjadi dosen, maka anda harus bisa menyelesaikan S2 terlebih dahulu. Program S2 yang bisa anda ambil pun bisa menyabang, semisal ke Magister Manajemen atau Magister Ekonomi dan lain sebagainnya.

Sedangkan untuk menjadi pengajar biasa, maka lulus S1 pun sudah dirasa cukup. Yang terpenting bagi anda ialah memiliki kompetensi yang kuat sehingga nantinya anda bisa dipercaya oleh client anda. Apalagi anda melengkapi diri dengan sertifikat dan lisensi, tentu akan lebih kuat lagi. Untuk tarif mengajarnya pun anda bisa menyesuaikan harga pasar dan ilmu yang hendak anda berikan nantinya.

Keunggulan Ekonomi Pembangunan

Nah setelah anda mengetahui prospek kerja ekonomi pembangunan, selanjutnya anda harus mengerti mengenai seluk beluk dari ekonomi pembangunan itu sendiri. Walaupun jurusan ini terlihat anti mainstream, namun jurusan ini bisa bersaing dengan lulusan akuntansi, manajemen, dan lain sebagainnya yang berhubungan dengan ekonomi.

Ada banyak sekali mata kuliah yang harus anda pelajari ketika menempuh pendidikan S1 ekonomi pembangunan. Memang anda tidak perlu menguasai dan mahir disetiap mata kuliah, namun paling tidak anda memiliki kompetensi yang nantinya bisa berkompetisi dengan lulusan lainnya. Berikut ini adalah Mata Kuliah Ekonomi Pembangunan:
  • Pengantar bisnis
  • Matematika ekonomi dan keuangan
  • Ekonomi pembangunan
  • Ekonometrika
  • Sistem keuangan
  • Perekonomian indonesia
  • Manajemen perbankan
  • Valuasi korporat
  • Etika ekonomi
  • Manajemen resiko dan analisis kredit perbankan
  • Pengantar akuntansi
  • Teori ekonomi makro
  • Teori ekonomi mikro
  • Sejarah pemikiran ekonomi
  • Kebanksentralan
Dilihat dari jumlah mata kuliah yang ada, diharapkan nantinya lulusan ini dapat menganalisa ekonomi dengan baik dan cermat guna pengembangan bisnis dan ekonomi di sektor regional ataupun global

Ingin Menjadi Entreprenuer? Bisa

Sebenarnya saking luasnya prospek kerja ekonomi pembangunan ini, ada salah satu yang menarik, yaitu menjadi entreprenuer. Memang tidak setiap orang ingin menjadi entrepreneur. Hal ini dikarenakan ada beberapa faktor yang menyebabkan mereka enggan menjadi entrepreneur. Diantaranya ialah keterbatasan modal, faktor resiko, faktor manajemen, dan pembangunannya membutuhkan waktu.

Walau begitu, masih banyak orang juga yang ingin menjadi entreprenuer atau pengusaha. Mereka menyakini dengan menjadi seorang pengusaha, ekonomi mereka akan bebas serta jam kerja mereka pun juga akan bebas. Namun modal yang terpenting untuk menjadi pengusaha ialah dana. Tetapi dengan memanfaatkan ilmu yang ada, anda bisa mengatur modal kecil hingga nantinya anda memiliki modal yang besar. 

Setelah anda memiliki cukup dana dan cukup ilmu yang anda dapatkan selama kuliah di jurusan ekonomi pembangunan, maka anda sudah bisa menjadi pengusaha yang baik. Karena jika dilihatdari mata kuliahnya saja, kita belajar mengenai bagaimana menganalisa ekonomi, market dan manajemenisasi. Tentu dengan bermodal ilmu ini anda bisa menjadi entreprenuer.

Disamping menjadi entreprenuer, anda bisa tuh membuka kelas mentoring. Kelas mentoring ini nantinya anda bisa mengajarkan bagaimana cara analisa, membangun dan memanajemen bisnis dengan baik. Tentu penghasilan anda akan jauh lebih besar. Namun anda perlu mencatat, sebelum anda membuka kelas seperti ini, anda diharuskan memiliki akreditasi dan popularitas yang baik di bidang dunia usaha.

Terimakasih sudah membaca artikel tentang Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Pembangunan, selanjutnya kamu dapat membaca artikel yang lain, seperti :
  1. Prospek Kerja Jurusan Manajemen
  2. Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika
 Semoga artikel ini bermanfaat yaa, jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kalian yaa.

Belum ada Komentar untuk "√ Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Pembangunan dan Kelebihannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel