30+ Tips Cepat Dapat Kerja Dalam 1 Minggu

Tips cepat dapat kerja - Sebagian dari kamu mungkin bingung dalam mencari pekerjaan. Berbagai macam lulusan mulai dari SMA,SMK, Sarjana dan lainnya banyak yang mengeluhnya sulit untuk mencari pekerjaan. Dalam mencari pekerjaan memang tidak sembarangan. Tentunya, kamu menginginkan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat kamu bukan?
Tips cepat dapat kerja
Tips cepat dapat kerja
Permasalahannya, tidak semua lowongan pekerjaan yang tersedia saat ini belum tentu sesuai dengan minat dan bakat kita. Padahal kita sudah pengen banget untuk segera bekerja, bukankah begitu? Sebagai solusinya kamu dapat membaca tips cepat dapat kerja berikut ini, siapa tahu dapat memberi kamu solusi dan segera mungkin mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan.

Mendapatkan pekerjaan sesuai dengan yang kita harapkan memang bukan perkara yang mudah, meskipun, banyak lowongan pekerjaan yang tersedia. Kadangkala lowongan yang ada itu tidak sesuai dengan kualifikasi kita, apalagi kalau kita adalah seorang fresh graduate yang tidak memiliki pengalaman. Ada juga pas ketemu posisi yang cocok, ehh ternyata tempatnya jauh dari rumah. 

Kendala-kendala pada saat mencari kerja tersebut harus kita atasi, salah satunya adalah dengan memperhatikan beberapa tips cepat dapat kerja berikut ini. Kamu akan diberikan tips bagaimana kamu harus memiliki sesuatu yang menjual yang ada pada diri kita, sehingga perusahaan itu dapat tertarik atau minimal melirik lamaran yang telah kita kirim. Kamu juga harus selalu update tentang lowongan kerja terbaru, kamu bisa cari di internet, surat kabar, atau kamu juga bisa memanfaatkan temanmu, tapi jangan jadi teman yang brengsek ya.


Penyebab Sulit Cepat Dapat Kerja

Jika kamu sudah terlalu lama menganggur karena lamaranmu tidak diterima-terima oleh perusahaan mungkin kamu harus intropeksi diri, mungkin ada yang salah pada dirimu entah karena posisi kerjanya yang tidak sesuai dengan pendidikanmu atau karena kamu terlalu idealis dalam memilih pekerjaan. Setidaknya ada beberapa penyebab mengapa kamu sulit untuk mendapatkan pekerjaan, seperti : 

penyebab sudah dapat kerja
1. Kualifikasi tidak sesuai
Setiap lowongan kerja pasti terdapat kualifikasi atau syarat-syarat terntentu bagi para pelamar kerja, tujuannya ya untuk menjaring para pencari kerja agar hanya yang sesuai persyaratan saja yang mendaftar. Jika kamu nekat mendaftar pekerjaan, padahal tidak sesuai dengan kualifikasi yang diberikan yaa pasti akan ditolak.

Misal nih syarat pendidikannya minimal Sarjana, padahal kamu adalah lulusan Diploma ya kemungkinan kamu akan ditolak. Walaupun bukan tidak mungkin kamu bisa diterima asalkan kamu punya alasan yang kuat mengapa perusahaan itu harus memilih kamu.

Selain pendidikan yang paling membuat banyak orang tidak keterima kerja adalah pengalaman, kan sering tuh kita melihat sebuah lowongan yang mensyaratkan harus memiliki pengalaman minimal 2 tahun di bidang yang sama. Kalau kamu tidak memiliki pengalaman / fresh graduate ya kemungkinan besar akan tersingkir, tips cepat dapat kerjanya adalah cari lowongan yang menerima fresh graduate atau kamu ikut magang terlebih dahulu agar cepat dapat kerja.

2. Fresh Graduate tapi Terlalu Idealis
Bagi kamu yang belum memiliki pengalaman apapun sebaiknya jangan terlalu idealis, apa maksudnya idealis? Yaitu terlalu memaksakan harus posisi ini, gaji sekian, perusahaan itu dll. Akibatnya karena kamu tidak sesuai kualifikasi maka akan ditolak oleh perusahaan.

Maka tips cepat dapat kerja yang cocok buat kamu yang terlalu idealis adalah turunkan egomu, lebih baik fokus mencari pengalaman terlebih dahulu. Baru ketika sudah memiliki pengalaman kerja, kamu pasti akan lebih mudah keterima kerja di tempat yang kamu inginkan.

Pokoknya nikmati dulu prosesnya, karir itu dibangun dari bawah. Perlahan-lahan seiring bertambahnya skills atau kemampuan yang kamu miliki pasti banyak kok perusahaan yang pengenin kamu buat bekerja ditempatnya, percaya deh !.

3. No Skills
Selain diperhatikan kamu lulusan apa dan dimana, perusahaan juga melihat skills yang kamu miliki. Mereka yang tidak memiliki skills apapun yang ditulis di CV akan dipinggirkan terlebih dahulu, karena perusahaan pasti akan memilih mereka yang memiliki kemampuan yang dengan kemampuan tersebut dapat membantu melaksanakan pekerjaan pada posisi tersebut.

Skills apa yang dilirik perusahaan? Banyak, skilss seperti kemampuan memimpin, mengatur dan berbicara di depan umum akan sangat berguna untuk kamu, bahasa kerennya sih soft skills. Kamu bisa menulis di CV mu tentang pengalaman soft skillsmu misalnya pernah menjadi ketua OSIS, juara pidato, juara debat dan lain sebagainya.

Selain soft skills, kamu juga bisa kok memaksukan skills-skills lain seperti olahraga, desain grafis, editing video, menulis dan masih banyak lagi.

4. Melakukan Kesalahan Saat Seleksi
Ketika perusahaan sudah tertarik dengan lamaran yang telah kamu kirim, pasti kamu akan dipanggil untuk menjalankan tes selanjutnya seperti psikotes, tes kesehatan dan tes interview. Seringkali banyak mereka yang menyepelekan tahapan ini, misalnya dengan melakukan kesalahan-kesalahan kecil seperti pakaian tidak rapi, berbicara tidak sopan, atau bahkan salah menjawab pada saat interview kerja.

Maka dari itu kamu harus sering-sering berlatih, dan mengetahui strategi-strategi agar diterima kerja oleh perusahaan. Salah satunya ya dengan membaca artikel tips cepat dapat kerja berikut ini. Pada saat tahapan seleksi ini, kamu harus berhati-hati dan jangan sampai membuat kesalahan-kesalahan fatal seperti salah memnjawab saat seleksi, datang tidak tepat waktu, atau menjawab soal psikotes dengan asal-asalan.


9 Tips Cepat Dapat Kerja Paling Ampuh

Ketatnya persaingan dalam mencari pekerjaan tidak boleh membuat kamu patah semangat apalagi menyerah, kamu harus tekun dan yakin kamu akan diterima di perusahaan yang kamu inginkan. Semoga saja setelah membaca tips cepat dapat kerja yang akan kami share ini, kamu segera dapat kerja di tempat yang kamu inginkan, dan di posisi yang kamu inginkan pula. Okee check it out..

1. Temukan Banyak Relasi
temukan-relasi
Salah satu cara yang harus kamu lakukan yaitu dengan menemukan banyak relasi. Karena, relasi merupakan salah satu kunci dari informasi kamu. Semakin banyak relasinya, maka akan semakin mudah pula dalam menemukan informasi terkait dengan pekerjaan. 

Jangan ragu untuk bertanya kepada teman yang pernah berjuang bersamamu. Selain itu, tanyakan juga informasi seputar lowongan pekerjaan kepada teman yang sudah bekerja di suatu perusahaan. Terkadang, dari sinilah kamu bisa mendapatkan informasi mengenai pekerjaan. Bahkan, orang tersebut bisa saja merekomendasikan kamu kepada bosnya. Menarik bukan tips cepat dapat kerja yang pertama ini?

2. Masuk Ke Portal Pencarian Kerja
portal-lowongan-kerja
Saat ini, sudah banyak kemudahan untuk mencari kerja. Salah satunya, yaitu dengan memanfaatkan portal dari pencarian kerja. Di Indonesia sendiri sudah begitu banyak portal yang tersedia untuk melamar pekerjaan. Biasanya, perusahaan memberikan informasi melalui portal tersebut. Jadi, kamu bisa melakukan filter untuk mendapatkan informasi mengenai pekerjaan yang sesuai.

Tentunya, dalam melakukan pencarian kerja dengan menggunakan portal sangatlah mudah. kamu hanya perlu melakukan registrasi terlebih dahulu. Lalu, lengkapi data diri kamu secara penuh. Jika sudah, kamu bisa melakukan filter terhadap pekerjaan yang akan dilamar. Jika kamu tertarik, bisa mengajukan apply CV ke perusahaan tersebut. Mulailah dengan hal ini!

Beberapa Situs Lowongan Kerja di Indonesia
  • Jobstreet.co.id
  • Jobs.id
  • Karir.com
  • Jobindo.com
  • JobsDB.com
  • Jobindo.com
  • Loker.id
  • Indeed.com

Dari beberapa situs lowongan kerja di atas, saya pernah menggunakan jobstreet.co.id. Dari pengalaman pribadi sih mudah pengoperasiannya, cukup sekali klik dan tulis beberapa kata pembuka sudah bisa mengirim lamaran ke perusahaan.

3. Mengikuti Job Fair
tips cepat kerja - job fair

Tips cepat dapat kerja yang selanjutnya adalah dengan mengikuti job fair yang biasanya diadakan di kampus-kampus seluruh Indonesia. Kegiatan job fair memang sangat membantu baik perusahaan atau pelamar. Karena, disinilah tempat mereka bisa mendapatkan pelamar dan pekerjaan yang sesuai. Pertemuan ini tentunya harus dimanfaatkan dengan baik oleh para pelamar. Terutama, untuk para lulusan baru atau fresh graduate.

Cara cepat mendapatkan pekerjaan yang diinginkan dengan mengikuti job fair ini terbilang sudah terbukti. Karena faktanya memang sudah begitu banyak masyarakat yang memang terbantu dengan adanya job fair ini. Satu kali job fair biasanya ada sekitar 50 perusahaan yang turun langsung untuk mencari SDM yang berkualitas, walaupun demikian kamu harus menunjukan dirimu sebaik-baiknya karena biasanya yang datang juga cukup banyak, bahkan bisa juga ada yang datang dari daerah lain.

Tips Saat Mengikuti Job Fair
  • Selektif memilih perusahaan yang akan dilamar, pastikan sesuai dengan kualifikasimu.
  • Buat CV sebaik mungkin.
  • Berpakaian rapi dan sapa dengan ramah.
  • Persiapkan yang matang, agar proses interview berjalan lancar.
  • Bawa perlengkapan yang mendukung.
  • Siapkan mental dan fisik yang baik.
  • Jangan lupa sarapan ya guys !


4. Buat CV Unik Dan Update
buat cv menarik
Screenshot CV di Canva
Cara cepat dapat kerja yang patut dicoba adalah dengan membuat CV yang lebih unik dan update. CV atau daftar riwayat hidup adalah dokumen yang berisi informasi tentang diri kita mulai dari data diri, pendidikan, pengalaman sampai kesukaan kita.

CV yang menarik menandakan kamu adalah orang yang serius untuk melamar pekerjaan, CV mu juga akan lebih dilirik karena karena perusahaan suka dengan orang-orang yang kreatif, tidak biasa-biasa saja, spesial dan suka dengan orang-orang yang inovatif.

Selain membuat CV yang menarik, buatlah CV yang singkat namun informasinya jelas dan padat. Normalnya 1 halam sudah menggambarkan dirimu siapa, jangan sampai membuat CV yang bertele-tele dan berlembar-lembar.

Tips membuat CV agar cepat dapat kerja
  • Buatlah CV yang terbaru
  • Buatlah CV dengan desain yang menarik dan colorful.
  • Gunakan foto yang menarik, tidak terlalu formal tapi juga tidak terlalu alay.
  • Buatlah CV yang singkat padat dan jelas, jangan bertele-tele dan masukkan informasi yang sekiranya mendukung dirimu.
  • Untuk kamu yang tidak bisa desain grafis, bisa membuat CV di Canva.com yang sudah ada templatenya.

5. Apply Pada Perusahaan Baru
Tips cepat dapat kerja yang ke lima ini cukup disarankan untuk para fresh graduate. Perusahaan yang baru berdiri memang banyak dianggap sebelah mata oleh orang. Padahal, ini bisa menjadi peluang untukmu agar segera dapat bekerja. Perusahaan yang baru akan membutuhkan karyawan dalam jumlah yang sangat banyak, semakin banyak lowongan tersedia tentu kesempatanmu untuk keterima semakin besar pula bukan?

Tapi kamu juga perlu memperhatikan kondisi perusahaan, jika perusahaan baru namun merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan itu sangat disarankan untuk kamu. Tapi jika perusahaan baru yang memang dari "0" kamu perlu mempertimbangkan berbagai hal seperti gaji, jam kerja, job desk dan kompensasi kerjanya.

Kelebihan mendaftar di perusahaan baru ini, kamu akan memiliki kesempatan yang besar untuk naik jabatan suatu saat nanti ketika perusahaan sudah mulai berkembang. Jangan ragu yaa untuk mendaftar di perusahaan yang masih baru.

6. Cek Lowongan Kerja Lebih Rutin
Sejauh ini, sudah berapa tempat kamu melakukan pengecekan terhadap lowongan pekerjaan? 10,20 atau 30 kali melakukan pengecekan? Cobalah untuk bisa melakukan pengecekan dengan lebih sering lagi. Karena, banyak informasi mengenai lowongan pekerjaan di banyak tempat. 

Cek lebih banyak tempat biasa perusahaan memberikan informasi. Seperti di kantor POS, balai pemerintahan, dan lainnya. Serta, kamu juga bisa melakukan pengecekan melalui internet. Karena, saat ini sudah begitu banyak kemudahan dalam mencari lowongan pekerjaan. Cek ke website yang sudah saya sebutkan di poin nomor 2 yaa. Tetap semangat dan terus mencoba!

7. Mendaftar Melalui BKK
Setiap sekolah menengah kejuruan pasti memiliki Bursa Kerja Kursus. Disinilah, untuk para lulusan SMK menjadi tempat yang bisa digunakan untuk mendapatkan pekerjaan. Seharusnya, BKK menjadi tempat informasi yang paling lengkap mengenai lowongan pekerjaan. Biasanya, terdapat guru yang memang menjadi penghubung antara perusahaan dengan pihak sekolah.

Setelah terjalin kerjasama tersebut, maka akan diberikan informasinya pada BKK. Jadi, kamu hanya perlu melihat mading dari BKK itu sendiri dan bila ada lowongan yang tersedia bisa langung kirim lamaran dengan cara datang langsung atau kirim via email. 

8. Kirim CV Lewat Email
Kini, sudah saatnya kalian mencoba untuk bisa mengirimkan lamaran kerja via email. Bayangkan, jika kamu masih mengirimkan menggunakan kantor pos. Maka, berapa biaya yang akan dikeluarkan? Terlebih, jika perusahaan yang dilamar jumlahnya banyak, duhh ribet kan.

Solusinya, sudah banyak perusahaan yang menyediakan pendaftaran melalui email. Setidaknya, setiap hari kamu bisa mengajukan lamaran pekerjaan melalui email pada 10 perusahaan. Lakukan hal tersebut setidaknya dalam 1 Minggu. Secara garis besar, bisa saja kamu mendapatkan jawaban terhadap lamaran yang diajukan.

Apakah tidek ribet melamar pekerjaan via email?
Justru ada kemudahan jika mendaftar via email, kamu hanya perlu mengedit surat lamaran saja. Itupun yang di edit hanyalah "tujuan surat" dan "posisi yang dilamar" saja, ditambah mungkin ada tanggal yang harus disesuaikan dengan waktu pengiriman pada hari itu.

Dan untuk info-info lainnya seperti CV, Ijazah, Foto dan pendukung lainnya tidak perlu kamu edit, kamu hanya perlu melampirkan pada saat pengiriman CV ini. Bahkan menurut saya cara ini lebih efektif daripada kita harus mengirim secara langsung ke Perusahaan, selain ribet juga lebih banyak menghabiskan biaya seperti biaya transport, biaya fotocopy, biaya print, dan biaya beli stopmap. Sementara jika via email? Gratiss !!.

9. Tips Menulis Surat Lamaran Kerja
Surat lamaran kerja adalah salah satu yang dilihat pertama kali oleh HRD, biasanya banyak terjadi kesalahan pada surat lamaran kerja ini seperti menggunakan kata yang tidak baku/tidak resmi, tanggal salah, typo, atau bahkan alamat perusahaannya salah.

Kesalahan pada surat lamaran kerja dapat membuat HRD perusahaan menganggap kamu adalah orang yang tidak teliti, tentu itu menjadi nilai negatif kan untukmu. Maka dari itu pastikan pada saat kamu menulis surat lamaran kerja diteliti baik-baik.

Oh iyaa jika ditulis tangan, maka harus serapi mungkin yaa. Jangan tulis secara asal-asalan, yaa minimal bisa dibaca dengan jelas lah.

Tips menulis surat lamaran kerja
  • Perhatikan tanggal, penerima dan alamat tujuan.
  • Gunakan kata baku dan sesuai dengan EYD.
  • Cantumkan posisi yang dilamar pada stopmap.
  • Bila ditulis tangan, tulis dengan rapi yaa !
  • Jangan sampai ada yang typo.
  • Jangan lupa di tanda tangani juga. 
Baca juga : 10+ Cara Mendapatkan Pekerjaan Dengan Cepat

10. Tips Cepat Dapat Kerja Saat Tes Psikotes
Dalam melakukan rekruitmen karyawan biasa perusahaan menerapkan proses seleksi dalam bentuk tahapan-tahapan, tahapan pertama adalah penyebaran informasi lowongan kerja, dilanjutkan dengan skrining data surat lamaran kerja yang telah masuk untuk mencari pelamar mana yang memenuhi kualifikasi.

Baru setelah itu calon karyawan akan diundang untuk melalui proses seleksi berikutnya, biasanya tes psikotes yang dilanjutkan dengan tes interview. Tes psikotes ini bertujuan untuk mengukur aspek individu secara psikis, dengan kata lain untuk mengetahui mental diri seseorang yang berkaitan dengan kemampuan, kepribadian, intelegnsi, kejujuran dan masih banyak lagi.

Tes psikotes tidak sesulit tes matematikan, tapi yang terpenting ketika melakukan tes psikotes adalah pilih jawaban yang paling baik, bayangkan seolah-olah kamu adalah pribadi yang berkepribadian baik seperti jujur, berintegritas, disiplin, sopan, bisa bekerja sama, dapat menyesuaikan diri, mudah bergaul, dan lain-lain.

Pokoknya jangan sampai kamu menjawab tes psikotes dengan asal-asalan tanpa dibaca terleih dahulu. Ada berbagai macam jenis tes psikotes mulai dari tes army alpha, tes ketelitian, tes motivasi kepemimpinan, tes kerjasama, tes kejujuran dan lain-lain.

Tips Lolos Tes Psikotes
  • Pelajari tentang ragam tes psikotes dan tekhnik menjawabnya.
  • Jawablah dengan dasar seolah-olah kamu menjadi karyawan yang baik di posisi tersebut.
  • Persiapkan diri dengan mental yang baik.

11. Tips Saat Interview Kerja
tips saat interview
Salah satu tahap seleksi sebelum menjadi karyawan di suatu perusahaan adalah interview, tahap ini biasanya digabung dengan tahap psikotes. Tujuan dari interview iini adalah menggali informasi sebanyak-banyaknya dari calon karyawan, informasi-informasi ini juga berkaitan dengan kepribadian dan psikologis calon karyawan.

Selain menanyakan secara langsung berkaitan dengan skills atau kemampuan yang dimiliki. Perusahaan juga akan menilai dari jawaban yang diberikan seperti apakah orang ini jujur atau tidak, disiplin atau tidak, karakternya bagaimana.

Jika kamu belum pernah sama sekali di interview mungkin sedikit gugup, tapi itu wajar kok. Nah buat kalian yang sebelumnya pernah interview seharusnya di interview yang kesekian kalinya ini jangan sampai salah, kamu harus bisa belajar dari yang sebelum-sebelumnya, apalagi rata-rata yang ditanyakan pada saat interview ya itu-itu aja. Apa saja sih emangnya?

Pertanyaan Saat Interview Kerja
  • Coba ceritakan secara singkat siapa dirimu?
  • Apa kelebihan dan kekuranganmu?
  • Mengapa kamu memilih posisi ini? dan apa yang kamu ketahui tentang perusahaan ini?
  • Mengapa kami harus memilih kamu?
  •  + Pertanyaan-pertanyaan seputar teknis pekerjaan (keahlianmu, pengalamanmu, dll)

Tips Saat Interview
  • Datang dengan mengucapkan salam "selamat pagi/siang/".
  • Ramah senyum.
  • Bersikap sewajarnya, dan mengedepankan sopan santun.
  • Jawab pertanyaan secara singkat, padat dan jelas.
  • Jangan curhat dan menjawab secara bertele-tele, cukup jawab apa yang ditanya dan ceritakan yang dapat mendukungmu agar dinilai positif oleh pihak perusahaan.
  • Jangan gugup dan grogi.
  • Hindari kata-kata gaul. tidak sopan dan kata kotor.
Baca juga : Tips Lancar Jawab Pertanyaan saat Interview

Kesimpulan
Mendapatkan pekerjaan dengan mudah adalah impian banyak orang, selain meloloskan dari jeratan pengangguran mendapatkan pekerjaan juga akan membuat kita memiliki penghasilan dan rekan yang baru.

Buat kamu yang sedang mencari pekerjaan, jangan patah semangat yaa ! Kejar terus sampai dapat pekerjaan, jika kamu bersungguh-sungguh dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa pasti kamu akan dipilihkan pekerjaan yang terbaik untukmu. Atau jika kamu sudah lelah mencari pekerjaan kamu bisa mencoba membuat pekerjaan sendiri. Semoga artikel tips cepat dapat kerja dalam 1 minggu ini bermanfaat buat kalian, terimakasih.

Baca juga : 5 Tips Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus Kuliah

Belum ada Komentar untuk "30+ Tips Cepat Dapat Kerja Dalam 1 Minggu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel