8 Tips Cepat Lulus Kuliah Agar Kuliahnya 3,5 Tahun Saja

Tips Cepat Lulus Kuliah - Semua mahasiswa tentu ingin lulus dengan lebih cepat. Bahkan, saat pertama kali berangkat kuliah pasti banyak yang menginginkan ingin lulus cepat dengan nilai yang memuaskan. Umumnya, untuk kuliah sampai lulus sarjana membutuhkan waktu 4 tahun. Waktu tersebut merupakan normal dan sudah banyak kok yang lulus dengan tepat waktu. Walaupun ada juga beberapa mahasiswa yang malas-malasan, sehingga lulusnya butuh waktu 5 - 6 tahun lamanya.

Ngomong-ngomong tentang dunia perkuliahan, kamu juga bisa lho lulus dengan cepat. Yaitu, hanya membutuhkan 3.5 Tahun saja untuk menjadi seorang sarjana. Sepertinya, waktu yang cukup singkat bukan? 

Lulus dengan cepat juga akan membantu kalian untuk menghemat biaya perkuliahan. Karena, kalian tidak perlu membayar biaya semesteran selanjutnya. Menarik bukan? Tenang, pasti bisa kok cepat lulus kuliah, yakin deh tinggal ikuti tips cepat lulus kuliah dibawah ini saja.
 

8 TIps Cepat Lulus Kuliah

Tips cepat lulus kuliah
Tips cepat lulus kuliah
Untuk anda yang ingin cepat lulus kuliah maka bisa menggunakan beberapa tips dibawah ini. Berikut tips yang bisa digunakan:
 
1. Buat Target Untuk Lulus
Semua apa yang anda lakukan memang harus diberikan target. Termasuk untuk kelulusan dari kuliah ini. Sebenarnya, untuk target ini harus disusun sejak awal anda masuk perkuliahan. Namun, jika sudah berjalan beberapa semester maka tidak masalah. Cobalah untuk mulai membuat target dari kelulusan anda.
 
Apakah anda ingin lulus dengan cepat atau tidak? jika ‘YA’, maka yakinkah diri untuk bisa semangat lulus sarjana dengan waktu 3.5 tahun. Tentu, akan banyak tantangan jika anda ingin lulus dengan waktu yang cepat tersebut. Tetap pada pendirian dan percaya bahwa target lulus dengan cepat bisa anda lakukan!
 
2. Rajin Berangkat Kuliah
Buat anda yang ingin cepat lulus, maka harus rajin berangkat kuliah. Setiap mata kuliah memiliki peraturan yang berbeda-beda. Ada yang memang harus rutin berangkat dan tidak. Namun, alangkah baiknya untuk anda bisa rajin berangkat kuliah. Pemahaman mengenai mata kuliah tidak bisa didapatkan secara instan.
 
Bahkan, ada beberapa materi yang memang harus anda explore secara mandiri. Untuk itu, anda harus rajin berangkat kuliah. Biasanya, dosen hanya mengijinkan anda bolos maksimal 3 kali. Jika lebih dari itu, anda tidak bisa mengikuti UAS. Hasilnya, tentu nilai akan menjadi buruk. Untuk menghindari hal tersebut, anda harus berangkat dengan rutin. Jangan sampai,nilai anda buruk dan harus mengulang di semester selanjutnya. Karena, bisa membuat waktu untuk lulus semakin lama.
 
3. Nilai Harus Baik
Tentu, jika ingin cepat lulus maka harus memiliki nilainya harus baik. Setiap mata kuliah setidaknya harus minimal bernilai B. Semua nilai mata kuliah yang bernilai B sudah cukup baik untuk kelulusan anda. TIdak hanya nilainya saja yang baik, namun untuk IPK juga harus baik. Setiap semester memiliki IPK masing-masing. Maka, usahakan anda berada dinilai 3.0 keatas.
 
IPK tersebut tentu sudah cukup baik untuk bisa mendapatkan kesempatan lulus cepat. Beberapa kampus memberikan ketentuan tersendiri dalam pengambilan SKSnya. Jika nilai anda baik, maka diperbolehkan mengambil lebih banyak SKS. Selalu pastikan bahwa anda memiliki nilai yang baik.
 
4. Manfaatkan Pengambilan SKS
Tidak banyak yang tahu, bahwa nilai baik juga bisa memperoleh kesempatan lebih besar. Beberapa kampus memiliki ketentuan tersendiri dalam pengambilan SKSnya. Sebagai contoh, untuk mahasiswa yang memiliki IPK lebih dari 3 maka bisa mengambil SKS 24. Jika mata kuliah anda pada semester hanya ada 20 saja, maka sisa 4 SKS tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengambil mata kuliah semester atas.
 
Inilah yang masih tidak diketahui oleh mahasiswa. Mereka lebih cenderung mengikuti ketentuan standar dari pengambilan SKS. Jika anda bisa memanfaatkan momen ini, maka bisa mempercepat proses perkuliahan. Hasilnya, sudah pasti anda bisa lulus dengan cepat. Jadi, cobalah tips yang satu ini di semester depan!


5. Persiapkan Diri Sebelum Ujian
Dalam perkuliahan, terdapat kuis dan ujian setiap mata kuliah. Jadi, para mahasiswa harus menyelesaikan ujian agar bisa mendapatkan nilai. Setiap dosen memiliki ketentuan yang berbeda dalam penilaiannya. Ada yang kuis sebesar 15%, UAS 30% dan yang lainnya.
 
Untuk itu, cobalah cek ketentuan untuk mata kuliah anda. Apakah ada yang memiliki penilaian yang tinggi pada kuis dan ujian semester? Jika ‘YA’ maka anda harus mempersiapkan diri lebih baik lagi pada ujiannya. Usahakan,anda bisa menjawab soal dengan baik untuk bisa memperoleh nilai yang maksimal. Jangan sia-siakan waktu untuk tidak mempersiapkan diri, karena itu hanya membuat anda menjadi lulus lebih lama. Mulai persiapkan diri anda dari sekarang!
 
6. Membangun Relasi
Siapa bilang membangun relasi itu tidak penting? Justru, hal ini harus dilakukan. karena, dengan membangun relasi akan membuat anda lebih tahu banyak pengalaman dari orang lain. Cobalah untuk menjalin kedekatan dengan mahasiswa tingkat ata atau dosen. Jangan ragu untuk melakukan hal ini.
 
Sejatinya, anda yang memang harus mencari informasi lebih giat. Berkonsultasi langsung dengan dosen untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap. Atau, jika anda membutuhkan informasi mengenai perkuliahan atas bisa bertanya pada mahasiswa tingkat atas. Bisa juga untuk berkonsultasi mengenai tugas yang diberikan. Jadi, memang sangat penting untuk bisa membangun relasi!
 
7. Jangan Malas
Rasa malas hampir pernah dirasakan oleh semua orang. Termasuk para mahasiswa yang sering kali merasakan malas. Bagaimana mungkin anda bisa cepat lulus jika rasa malas tersebut selalu dibiarkan begitu saja? Mulai sekarang, beranilah untuk bisa lebih bisa menghilangkan rasa malas! Jangan biarkan rasa malas tersebut menjauhkan anda dari kelulusan.
 
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghindari rasa malas. Seperti melakukan berbagai macam aktivitas penting yang anda butuhkan. Intinya, buat diri anda sibuk namun yang memiliki manfaat. Bukan sibuk bermain game yang tentunya tidak memiliki manfaat. Terlebih, jika anda bisa menyibukkan diri untuk keperluan kelulusan anda maka sangat bagus. Sebagai contoh, sibukan diri untuk mulai mencari tema skripsi nantinya. Kemudian, pelajari secara lengkap agar bisa lebih paham 
terhadap skripsi yang anda kerjakan.
 
8. Sering Melakukan Diskusi
Diskusi merupakan salah satu jembatan dari pengetahuan. Dengan melakukan diskusi, anda bisa mendapatkan banyak informasi dari orang lain. Sebagai mahasiswa hal ini tentu sangat penting. Karena, dalam perkuliahan bukan hanya mengenai nilai yang bagus saja.
 
Melainkan, juga tentang bagaimana anda memiliki softskill. Untuk itu, anda bisa memulainya dengan diskusi. Berdiskusi bisa dilakukan dengan bermacam cara. Seperti berdiskusi dengan mahasiswa, dosen, organisasi atau mengikuti seminar. Jangan sampai, diri anda terlena dengan kenikmatan yang membawa anda pada rasa malas berlebihan. Selain itu, hal ini juga bisa untuk meningkatkan TAK sebagai persyaratan dalam mengikuti Sidang. jad, bisa anda siapkan mulai sekarang.
 

Bagaimana, sangat mudah bukan untuk bisa lulus kuliah dengan cepat? Tips cepat lulus kuliah diatas sudah terbukti banyak yang berhasil lho. Setelah anda menyelesaikan kuliah dengan cepat, maka bisa melanjutkan ke proses pendaftaran kerja dan menunggu wisuda. Jadi, yakin anda tetap ingin kuliah dengan waktu yang lama? Ayo, lebih semangat untuk kuliah agar bisa segera lulus!

Belum ada Komentar untuk "8 Tips Cepat Lulus Kuliah Agar Kuliahnya 3,5 Tahun Saja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel