Pengenalan Jurusan Teknik Informatika Serta Prospek Kerjanya

Pengenalan Jurusan Teknik Informatika Serta Prospek Kerjanya - Bagi Anda para pencinta dunia teknologi harusnya Anda lebih cocok untuk masuk dalam jurusan Teknik Informatika. Pada era globalisasi saat ini perkembangan teknologi sangat berkembang pesat. Dari hal ini kita sudah mengambil kesimpulan bahwa di masa yang akan datang prospek kerja dalam dunia teknologi sangat di butuhkan sekali. Oleh karena itu, Teknik Informatika adalah pilihan jurusan yang tepat untuk Anda.

Teknik Informatika adalah cabang ilmu yang mempelajari data teknis, rekayasa, evaluasi, bukti, informasi fakta, ilmu pengetahuan dan penelitian dan pengembangan informasi yang terkait atau terkait dengan desain, fungsi, produksi, operasi, penggunaan atau pemeliharaan komputer, perangkat, peralatan, mesin, jaringan, proses, server atau sistem. Teknik Informatika adalah bagian penting dari pengiriman dan pemasangan perangkat mesin atau peralatan.

Dalam Jurusan Teknik Informatika Anda akan dapat mengembangkan kemampuan teknik pemrograman, metode, dan peralatan perangkat lunak. Anda akan dibekali kemampuan untuk merancang, mengembangkan dan menerapkan aplikasi database untuk memecahkan berbagai persoalan bisnis. Memperluas kesadaran Anda akan pemanfaatan berbagai perangkat lunak dan aplikasi dalam organisasi industri dan umum.
Pengenalan Jurusan Teknik Informatika
Pengenalan Jurusan Teknik Informatika

Mengembangkan profesionalisme dan kemampuan untuk belajar dan secara cepat menanggapi perubahan dan kemajuan di area teknologi informasi (IT). Mengembangkan karakter, integritas dan panggilan hidup yang penting untuk kesuksesan dalam karir dan kehidupan yang bermakna.

Banyak sekali bukan! Manfaat yang Anda dapatkan dalam Jurusan Teknik Informatika. Tentu saja hal ini dapat membuat Anda memiliki prospek kerja yang bagus untuk bekal Anda di masa depan nanti.

Mata Kuliah Teknik Informatika!

Jika Anda masih bingung dan bertanya-tanya tentang mata pelajaran apa saja yang di pelajari di Jurusan Teknik Informatika! Anda tidak perlu bingung lagi, karena pada pembahasan di bawah ini kami telah menyediakan mata pelajaran yang di pelajari di Jurusan Teknik Informatika.


A. Mata Kuliah Umum
Mata Kuliah Umum adalah materi yang sifatnya umum bagi semua jurusan, bukan hanya Teknik Informatika saja. Jurusan apapun yang Anda pilih anda akan tetap mendapatkan materi tersebut, materi ini adalah mata kuliah yang sangat umum yang dapat Anda temukan di seluruh kampus yang ada di Negara Indonesia. Berikut ini adalah mata pelajaran yang Anda pelajari di mata kuliah umum.

•    Bahasa Indonesia
•    Bahasa Inggris
•    Metode Penelitian
•    Riset Operasi
•    Pendidikan Kewarganegaraan
•    Ilmu Sosial Budaya
•    Etika Profesi
•    Pendidikan Agama
•    Manajemen dan Kewirausahaan


Seperti yang telah saya jelaskan di atas, mata pelajaran tersebut ada di semua jurusan. Namun mata pelajaran tersebut pasti akan berbeda dengan variasa nama sesuai jurusan yang Anda pilih. Tentu saja ada beberapa mata pelajaran yang masih belum Anda pelajari sebelumnya saat Anda duduk di bangku SMA/SMK, seperti Metode Penelitian, Riset Operasi, dan Etika Profesi.

Oleh karena itu, di sini kami juga memberikan penjelasan mengenai mata kuliah tersebut, agar Anda lebih mengerti sebelum Anda masuk ke Jurusan Teknik Informatika. Berikut ini adalah beberapa penjelasan dari mata kuliah yang belum pernah Anda jumpai semenjak masa SMA/SMK tersebut. Namun, pada pembahasan di bawah ini kami hanya menjelaskan konsep dasarnya saja.

1. Metode Penelitian
Metode Penelitian adalah suatu proses atau cara yang dipilih secara spesifik untuk menyelesaikan masalah yang diajukan dalam sebuah penelitian. Pendapat lain mengatakan bahwa pengertian metodologi penelitian adalah serangkaian langkah-langkah yang sistematis atau terstruktur yang dilakukan oleh peneliti untuk menemukan jawaban yang tepat atas pertanyaan pada objek penelitian.
Jadi dalam mata kuliah ini, Anda akan dapat pelajaran tentang metode-metode terbaik yang bisa Anda lakukan untuk penelitian yang baik dan benar sehingga tersusun secara sistematis atau terstruktur.


2. Riset Operasi
Riset Operasiona adalah disiplin untuk memanfaatkan metode analitik canggih untuk membuat keputusan yang lebih baik dalam industri dan organisasi perusahaan. Proses ini melibatkan penggunaan teknik yang berbeda dari ilmu matematika lainnya seperti model matematika, optimasi matematika dan analisis statistik.

Jadi, dalam mata kuliah ini Anda di berikan pelajaran tentang penelitian operasional yang bertepatan dengan disiplin ilmu lain seperti manajemen operasional, teknik industri, bertujuan menganalisis serta mengetahui laba, dan biaya atau risiko yang diharapkan.
3. Etika Profesi
Etika profesi adalah bidang studi dan penelitian multidisiplin yang tepat waktu dan menarik. Pelajaran yang ditawarkan dalam mata kuliah ini memberikan Anda dasar penalaran etis yang diperlukan untuk menangani masalah etika dan moral kontemporer. Anda akan dihadapkan pada keragaman nilai-nilai budaya, tradisi dan sudut pandang melalui studi berbagai masalah etika dan teori.

Anda akan memperoleh perspektif yang lebih luas tentang masalah etika dan kemampuan untuk menerapkan metodologi yang tepat untuk menemukan solusi praktis di sejumlah sektor swasta dan publik seperti pendidikan, bisnis, media, pemerintah, hukum, politik dan kehidupan sosial.

4. Mata Kuliah Ilmu Matematika
Jurusan Teknik Informatika adalah salah satu juran yang bersifat teknologi dan di kelompokan dalam suatu golongan ilmu Sains dan Teknologi atau Fakultas Teknik, mata kuliah ini lebih khusus terhadap Teknik Elektro dan Ilmu Komputer. Jadi, sangat jelas bahwa hal tersebut sangat membutuhkan pemahaman ilmu matematika serta fisika dasar.


Dalam mata kuliah ilmu matematika ini Anda mendapatkan pelajaran sains yang sama dengan jurusan teknik lainnya, namun hanya berbeda penekanan materi yang di bahas. Ilmu Komputer terbagi menjadi 5 cabang yaitu Teknik Komputer, Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan Teknologi Informasi.

Untuk Teknologi Informasi biasanya lebih mendalam ke jaringan, ilmu dasar dari teknologi informasi biasanya di berikan pada saat Anda sekolah SMK teknik yaitu TKJ atau bisa di sebut juga Teknik 

5. Komputer Jaringan.
Sangat berbeda dengan Teknik Informatika, di jurusan ini hanya akan di fokuskan pada pembelajaran Software atau perangkat lunak. Perangkat lunak atau software sendiri disusun berdasarkan pembahasan yang sistematis atau Algoritma.

Algoritma biasanya disusun berdasarkan persamaan rumus matematika ataupun logika yang kompleks, jadi ga mungkinlah mau kuliah IT kok malah menghindari Matematika. 

Berikut ini adalah beberapa mata kuliah yang akan Anda jumpai di ilmu matematika.
•    Fisika Dasar
•    Kalkulus I
•    Kalkulus II
•    Logika Matematika
•    Matematika Diskrit
•    Aljabar Linier
•    Matrix
•    Metode Numerik
•    Statistik

Itu dia beberapa mata kuliah yang akan kalian jumpai di  ilumu matematika. Kalau anda tidak suka Matematika sudah jelas anda keteteran, kelabakan dan Panik. Tapi jika anda jurusan IPS apakah tetap bisa kuliah di TI? Bisa saja asal anda tekun dan sabar, namun kalau tidak sanggup saya sarankan masuk kejurusan Sistem Informasi saja.

Mata kuliah diatas biasanya di ambil saat semester 1 sampai III, artinya jika anda Mendapat nilai jelek di tahun-tahun awal Kuliah, anda akan lebih kesulitan meningkatkan IP disemester Berikutnya. Namun, ada juga beberapa mata pelajaran yang masih belum Anda pelajari sebelumnya saat Anda duduk di bangku SMA/SMK, seperti Kalkulus dan Metode Numerik.

Oleh karena itu, di sini kami juga memberikan penjelasan mengenai mata kuliah tersebut, agar Anda lebih mengerti sebelum Anda masuk ke Jurusan Teknik Informatika. Berikut ini adalah beberapa penjelasan dari mata kuliah yang belum pernah Anda jumpai semenjak masa SMA/SMK tersebut. Namun, pada pembahasan di bawah ini kami hanya menjelaskan konsep dasarnya saja.

B. Mata Kuliah Inti Jurusan Teknik Informatika
Dalam mata kuliah inti di jurusan Teknik Informatika, ada 3 bagian yang bisa Anda temukan yaitu, mata kuliah dasar teknik informatika, mata kuliah konsentrasi, dan mata kuliah pilihan. Di bawah ini kami juga telah menyediakan penjelasan mengenai 3 mata pelajaran yang akan Anda temukan di Mata Kuliah Inti Teknik Informatika.

Mata Kuliah dasar Teknik Informatika
•    Pengantar Teknologi Informasi
•    Algoritma
•    Pemprograman
•    Struktur Data
•    Jaringan Komputer
•    Organisasi Komputer
•    Multimedia

Mata kuliah dasar teknik informatika tersebut telah di fokuskan pada skill dan kebanyakan mata kuliah ini ada praktikum dari teknik informatika. Di sini kami akan menjelaskan sedikit tentang beberapa mata pelajaran tersebut. Terutama Algoritma, karena algoritma adalah yang terpenting untuk menyusun suatu masalah atau pengerjaan secara sistematis.

1. Pengantar Teknologi Informasi
Teknologi Informasi biasanya lebih mendalam ke jaringan, ilmu dasar dari teknologi informasi biasanya di berikan pada saat Anda sekolah SMK teknik yaitu TKJ atau bisa di sebut juga Teknik

2. Komputer Jaringan.
Dalam Teknik Informasi Anda akan mempelajari tentang bagaimana membuat jaringan dan membagi batas kecepatan jaringan tersebut serta masih banyak lagi hal yang kalian pelajari dari mata pelajaran ini. Intinya mata pelajaran ini lebih fokus terhadap hardware atau perangkat keras.

3. Algoritma
Secara umum dalam ilmu matematik dan ilmu komputer, algoritma adalah urutan atau langkah-langkah yang di gunakan untuk perhitungan serta cara untuk penyelesain masalah atau suatu pengerjaan. Algoritma dalam Teknik Informatika bisa di definisikan sebagai suatu penyelesain masalah yang tersusun secara sistematis atau terstruktur yang di gunakan untuk sebuah pemrograman komputer.

5. Pemrograman
Pemrograman adalah suatu proses membuat atau menguji suatu program yang akan anda jalankan. Dalam konteks ini Anda akan menjumpai berbagai macam bahasa pemrograman yang biasa di gunakan untuk membangun sebuah aplikasi.

6. Jaringan Komputer
Dalam materi ini, Anda di fokuskan pada pembelajaran jaringan komputer. Seperti contoh yang sering Anda pelajari di SMA/SMK yaitu pengertian Internet, seperti LAN, MAN, dan WAN. Dalam mata kuliah ini Anda tidak hanya di berikan materi saja, tetapi Anda juga akan mendapatkan praktek untuk hal tersebut.

7. Organisasi Komputer
Organisasi komputer adalah unit-unit operasional yang ada pada komputer. Tentunya dalam konteks ini Anda akan mendapatkan pelajaran mengenai teknologi hardware, perangkat antarmuka, memori komputer, siste komputer, dll.

8. Multimedia
Multimedia adalah cabang ilmu yang di dalamnya mempelajari tentang penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, gambar, audio, dan animasi. Dalam mata pelajaran ini Anda di fokus kan dalam desain grafis.

C. Mata Kuliah Wajib Teknik Informatika
•    Database atau Basis Data
•    Sistem Operasi
•    Sistem Berkas
•    Jaringan Komputer
•    Analisis dan Pemrograman Berorientasi Objek
•    Arsitektur Komputer
•    Grafika Komputer
•    Pemrograman Bahasa X
•    Pemrograman Jaringan
•    Pemrograman Website
•    User Interface Desain
•    Rekayasa Perangkat Lunak

Mata Kuliah Database atau Basis Data ini di setiap universitas juga punya penekanan materi sendiri dan materi ini bisa terdiri dari beberapa mata kuliah tergantung database yang dipakai. Yang di pelajari dalam database adalah basis data dasar perancangan basis data, database no Sql, basis data lanjut, dan enterprise database. Begitu juga dengan Jaringan Komputer, mata kuliah Jaringan Komputer terpecah lagi menjadi berbagai mata kuliah dari pengantar Jaringan Komputer sampai ke level Hard Computing, kemanan jaringan, implementasi server, mail server, web server, database server, dll.

Dengan berbagai variasi infrastruktur Mikrotik, Cisco, Juniper, dll. Implementasi Sistem Operasi Server Linux, Windows, Unix, dan Protokol jaringan yang dipakai. Materi Jaringan Komputer yang mungkin pernah kamu dapat di SMK jurusan TI seperti RPL dan TKJ itu baru sedikit dari Ilmu Jaringan yang akan Anda pelajari di kuliah nanti. Pada mata kuliah Sistem Operasi, perhatikan bahwa materi ini bukan sedang mengajarkan anda cara Memakai Linux atau Windows, tetapi materi ini adalah materi sampai tahap level How Operating system works and how to build one.

Idealnya praktikum di mata kuliah Sistem Operasi ini adalah membuat program sistem yang berhubungan dengan proses, kernel, memori manajemen, system panggilan dan topik lanjutan lainnya, termasuk membuat driver untuk perangkat keras atau hardware tertentu. Sayangnya banyak universitas, dosen, maupun mahasiswa yang tidak kuat akan materi ini. Fokusnya hanyalah terhadap teori dasar. Jika Anda ingin membuat robot, pemrograman sistem, embeded sistem atau ingin membuat distro linux sendiri Anda bisa mengikuti materi ini.

Materi ini sifatnya wajib, kalau hanya sekedar menggunakan linux, Anda hanya cukup membeli buku tentang Sistem Operasi Linux, dan itu saja sudah cukup. Materi selanjutnya yang sangat menarik adalah Arsitektur Komputer. Mungkin saat ini kita hanya mengetahui Arsitektur x86 Intel, padahal diluar sana ada puluhan desain prosesor yang mempunyai cara kerja dan desain berbeda.

Dan untuk materi kuliah Pemrograman dengan Bahasa X biasanya ini tergantung pada setiap masing-masing universita. Kalau universitas itu lebih condong ke Microsoft tentunya akan mengajarkan bahasa pemrograman C#, sebagai inti pemrogramannya. Sedangkan jika universitas itu lebih dekat dengan Oracle atau Open source.

Tentunya akan mengajarkan bahasa pemrograman Java. Pemilihan bahasa pemrograman pertama ini akan berpengaruh di materi pemrograman selanjutnya. Perhatian disini, bahwa bahasa pemrograman komputer itu sangat banyak seklia, maka dari itu mata kuliah lebih spesifik ke bahasa pemrograman tertentu, sesuai masing-masing kebijakan universitas.

Jadi dalam mata kuliah Pemrograman dengan bahasa X itu hanya bagian kecil dari Teknik Informatika karena itu sifatnya praktis. Bahasa Pemrograman X bisa anda ganti dengan berbagai macam pemrograman dari C, C++, C#, Java, PHP, Delphi, Go, VB.net dan sebagainya.

Kami sangat yakin sekali jika anda sudah paham dan mengusai Algoritma serta bahasa pemrograman dan struktur data. Tentunya akan sangat mudah bagi Anda yang ingin pindah belajar ke bahasa pemrograman lainnya.

D. Mata Kuliah Pilihan Teknik Informatika
Mata Kuliah Pilihan ini materinya sangat kompleks dan sebelum lanjut pada mata kuliah pilihan ini, Anda di wajibkan untuk paham tentang mata kuliah yang di pelajari di Ilmu Matematika, Mata Kuliah Dasar Teknik Informatika, dan Mata kuliah Wajib Teknik Informatika. Beriku ini adalah beberapa mata pelajaran yang akan kalian jumpai di Mata Kuliah Pilihan Teknik Informatika.
•    Teori Bahasa dan Otomata
•    Data Mining
•    Cloud Computing
•    Cloud Programing
•    Mobile Programing
•    Keamanan Jaringan
•    Sistem Terdistribusi
•    Kecerdasan Buatan
•    Machine Learning
•    Sistem Pakar
•    Mekantronika atau Robotika
•    Semantic Web
•    Biometric
•    Computer Vision
•    Kriptografi

Banyak sekali mata pelajaran yang kalian temukan di mata kuliah pilihan teknik informatika. Mungkin pada pembahasan ini, kami hanya akan sedikit memberikan penjelasan dari beberapa mata kuliah pilihan tersebut. Yang akan saya bahas yaitu Mobile Programming, karena mata pelajaran tersebut sangat berpengaruh pada perkembangan teknologi saat ini.

Mobile Programming
Mobile Programming adalah pemrograman yang digunakan untuk perangkat mobile seperti Android, Iphone, dll. Aplikasi yang di buat memungkin kan sebuah software berjalan terhadap semua device. Pada materi ini kalian akan banyak bertemu dengan bahasa pemrograman mobile seperti Framework 7, React, Android Stuido, dll.

Prospek Kerja Lulusan Teknik Informatika!

Prospek pekerjaan untuk sarjana Teknik Informatika meningkat pesat baik di Indonesia maupun di luar negeri, karena pada era globalisasi saat ini teknologi sedang booming. Studi sistem, analisis, desain, dan pemrograman adalah bidang utama yang menyediakan berbagai peluang bagi lulusan Teknik Informatika dan teknik untuk membentuk diri mereka dalam karier mereka. Sarjana Teknik Informatika mengembangkan program komputer untuk industri. Pekerjaan mereka melibatkan desain, pengembangan, dan pemeliharaan perangkat lunak.

Mereka terlibat dalam menganalisis masalah untuk solusi, merumuskan dan menguji, menggunakan komunikasi canggih atau peralatan multimedia atau bekerja dalam tim untuk pengembangan produk. Lulusan Teknik Informatika dengan persentase tinggi dan keterampilan komunikasi yang baik mudah diserap di perusahaan-perusahaan terkenal. Seiring dengan gelar dalam Teknik Informatika, kandidat harus dilatih dengan baik dalam perangkat lunak terbaru.

Perusahaan perangkat lunak dan TI adalah perusahaan utama lulusan ini. Mereka juga dapat menemukan peluang kerja di berbagai lingkungan di universitas, riset, industri swasta dan publik, departemen pemerintah, organisasi bisnis, organisasi komersial, dan sektor manufaktur, dll. Sarjana Teknik Informatika dapat bekerja sebagai pengelola Perangkat Lunak atau Perangkat Keras, yang merupakan dua sektor utama dalam industri komputer.

Perangkat lunak adalah serangkaian instruksi yang diprogram yang memungkinkan komputer untuk melakukan fungsi yang ditentukan dan Perangkat Keras mencakup elemen fisik sistem komputer, dan berkaitan dengan desain, pengembangan, perakitan, pembuatan, dan pemeliharaan. Mereka dapat bekerja sebagai programmer, pengembang web, dan spesialis E-commerce dengan industri yang membangun atau menggunakan sistem berbasis komputer, seperti telekomunikasi, otomotif, aerospace, dll.

Mengapa Memilih Jurusan Teknik Informatika!
Perusahaan manufaktur komputer nasional dan multi-nasional, desain, dan pengembangan sistem perangkat keras komputer perusahaan, perusahaan jaringan komputer. Pemegang ijazah di bidang Teknik Informatika dapat memulai usaha bisnis mereka sendiri dengan investasi yang sangat sedikit. Seseorang dengan catatan akademis yang baik yaitu gelar master di bidang Teknik Informatika dengan pengalaman 5 tahun.

Mengajar di tingkat pascasarjana atau pengalaman industri di perusahaan terkenal dapat dipekerjakan sebagai dosen. Industri manufaktur Eropa memberikan peluang karir yang sangat baik bagi lulusan Teknik Informatika di berbagai bidang seperti pemasangan kabel, televisi satelit, telepon seluler, desain sistem mikroprosesor, dan rekayasa perangkat lunak.

Adapun juga karir terbaik yang bisa di lakukan oleh lulusan Teknik Informatika. Lulusan Teknik Informatika akan memiliki kemampuan untuk mengembangkan solusi teknologi informasi masa depan yang memberikan penekanan kuat pada kebutuhan pengguna dan memberikan kemampuan untuk beradaptasi dan berubah secara dinamis dengan kebutuhan masyarakat.

Tentu saja hal ini membuat informatika kuat kandidat untuk pekerjaan di start-up teknologi, perusahaan konsultan manajemen, pusat penelitian teknologi dan program pascasarjana menawarkan penekanan pada teknologi yang muncul. Berikut ini adalah contoh lain dari peluang karir lulusan Teknik Informatika.
•    Designer User Experience
•    Arsitek Informasi
•    Pengelola Jaringan
•    Pengembang Web
•    Profesional Keamanan Informasi
•    Perancang Instruksional
•    Spesialis E-Commerce
•    Perancang User Interface
•    Analis Teknologi Bisnis
•    Pengembang atau Manajer Database
•    Spesialis Perpustakaan Digital
•    Desainer Interaksi
•    Konsultan TI
•    Spesialis Multimedia
•    Pengembang Perangkat Lunak
•    Administrator Sistem
•    Penulis Teknis
•    Manajemen Teknologi
•    Dukungan Teknologi dan Layanan Pelanggan
•    Desainer Website


Pengalaman Kuliah di Jurusan Teknik Informatika!

Dalam lima hingga sepuluh tahun ke depan, diharapkan ada lebih dari 1.000 pekerjaan Teknonologi Informasi dan Sistem Informasi tersedia di seluruh wilayah yang ada di berbagai belahan dunia. Permintaan profesional Teknonologi Informasi dan Sistem Informasi sangat tinggi karena 90% dari kelas lulusan kami selalu memiliki tawaran pekerjaan mereka sebelum lulus. Keindahan gelar ini adalah memungkinkan Anda untuk mencoba-coba berbagai bidang studi, membuat Anda lebih mudah dipasarkan ke perusahaan-perusahaan di seluruh dunia.

Kehidupan yang mahasiswa jalani dalam universitas atau fakultasnya tentu saja berbebeda-beda. Hal tersebut tentunya didasari oleh beberapa faktor, selain lingkungan universitas yang berbeda, pilihan jurusan tentunya juga menjadi salah satu faktornya. Jika yang ada dibenak kalian semua jurusan di perkuliahan menyajikan kehidupan yang nyaman dan santai, itu salah besar. Buang pikiran seperti itu sejauh mungkin, agar tidak mengganggu fokus kuliah Anda.

Bagi kalian yang ingin masuk jurusan Teknik Informatika tentunya sudah umum diketahui bahwa jurusan ini akan banyak bergelut dengan tugas yang melibatkan komputer, laptop, dan jaringan komputer. Namun, yang Anda temui di bidang Teknik Informatika bukan hanya tentang hardware, tetapi Anda juga akan menemukan pelajaran tentang software dan bahasa pemrograman seperti yang telah kami bahas pada pembahasan di atas.

Pada pembahasan di bawah ini kami akan memberikan pengalaman sehari-hari yang di lakukan oleh mahasiswa dari Jurusan Teknik Informatika. Berikut ini adalah beberapa kegiatan atau aktivitas sehari-hari yang di lakukan oleh mahasiswa Teknik Informatika.

Keseharian Bersama Laptop
Kegiatan dan aktivitas mahasiswa Teknik Informatika tentunya tidak akan jauh dari laptop ataupun komputer. Hal tersebut tentunya didukung oleh faktor mata kuliah mereka yang banyak berkaitan dengan laptop ataupun komputer. Dimulai dari mata kuliah, tugas, dan praktikum.

Mengenal Komputer Dengan Lebih Baik
Mahasiwa Teknik Informatika dalam kesehariaannya yang menekuni bidang komputer dan pemrograman, tentunya akan mengenal komputer lebih baik daripada mahasiswa jurusan lain. Seiring berjalannya waktu mahasiwa Teknik Innformatika akan mengenal kompter lebih baik lagi.

Peluang Menjadi Pekerja Lepas
Bagi beberapa mahasiswa tentunya ingin menjalani kehidupan mahasiswa yang bukan hanya merasakan belajar saja. Ada juga mahasiswa yang ingin kuliah sambil bekerja untuk menambah pengalaman dan uang jajan tambahan, dari Teknik Informasi kalian bisa menjadi freelance programmer. Rata-rata gaji dari freelance programmer yang handal bisa mencapai 10 juta perbulan.

Baca juga : Pengertian internet dan fungsi internet

Nah, jadi itu dia beberapa pengalaman yang telah kami dapat saat berkuliah di jurusan Teknik Informatika. Sungguh sangat menarik bukan! Mulai dari prospek kerja hingga pengalaman yang telah kami berikan. Demikian pembahasan artikel ini saya buat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengenalan Jurusan Teknik Informatika Serta Prospek Kerjanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel