√ Cara Cepat Lulus Kuliah di UT (Universitas Terbuka)

Cara cepat lulus kuliah di universitas terbuka - Seiring dengan berkembangnya jaman, kita harus dituntut untuk bisa memiliki pendidikan yang tinggi. Setelah kita lulus dari Sekolah Menengah Atas, selanjutnya kita sebisa mungkin untuk bisa melanjutkan ke jenjang perkuliahan. Mengingat di SMA kita tidak mempelajari suatu ilmu atau keahlian dengan mendetail, sehingga kita perlu lanjut lagi ke jenjang yang lebih tinggi.

Ada banyak kendala yang dihadapi oleh orang yang ingin melanjutkan kuliah. Diantaranya ialah keterbatasan biaya, susahnya bersaing dengan mahasiswa lain, dan jauhnya jangkauan ke universitas menjadi alasan mengapa banyak orang yang tidak melanjutkan kuliah. Padahal kuliah itu sangat penting guna anda bisa bersaing ke dunia kerja nantinya.

Source: http://majene.ut.ac.id

Mengapa Universitas Terbuka?

Banyak orang yang terpaksa harus bekerja sembari kuliah. Namun tidak sedikit banyak orang yang berusaha untuk membagi waktu kuliah dengan waktu dia untuk bekerja. Nah jika anda masih bingung mencari univ mana yang cocok untuk karyawan, maka UT atau Universitas Terbuka menjadi pilihan yang tepat.

Apabila anda bermasalah dalam membagi waktu kuliah, masalah keuangan untuk berkuliah, anda tinggal di tempat yang terpencil dan tidak ada universitas, maka salah satu universitas yang bisa anda coba ialah Universitas Terbuka. Ada beberapa keunggulan Universitas Terbuka dibanding dengan universitas lainnya. Berikut ini adalah Keunggulan UT.

1.UT Lebih Fleksibel Ketimbang Universitas Lain

Ya bisa dibilang ini merupakan kelebihan yang paling istimewa dari Universitas Terbuka. Karena di universitas ini anda bisa mengakses pembelajaran, diskusi, absensi dan lain sebagainnya bisa secara online. Sehingga anda tidak perlu jauh jauh menuju kampus yang berafiliasi dengan UT. Setidaknya cukup memiliki koneksi internet saja, anda sudah bisa berkuliah.

Universitas Terbuka menyediakan 2 jenis model pembelajaran. Diantaranya ialah Tuton dan TTM. Tuton ialah Tutorial Online yang dimana anda bisa mengakses atau kuliah secara online. Sedangkan TTM ialah Tutorial Tatap Muka yang sama sepersis dengan kuliah pada umumnya. Dengan kemudahan yang diberikan oleh UT ini, kita bisa mengatur jadwal kuliah dan pembelajaran sesuka hati kita.

2. Biaya Kuliah di Universitas Terbuka Cukup Terjangkau

Guna meratakan pendidikan di tanah air, UT memberikan patokan biaya yang terbilang cukup murah. Dengan biaya sekitar Rp. 1.300.000 saja anda sudah bisa berkuliah 1 semester. Ya benar, mungkin jika lebih akan tidak seberapa. Tentu saja dengan uang kisaran Rp. 1.300.000 hingga Rp. 3.000.000 per semester tidak akan memberatkan calon mahasiswa.

UT juga tidak membebankan mahasiswa dengan biaya uang gedung, uang pangkal dan lain sebagainnya. Jadi anda tidak perlu khawatir tidak bisa berkuliah hanya bermasalah dengan keuangan. Lagipula nantinya akan banyak sekali beasiswa beasiswa yang masuk. Nah dengan beasiswa tersebut, tentu akan membantu biaya kuliah anda.

3. Kuliah Bisa Disambi Bekerja

Siapa toh yang suka berkuliah dengan bekerja. Tentu semua orang suka kan ya, apalagi dengan bekerja kita bisa ikut membantu kedua orang tua dalam pemenuhan biaya kuliah. Ternyata semua itu sangat mudah loh dilakukan oleh mahasiswa Universitas Terbuka.

Nah ini nih yang biasanya membuat galau para mahasiswa. Diantara mereka ada yang memilih part time namun tidak bisa membagi waktunya antara pekerjaan dengan kuliah. Nah dengan kuliah di UT ini, anda bisa kok dengan mudah dan fleksibel membagi waktu antara kuliah dengan bekerja. Karena mengingat anda sendiri lah yang menentukan waktu kulaih dengan Tuton.

Cara Cepat Lulus Kuliah di UT

Memang bisa dikatakan Universitas Terbuka sedikit berbeda dengan universitas lain pada umumnya. Namun yang menjadi dasar ialah universitas ini termasuk kategori PTN. Dengan melihat kelebihan universitas ini, anda bisa menentukan universitas model apa yang cocok dengan pashion anda.

Ada banyak alasan mengapa orang memilih UT, salah satu diantarannya ialah karena biaya. Nah memang biaya untuk bisa kuliah itu tidak gratis, oleh karena itu anda harus berkuliah dengan bersungguh sungguh. Jika anda ingin cepat lulus kuliah di UT. Berikut ini adalah Cara Cepat Lulus Kuliah di UT.

1. Jaga Nilai Agar Tidak Dibawah Minimum

Di UT juga menetapkan nilai minimum. Sebisa mungkin, nilai yang anda raih jangan sampai dibawah nilai minimum tersebut. Apabila nilai salah satu matkul anda ada yang D atau E, maka saya sarankan kepada anda untuk memperbaiki nilai tersebut segera. Jangan sampai anda menambah semester, karena akan sangat sayang sekali lulus anda akan tertunda.

UT memiliki sistem perbaikan nilai melalui program SUO atau bisa mengikuti program HER. Pada sistem ini, sama halnya dengan ujian, anda disuruh untuk mengerjakan ujian atau soal. Sebisa mungkin raihlah nilai yang baik agar nilai anda bagus.

2. Sebisa Mungkin Untuk Selalu Mengambil SKS dengan Jumlah Normal

Setiap universitas memiliki peraturannya masing masing. Ada yang menetapkan batas maksimum SKS yang boleh diambil. Nah jika anda ingin cepat lulus, maka saran saya ialah selalu ambil SKS dengan jumlah yang normal atau malah lebih. Dan tentu saja, itu semua harus cocok dengan budget anda. Jika budget anda lebih dan nilai anda baik, maka anda bisa kok mengambil SKS dalam jumlah yang lebih.

Biaya yang murah tersebut memang tidak terlalu memberatkan bagi mahasiswanya. Oleh karena itu, sembari bekerja, anda bisa berkuliah. Dengan bekerja, anda pun juga bisa mendapatkan uang tambahan guna membayar UKT anda setiap semesternya.

3. Ikuti Tutorial yang Ditawarkan Oleh Pengelola Apabila Ada Materi yang Belum Paham

Universitas Terbuka terkadang juga menyediakan tutorial yang bisa anda ikuti. Tentu anda harus mengeluarkan biaya lagi. Nah jika anda memiliki biaya lebih, tak ada salahnya anda untuk mengikuti tutorial tambahan guna memperdalam ilmu anda di kuliah.

Tutorial ini akan sangat membantu anda untuk menstabilkan nilai anda. Dengan nilai yang stabil, maka anda bisa kok lulus cepat dengan mengambil SKS yang lebih. Mungkin anda bisa lulus hanya dengan waktu 3.5 tahun saja untuk S1.

4. Kerjakan Semua Tugas

Kebanyakan mahasiswa tidak lulus cepat karena terkendala nilai yang tidak memenuhi syarat, misalnya dapat nilai D. Akibatnya mahasiswa mau tidak mau harus mengulang lagi mata kuliah yang nilainya jelek, itulah yang terkadang membuat malas dan semakin lama lulus kuliahnya di universitas terbuka.

Rendahnya nilai suatu mata kuliah paling sering terjadi disebabkan karena Mahasiswa malas mengerjakan tugas.

5. Fokus dan Manajemen Waktu Yang Baik

Di UT kunci cepat lulus kuliah adalah manajemen waktu yang baik, biasanya UT dimanfaatkan oleh para karyawan yang sedang bekerja dan pengen kuliah. Karena siang harinya digunakan untuk bekerja, maka ada waktu malam untuk kuliah dan belajar.

Beri alokasi waktu secara disiplin untuk kuliah, dan tidak boleh ada yang mengganggu kecuali keadaan sangat genting. Jadi, atur waktu baik-baik yaa.. Jangan lupakan kuliahmu, dan jangan abaikan juga pekerjaanmu.

Jurusan di UT

Lalu apa saja sih jurusan yang ditawarkan oleh Universitas Terbuka ini? Sebenarnya ada banyak jurusan yang ditawarkan. Dan semua rata rata jurusan tersebut untuk mahasiswa sarjana. Berikut ini adalah jurusan jurusan di Universitas Terbuka.


Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan:
  • Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • Pendidikan Bahasa Inggris
  • Pendidikan Biologi
  • Pendidikan Fisika
  • Pendidikan Kimia
  • Pendidikan Matematika
  • Pendidikan Ekonomi
  • Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  • Teknologi Pendidikan
  • Pendidikan Guru Sekolah Dasar(PGSD)
  • Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD)
Fakultas Ekonomi:
  • Ekonomi Pembangunan
  • Ekonomi Syariah
  • Manajemen
  • Akuntansi
  • Akuntansi Keuangan Publik

Fakultas Sains dan Teknologi:
  • Statistika
  • Matematika
  • Biologi
  • Teknologi Pangan
  • Agribisnis
  • Bidang minat Penyuluhan dan Komunikasi: Pertanian/Peternakan/Perikanan
  • Perencanaan Wilayah dan Kota
  • Sistem Informasi

Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik:
  • Administrasi Publik
  • Administrasi Publik bidang minat Administrasi Kepegawaian dan Manajemen Kepegawaian
  • Administrasi Bisnis
  • Ilmu Hukum
  • Ilmu Pemerintahan
  • Ilmu Komunikasi
  • Perpustakaan dan Sains Informasi
Sosiologi
  • Sastra Inggris bidang minat Penerjemahan 
  • Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi (D4)
  • Administrasi Administrasi Pajak (D3)
Demikian informasi tentang cara pintar cepat lulus kuliah di UT, semoga kalian yang saat ini kuliah baik di UT maupun PTN/PTS lainnya dapat dimudahkan kuliahnya sehingga cepat lulus. Tipsnya adalah fokus dan jangan cari kesibukan lain yang kurang bermanfaat. Terimakasih !!.

Baca juga : Prospek Kerja Kuliah Jurusan Ekonomi Pembangunan

Belum ada Komentar untuk "√ Cara Cepat Lulus Kuliah di UT (Universitas Terbuka)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel