Tugas Barista di Kafe dan Besar Gaji Barista Pemula

Tugas Seorang Barista - Barista adalah seorang yang ditugaskan untuk melayani konsumen dan membuat minuman terutama kopi (coffe) dengan sentuhan seni dalam penyajiannya. Yaa, barista ini memang julukan bagi pembuat kopi yang biasanya bisa kita temukan di coffe shop, kafe, starbucks, bahkan di alfamart dan indomaret terkadang juga ada stand khusus coffenya.

Apakah barista sama dengan penjual kopi di warkop (warung kopi)? Emmm, bisa jadi sih. Tapi juga tidak bisa disamakan, karena barista bagi sebagian orang adalah seni dalam menyajikan kopi yang berbasis espresso dan latte.

Tugas barista
Tugas barista
Mengapa seni? Karena kopi yang disajikan bukan sembarang kopi, dan cara penyajiannya juga tidak asal-asalan. Seorang barista di kafe dia harus mampu meracik kopi dengan campuran yang pas, rasa yang nikmat dan tampilan yang menarik. Disitulah seninya, selain rasanya yang nikmat, tampilan dari campuran susu dan perpaduan kopi yang memiliki bentuk yang sangat cantik itu akan membuat peminumnya jatuh cinta dengan kopi, bahkan merasa sayang untuk meminumnya, ha ha.

Bagi penikmat kopi, tentu tidak asing lagi dengan yang namanya barista. Bahkan, beberapa diantara mereka sudah mengenal dekat dengan barista yang biasa menyajikan kopi untuk mereka. Mungkin layaknya barber yang memotong rambut kalian, kalian ngga mau pindah barbershop kan? Karena kalian sudah terlanjur cocok dengan mas-mas yang memotong rambut kalian.

Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Barista di Kafe

Tugas barista tidaklah segampang yang kita fikirkan, mereka bertugas meracik kopi dengan komposisi yang pas dan proses yang benar. Ada kesalahan sedikit dalam komposisi maupun prosesnya bisa membuat rasa kopi yang dihasilkan berbeda.

1. Membuat kopi dengan skill tingkat dewa
Membuat kopi
Membuat kopi

Seorang barista akan berhadapan dengan mesin penggiling kopi serta berbagai jenis kopi itu sendiri mulai dari arabica, robusta, liberika, dan lain-lain. Sementara itu barista umumnya membuat kopi-kopi espresso, atau kopi dengan campuran susu yang dibagian atasnya memiliki lapisan busa yang tipis yang bisa dibentuk. Coffe jenis ini seperti cappucino, latte atau variasi keduanya.

Tugas barista memang agak ribet, dia tidak hanya menyajikan kopi seperti di angkringan. Tetapi kopi di kafe-kafe yang membutuhkan keterampilan tingkat tinggi seperti kopi espresso. Seorang barista harus tahu apakah susunya harus di-froth, di steam atau difoam sebelum disempurnakan dengan sentuhan latte art agar terlihat cantik.

2. Membuat kopi dengan sentuhan latte-art
Latte art
Latte art

Latte art merupakan seni menghias di atas secangkir espresso dengan bahan dasar minuman cappucinoo dan/atau latte. Jadi seorang barista minimal memiliki minat terhadap seni, apalagi seni melukis di atas cangkir itu bukanlah suatu perkara yang mudah.

Namun bukan tidak mungkin bagi Anda yang tidak memiliki jiwa seni, asalkan mau belajar dan terus belajar pasti bisa menyajikan kopi dengan hiasan cantik dilapisan busa teratas dari secangkir kopi.

3. Membuat kopi sesuai yang diinginkan konsumen
Seorang barista harus bisa meracik kopi dengan berbagai komposisi, rasa dan sesuai permintaan konsumen. Artinya, barista tidak hanya berurusan dengan satu macam kopi dan satu macam latte art saja.

Kadang-kadang konsumen memiliki permintaan-permintaan khusus, sepanjang permintaan itu masih masuk akan seorang barista harus responsive menuruti apa yang dimau oleh konsumen tersebut. 

Artinya, barista harus benar-benar paham tentang jenis-jenis kopi, proses pembuatannya hingga finishingnya. Untuk mendapatkan keahlian tingkat tinggi ini, pasti dibutuhkan waktu untuk latihan dan belajar, jadi buat kalian yang belum memiliki pengalaman menjadi barista silahkan mencoba yaa.

Tugas Lain Seorang Barista

Tugas barista
Tugas barista

Selain bertugas membuat kopi yang agak rumit, barista juga memiliki tugas-tugas lain seperti : 

4. Melayani pelanggan dan menerima pesanan.
Ketika pelanggan masuk ke kafe, seorang barista akan memandu pelanggan dalam hal pemesanan. Barista akan menanyakan apa saja yang dipesan, serta memberikan pesan-pesan khusus jika ada dengan ramah dan sopan santun. Setelah menerima pesanan, barista akan melaporkan ketemannya atau bagian produksi. Atau malah membuatnya sendiri. hi hi.

5. Mempersiapkan dan menyajikan makanan untuk pelanggan
Untuk barista yang ada di kafe, indomaret maupun alfamart mungkin yang dijual tidak hanya kopi saja, tetapi ada minuman dan makanan lain. Tugas barista yang lain adalah menyajikan makanan dan minuman untuk pelanggan.

6. Melakukan tugas kebersihan, seperti membersihkan peralatan untuk membuat kopi, area pembuatan kopi, dll.
Seorang barista juga bertanggung jawab terhadap kebersihan, tertuma kebersihan di lingkungan kerjanya sendiri. Tugasnya seperti membersihkan peralatan untuk membuat kopi, membersihkan kopi-kopi yang tercecer dan lain sebagainya.

Gaji Seorang Barista di Kafe

Menjadi barista di kafe-kafe ternama merupakan sebuah tantangan tersendiri, selain harus memiliki kemampuan dalam hal menyajikan kopi, seorang barista juga harus memiliki jiwa seni. Karena pekerjaannya tidak jauh-jauh dari latte art maupun manual brewing.

Karena pekerjaan yang tidak mudah itulah maka gaji barista cukup menjanjikan, apalagi di kafe-kafe ternama seperti starbuck, upnormal maupun kafe-kafe yang ada di pusat perbelanjaan.

Gaji seorang barista pemula yang baru belajar mungkin sekitaran Rp 2-3 jutaan, tapi buat mereka yang sudah ahli dan memiliki jam terbang yang tinggi gajinya bisa mencapai 5 juta - 10 juta ke atas.

Menjadi barista terkenal juga sering diundang dalam talkshow-talkshow di kopi, maklum penikmat kopi di Indonesia itu cukup banyak ya kan.

Belum ada Komentar untuk "Tugas Barista di Kafe dan Besar Gaji Barista Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel