Budaya Jerman dari Seni hingga Makanan yang Perlu Kamu Ketahui

Budaya Jerman - Salah satu negara di benua Eropa yang sangat menarik untuk dibahas dan dikunjungi adalah Jerman. Negara dengan penduduk sebanyak 80,7 juta jiwa ini masuk kedalam deretan negara termaju di benua Eropa sana. Yang membuat negara ini begitu maju adalah sektor industrinya yang sudah menggunakan teknologi modern.

Kemajuan dalam teknologi industri di Jerman ini tidak terlepas dari ilmuwan-ilmuwan yang lahir dan berkiprah di negera yang mendapat julukan Negeri Hitler ini. Sebut saja Albert Einstein yang mengembangkan teori relativitas, ada juga Karl Benz yang merupakan pendiri dari perusahaan mobil terkemuka di dunia yaitu Mercedez Benz.

Masih terdapat ilmuwan-ilmuwan yang berasal dari negara Jerman. Ngomong-ngomong tentang Jerman, di artikel ini akan dibahas tentang budaya penduduk jerman mulai dari keseniannya sampai makanan khas jerman.

Perlu diketahui bahwa negara Jerman merupakan salah satu bangsa yang berperadaban tua memiliki banyak sekali budaya, mulai dari makanan hingga gaya hidup. Berikut ini adalah ulasan tentang beberapa budaya Jerman yang menarik untuk di ketahui. 

6 Budaya Jerman yang Perlu Kamu Ketahui

Budaya Jerman
Budaya Jerman
1. Budaya Seni dan Filsafat
Jerman pernah dikenal dengan julukan “das Land der Dichter und Denker” yang berarti “tanah penyair dan pemikir”. Hal tersebut karena dunia memiliki pemikir hebat yang  berasal dari Jerman seperti Albert Einstein dan Karl Marx. Hingga kini kita juga masih sangat akrab dengan nama Friedrich Nietzsche.

Masih ada juga beberapa nama tokoh yang berasal dari Jerman, seperti Ludwig van Beethoven, Johannes Kepler, Johann Wolfgang von Goethe, Rudolf Diesel, Immanuel Kant, Karl Benz, Georg Ohm, Gottfried Leibniz, Johann Sebastian Bach, Martin Luther, Richard Wagner, Johannes Gutenberg, dan Richard Strauss.

Tidak hanya dari tokoh dan riwayatnya, budaya Jerman dalam bidang Seni juga dapat terlihat dari berbagai bangunan kuno peninggalan masa silam, seperti 300 gedung teater, 130 orkes profesional, dan juga 540 museum seni dengan koleksi langka.  

2. Bahasa (Language) di Jerman
Sekitar 95% lebih penduduk Jerman menggunakan bahasa Jerman untuk bahasa sehari-harinya, namun di beberapa lokasi seperti Sorbian, Romawi, Denmark serta Frisian Selatan dan Utara bahasa yang digunakan bisa bervariasi, hal tersebut karena jumlah imigran di daerah tersebut lumayan tinggi.

3. Budaya Kuliner
Budaya jerman dari segi kuliner dapat dilihat dari kebiasaan penduduk Jerman dalam mengkonsumsi makanan. Penduduk negera Jerman memiliki tradisi kuliner yang tidak jauh berbeda dari negara tetangga, makanan daging-dagingan seperti sapi, babi, ayam, bebek dan angsa adalah makanan yang mudah dijumpai di Jerman. Namun, yang paling umum di Jerman adalah sosis. Terdata ada 1500 jenis sosis yang ada di Jerman.

Jerman juga terkenal dengan produk susunya seperti keju dan yogurt, maklum negara ini kan juga terkenal dengan peternakan Sapinya yang mendunia dan menjadi contoh bagi negara yang lain.
Jerman juga dikenal sebagai wilayah penghasil roti terbaik, termasuk roti pita yang menjadi kebanggaan Eropa. Ada juga bermacam-macam jenis sosis yang menjadi andalan bahan makanan masyarakat di sekitar sana.

4. Budaya Perayaan
Lazimnya kebanyakan bangsa yang menempati wilayah Eropa, masyarakat Jerman juga sangat gemar merayakan suatu momen dengan cara mengadakan festival atau acara yang meriah. Selain ada Festival Octofest yang merayakan produksi minuman beer, kebudayaan menarik bangsa Jerman berupa festivalis adalah seperti fingerhakeln atau gulat jari tengah.

Ada juga festival fasching atau sebuah pesta makan sebelum memasuki puasa menjelang hari rabu abu (karena mayoritas penduduk Jerman penganut kristiani) dan festival wave gotik treffen atau festival seni, budaya, musik, film, dan sastra yang serba bergaya gotik.
  
5. Budaya Olahraga
Sedikit berbeda dengan Negara Brazil yang nyaris semua generasinya sangat suka bermain bola, masyarakat Jerman adalah salah satu yang sangat suka menonton sepak bola.

Menonton olahraga sepak bola dapat dikatakan sebagai kebudayaan urban bagi masyarakat modern di Jerman. Hal tersebut dapat terlihat ketika tim nasional Jerman bertanding, maka semua rumah akan tertutup sepi karena mereka akan berkumpul di bar atau semacamnya untuk menonton bersama.

Oleh karena itu, merupakan hal keliru apabila ingin berbelanja di toko atau tempat makan mandiri apabila hari itu tiba. 

6. Budaya Gaya Hidup
Selain ketika tim nasional sepak bola mereka bertanding, masyarakat Jerman juga terbiasa akan menutup toko atau menghentikan aktivitas ketika hari Minggu. Masyarakat Jerman dengan budayanya menganggap hari Minggu sebagai hari tenang yang hanya akan digunakan untuk bersepeda di taman atau sekitar rumah.

Pada hari Minggu mereka tidak akan pergi berlibur jauh, melainkan hanya berkeliling taman. Masyarakat Jerman memang sangat suka mengendarai sepeda. Bahkan, konon sepeda di Jerman memiliki nilai gengsi yang sama besarnya dengan mobil bagi masyarakat Indonesia. 

Itulah beberapa budaya jerman dari seni hingga makanan yang perlu kamu ketahuai, kira-kira setelah mengetahui budaya jerman di atas kamu tertarik tidak untuk tinggal di Jerman? Kalau admin sih pengen banget tinggal di Jerman suatu saat nanti, doakan saja yaa !

Belum ada Komentar untuk "Budaya Jerman dari Seni hingga Makanan yang Perlu Kamu Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel