√ 9+ Tips Saat Interview Yang Perlu Anda Pahami

Tips Saat Interview - Dalam melakukan pendaftaran kerja, tentunya harus melalui beberapa tahapan. Salah satunya yaitu dengan tahapan interview. Tahapan ini merupakan yang paling menentukan dalam proses pendaftaran. Diterima atau tidaknya, disinilah penentuannya. Jadi, sangat penting untuk bisa memberikan yang terbaik dalam tahapan interview . Jadi, anda perlu paham mengenai tips saat interview agar hasilnya maksimal.

Sampai saat ini, begitu banyak yang gagal pada tahapan interview. Terutama, pada tahapan untuk interview yang dilalui. Sebenarnya, pada tahapan ini tidaklah sulit. Hanya saja, memang harus memperhatikan beberapa hal. Termasuk saat berhadapan langsung dengan HRD tersebut. Tenang, anda tidak perlu bingung. Ketahui tips saat interview agar bisa berjalan dengan baik.

Beberapa Tips Saat Interview

Tips saat interview
Tips saat interview
Saat menjalani interview anda bisa menggunakan beberapa tips dibawah ini. Ini dia beberapa tips dan cara interview yang baik agar bisa diterima:

1. Jaga Sikap Setiap Saat
Sangat penting! Untuk anda yang sedang menjalani interview kerja di pt harus menjaga sikap. Untuk sikap yang anda jaga bukan hanya saat bertemu dengan HRD saja. Melainkan, mulai dari masuk ke ruangan. Bahkan, saat anda menunggu di lobi alangkah lebih baiknya untuk bisa tetap menjaga sikap. Karena, bisa jadi orang lain sedang memperhatikan sikap anda.

Cobalah untuk membaur kepada peserta yang lainnya. Karena, hal ini tentu lebih baik dibandingkan anda sibuk dengan membuka handphone terus menerus. Namun, jaga tata krama juga saat membaur. Jangan gunakan bahasa yang tidak dipahami, serta untuk suaranya tidak terlalu keras.

2. Berjabat Tangan Saat Masuk Ruangan
Ya, salah satu hal yang memang harus anda lakukan yaitu berjabat tangan saat masuk ruangan. Untuk itu, anda harus mempersiapkannya semua secara penuh. Bagaimana caranya? Mudah sekali! Rapikan terlebih dahulu barang bawaan anda. Jika anda membawa handphone, maka letakan pada saku bagian celana. Pastikan handphone sudah dalam kondisi silent.

Selanjutnya, jika anda membawa CV maka bawa pada tangan dibagian kiri. Setelah itu, untuk tangan bagian kanan bisa digunakan untuk membuka pintu dan berjabat tangan. Saat sedang berjabat tangan, pastikan anda percaya diri. Jika sudah, jangan duduk terlebih dahulu. Tetapi, tunggu dipersilahkan maka selanjutnya anda bisa duduk.

3. Kurangi Rasa Gugup
Gugup saat berwawancara? Itu wajar, tetapi jangan biarkan hal tersebut menjadi masalah buat anda. Karena, jika anda gugup akan sangat terlihat perbedaanya. Mulai dari kondisi tubuh yang memang tidak bisa diam ataupun lainnya. Cobalah untuk tetap rileks dan konsentrasi terhadap apa yang sedang dijalani.

Tentunya, banyak dari kandidat yang berusaha agar tetap bisa rileks. Jadi, bagaimana jika anda gugup? Justru, hal ini akan mengurangi poin anda di mata HRD. Banyak cara yang bisa digunakan untuk mengurangi rasa gugup. Sebagai contoh, sebelum masuk ke ruangan interview anda bisa membaca doa terlebih dahulu. Atau, bisa juga dengan mengkonsumsi permen.

4. Komunikatif
Pada saat interview tentu akan banyak pertanyaan yang disampaikan. Tetapi, bagaimana jawaban yang diberikan pada saat menjawab pertanyaan tersebut? Jangan jawab dengan seadanya. Melainkan, berikan jawaban yang memang komunikatif.

Cobalah untuk memberikan jawaban yang berkualitas. Tambahkan beberapa data yang mungkin menunjang untuk menjawab pertanyaan tersebut. Karena, dari hal inilah HRD dapat memahami bahwa anda memiliki kualitas yang baik dalam berkomunikasi. Termasuk pada saat perkenalan, maka berkenalannya dengan sebaik mungkin!

5. Berpenampilan Menarik
Sudahkah anda berpenampilan menarik saat mengikuti interview? Ternyata, hal ini penting lho! Jadi, HRD tidak hanya melihat skill anda saja. Melainkan, penampilan juga perlu untuk diperhatikan. Karena, dengan penampilan yang terbaik membantu anda agar lebih percaya diri. Tentunya, banyak dari anda yang lebih percaya diri menggunakan baju bermerek.

Memang, hal ini tidak bisa dianggap sepele. Jadi, saat mengikuti interview alangkah baiknya untuk memperbaiki penampilan. Gunakanlah baju yang sesuai pada persyaratannya. Serta, dalam kondisi yang baik dan bersih. Jadi, HRD juga nyaman untuk melihat anda. Biasanya, banyak dari HRD yang memperhatikan penampilan karena dapat mengetahui kondisi dari seseorang saat sudah bekerja nanti.

6. Sebutkan Pengalaman Anda
Penting! Jangan ragu untuk menyebutkan pengalaman anda. Karena, hal ini merupakan salah satu yang cukup penting. Dengan menyebutkan pengalaman, setidaknya HRD akan paham bahwa anda pernah bekerja. Terutama, sebutkan pengalaman yang memang relevan dengan pekerjaan yang anda lamar.

Dengan begitu, tidak menuntut kemungkinan HRD akan mulai tertarik dengan pribadi anda. Jelaskan secara lengkap mengenai detail dari pekerjaan yang anda lakukan. Lalu, tawarkan ketertarikan anda dengan pekerjaan yang dilamar. Kemungkinkan, HRD akan menanyakan beberapa pertanyaan terkait. Jangan ragu! Jawab dengan benar dengan bahasa komunikasi yang baik.

7. Jangan Menjelekkan Perusahaan Lama
Saat sedang interview jangan sekali-kali menjelekan perusahaan lama. Karena, hal ini sangat tidak etis untuk disampaikan. Meskipun, anda memiliki masalah pada perusahaan tersebut. Tetapi, tetaplah memiliki pendirian yang baik. Yaitu, fokus pada apa yang sedang anda jalani. Karena, hal inilah yang memang sejatinya sangat penting untuk dilakukan.

Meskipun, tidak jarang justru interviewer yang menanyakan masalah tersebut. Tetap jawab dengan hal yang baik. Jangan pernah sedikitpun menjelekan perusahaan tempat sebelumnya anda bekerja. Jawablah dengan hal yang memang positif. Serta, ceritakan hal-hal yang memang baik. Karena, jika anda melakukan sebaliknya. Perusahaan akan khawatir jika anda melakukan hal seperti itu juga. Tentunya, citra dari perusahaan akan menjadi kurang baik.

8. Berikan Pertanyaan
Pada tahapan interview ini, bukan HRD yang bertanya. Tetapi, anda juga bisa bertanya kepada HRD. Justru, hal ini akan memberikan nilai plus untuk anda. Karena, dengan memberikan pertanyaan memungkinkan untuk bisa mendapatkan lebih banyak informasi mengenai perusahaan. Selain itu, hal ini juga menjadikan ketertarikan dari HRD.

Setidaknya, HRD menjadi paham bahwa anda memiliki antusias yang tinggi pada perusahaan. Dibandingkan, anda hanya diam dan menjawab pertanyaan dari HRD. Cobalah untuk mengajukan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan perusahaan. Namun, jangan terlalu banyak bertanya mengenai apa yang memang sudah anda ketahui.

9. Akhiri Dengan Baik Baik
Setelah melakukan proses interview, kemudian langkah apa yang akan anda lakukan? Sebaiknya, akhiri perbincangan tersebut dengan baik-baik. Karena, interview yang baik harus diakhiri dengan hal yang baik pula. Caranya, yaitu dengan mengucapkan terima kasih atas ketersediaan waktu karena telah memanggil anda untuk interview.

Selanjutnya, berdiri dan berjabat tangan dengan dengan semangat. Berikan senyuman yang terbaik pada HRD dan mulailah untuk pergi meninggalkan ruangan dengan tidak terburu-buru. Selanjutnya, anda bisa meninggalkan tempat interview dengan baik. Lalu, anda perlu berdoa semoga ini menjadi jalan terbaik untuk bisa menemukan tempat kerja!


Bagaimana, sangat mudah bukan? Tentunya! Sekarang, anda tidak perlu ragu lagi untuk dapat menjalani interview. Karena, dengan menggunakan tips saat interview diatas membuat anda menjadi lebih siap untuk menjalani wawancara. Semoga sukses!

Belum ada Komentar untuk "√ 9+ Tips Saat Interview Yang Perlu Anda Pahami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel