√ Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Tanpa Ribet

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Tanpa Ribet - Tidak semua orang bisa melanjutkan pendidikan hingga jenjang kuliah. Ada banyak faktor yang menyebabkan mengapa mereka memilih untuk tidak melanjutkan hingga jenjang kuliah. Salah satu faktor tersebut ialah karena biaya kuliah yang mahal.

Memang tidak bisa dipungkiri jika biaya kuliah itu cenderung mahal. Sehingga tak heran jika banyak orang yang memilih untuk mengikuti pelatihan kerja atau bekerja terlebih dahulu untuk mengumpulkan uang. Yang kemudian mereka bisa berkuliah di tahun selanjutnya. 

Bisa dan sanggup membiayai biaya kuliah merupakan salah satu cita cita bagi setiap pelajar. Di bangku kuliah, mereka bisa mengembangkan bakat, minat dan ilmunya untuk jenjang yang lebih tinggi. Selain itu, berkuliah merupakan pintu untuk menuju kesuksesan dalam membangun karir. Mengingat orang berkuliah itu tujuannya ialah agar mendapatkan gelar sehingga bisa mendapatkan pekerjaan yang mereka inginkan.

Source: thedailysoiree.com


Pentingnya Beasiswa

Walaupun biaya kuliah itu cukup mahal, namun anda masih bisa kok untuk berkuliah dengan dana bantuan. Ya sekarang banyak ini telah beredar biaya bantuan atau beasiswa kuliah. Beasiswa kuliah ini tentu akan meringankan beban kuliah anda. Entah itu biaya bantuan penghapusan UKT, biaya hidup, biaya perlengkapan kuliah dan lain sebagainnya.

Mungkin anda berpikir, bagaimana cara mendapatkan beasiswa kuliah? Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan agar bisa mendapatkan beasiswa. Karena biasanya beasiswa kuliah ditujukan untuk orang pintar atau orang yang tidak mampu secara finansial. Nah jika anda memang membutuhkan biaya kuliah, ketauhilah terlebih dahulu Apa Saja yang Menyebabkan Bisa Mendapatkan Beasiswa.

1. Pintar

Tidak bisa dipungkiri lagi jika orang pintar akan cenderung lebih mudah untuk mendapatkan beasiswa kuliah. Karena sebagian besar seleksi untuk mendapatkan beasiswa itu berasal dari nilai atau kepandaian yang orang itu miliki. Semisal saja orang tersebut memiliki nilai raport atau IPK yang baik, karena setiap lembaga penyedia beasiswa menetapkan nilai minimum IPK. 

Selain itu, untuk siswa yang baru lulus SMA biasanya banyak sekali tawaran beasiswa S1. Jika anda ingin mencarinya di internet, ada banyak sekali beasiswa lanjut S1. Entah itu di dalam negeri ataupun luar negeri. Memang syarat utamanya ialah nilai raport. Karena syarat ini menjadi mutlak untuk mendapatkan beasiswa lanjut S1.

2. Prestasi

Beda halnya dengan pintar, siswa yang berprestasi akan sangat banyak sekali lembaga yang menawarkan beasiswa. Semisal saja anda mengikuti sebuah ajang perlombaan, lalu anda memenangkan lomba tersebut. Nah biasanya untuk para pemenang ini akan mendapatkan uang pembinaan. Nah uang pembinaan tersebut salah satu bentuk beasiswa.

Bukan hanya itu saja, orang yang berprestasi biasanya akan mendapatkan beasiswa dari suatu perusahaan. Nah jika perusahaan itu bagus dan besar, maka tak ada salahnya untuk mengambil beasiswa tersebut. Karena biasanya perusahaan tersebut akan merekrut anda setelah anda lulus. Tentu saja dengan perjanjian tertulis dengan anda ya.

3. Orang yang Tidak Mampu

Orang yang tidak mampu biasanya memiliki banyak peluang untuk mendapatkan beasiswa. Ini merupakan salah satu bentuk cara pemerintah untuk meratakan pendidikan. Beasiswa macam ini biasanya sangat banyak disediakan oleh pemerintah. Syarat syaratnya pun juga cukup kompleks, karena untuk menghindari adanya kecurangan.
Selain dari pemerintah, biasanya pihak swasta pun juga menyediakan beasiswa semacam ini. Namun bentuknya agak berbeda. Biasanya ada ikatan antara penerima beasiswa dengan perusahaan tersebut. Sehingga nantinya penerima beasiswa diharuskan mengabdi kepada pihak swasta tersebut (bekerja). Tapi tenang saja, tidak banyak kok yang syaratnya demikian.

4. Beasiswa Umum

Nah beasiswa umum ini sedikit jarang bisa kita jumpai. Beasiswa model ini bisa banyak anda temui di internet. Prasayarat untuk beasiswa umum biasanya berupa CV dan lain sebagainnya. Semua orang dari golongan manapun bisa mendaftar beasiswa jenis ini, karena tidak ada syarat yang berarti untuk penerima beasiswa ini.
Setelah anda mengetahui penyebab apa saja seseorang bisa mendapatkan beasiswa, selanjutnya bisa menindaklanjutinya. Entah itu anda ikut beasiswa prestasi, atau beasiswa umum itu semua terserah anda. Biasanya pihak pemberi beasiswa memberi syarat mutlak, yaitu belum menerima beasiswa dari pihak manapun. Syarat mutlak tersebut biasanya muncul pada penerima beasiswa yang terikat dengan suatu instansi atau lembaga.

Lalu bagaimana cara mendapatkan beasiswa kuliah? Nah ini yang ditunggu tunggu. Memang setidaknya anda harus berusaha sedikit agar bisa menjadi kandidat penerima beasiswa.

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah.

1. Memiliki IPK yang Bagus

Jika anda sedang menempuh pendidikan di bangku kuliah dan ingin mendapatkan beasiswa, nah anda harus mempertahankan IPK anda agar tetap bagus. Banyak sekali lembaga pemberi beasiswa menetapkan nilai minimum IPK untuk mendapatkan beasiswa. Jika anda ingin mendapatkan beasiswa tersebut secara konsisten, maka pertahankan IPK anda.

Tidak harus anda mendapatkan IPK sempurna, biasanya pihak pemberi beasiswa memberi patokan minimal, yaitu IPK 3.00 sampai 3.50. Jadi ketahuilah terlebih dahulu lembaga pemberi beasiswa anda memberikan patokan minimal IPK berapa. Jika 3.50, maka anda harus bisa mendapatkan IPK diatas 3.50.

2. Memiliki Prestasi Semasa Kuliah

Apabila anda memiliki prestasi, dan prestasi tersebut cukup bergengsi, maka anda mempunyai kesempatan besar untuk mendapatkan beasiswa. Beasiswa tersebut biasanya berasal dari pihak swasta, pemerintah atau bahkan negara lain. Prestasi tersebut sebisa mungkin tingkat provinsi, nasional atau bahkan internasional.

Ada banyak jenis prestasi yang bergengsi, semisal saja lomba karya tulis ilmiah, prestasi robotik, seni, sains dan lain sebagainnya. Setelah anda berhasil memenangkan perlombaan tersebut, maka secara otomatis anda akan ditawari oleh banyak pihak. Tentu syaratnya ialah prestasi tersebut bergengsi dan terkenal.

Nah diatas merupakan bagaimana cara mendapatkan beasiswa. Intinya ialah apabila anda ingin mendapatkan beasiswa kuliah, maka anda harus pintar pintar mencarinya. Channel dan relasi memainkan peran yang sangat penting agar anda bertemu dengan lembaga pemberi beasiswa. Karena sejatinya info beasiswa ini banyak tersebar di internet, tinggal anda harus pintar pintar mencarinya.

Beasiswa Penelitian dan Pengabdian

Ada jenis beasiswa yang unik, yaitu berbentuk proposal. Jadi apabila anda mempunyai penelitian atau suatu projek yang sekiranya nanti bermanfaat untuk khalayak umum, maka anda bisa tuh membuat proposal yang kemudian anda ajukan ke suatu lembaga foundation. Tentu saja proposal tersebut sangat membantu anda untuk mengadakan sebuah studi atau penelitian. Susunlah proposal projek tersebut dengan rapi dan jujur. Berapa keluaran dana dan output nanti yang anda hasilkan nantinya.

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwasanya beasiswa banyak sekali yang mencarinya. Apalagi oleh anak kosan, mereka akan aktif sekali untuk mencari beasiswa. Karena beasiswa ini sendiri sangat membantu mereka dalam hidup sehari hari. Selain itu beasiswa pun juga bisa membantu mereka untuk mengerjakan projek projek dan tugas.

Baca juga : Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Pembangunan

Belum ada Komentar untuk "√ Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Tanpa Ribet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel