Kata Kata Bijak Tentang Kepemimpinan (Leadership)

Setiap diri adalah pemimpin bagi dirinya sendiri maksudnya bahwa kehidupannya ditentukan oleh dirinya sendiri atas ijin Tuhan. Selain bagi dirinya sendiri, setiap diri juga bisa menjadi pemimpin bagi yang lain seperti seorang suami yang menjadi pemimpin bagi keluarganya, seorang lurah merupakan pemimpin di desanya, seorang bupati juga merupakan pemimpin bagi rakyat di kabupatennya.

Tidak hanya pejabat-pejabat saja, seorang supervisor merupakan pemimpin bagi karyawannya, seorang manajer juga merupakan pemimpin bagi para karyawan di bawahnya. Maka dari itu sangat penting sekali kita memahami bagaimana menjadi pemimpin yang baik, agar apa yang kita pimpin bisa diajak berjalan bersama bahkan berlari menuju tujuan bersama.

Seorang pemimpin harus memiliki integritas dan kejujuran, karena dia adalah panutan dan contoh bagi siapa saja yang dipimpinnya. Jika pemimpinnya saja tidak disiplin, bagaimana mungkin bawahannya juga disiplin. 

Seorang pemimpin juga harus terbuka dan fleksibel, mampu mendengar dan menerima keluhan dari para karyawannya. Pemimpin tugasnya merangkul mereka, bukan memukul atau bahkan menghinakan para bawahannya.

Kata bijak dan kata mutiara di bawah ini akan membuat Anda semakin luas pikirannya tentang hal-hal yang harus dilakukan oleh seorang pemimpin, selain itu juga akan membuat Anda lebih termotivasi menjadi pemimpin yang bijaksana namun tetap tegas terhadap siapa saja yang Anda pimpin. Selamat membaca !!

Kata Bijak Tentang Kepemimpinan (Leadership)

Kata bijak tentang kepemimpinan
Kata bijak tentang kepemimpinan

#Salah satu kunci kesuksesan adalah siap dengan perubahan, dan pempin harus siap dengan itu.
Perubahan merupakan salah satu cara Tuhan untuk membuat hidup ini semakin berwarna. Beberapa tahun yang lalu mungkin smartphone belum merajalela seperti sekarang, karena itu sekarang ini kita berada di era digitalisiasi, dimana hampir semua bidang mengarah ke arah digital. 

Jika kita tidak mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi yaa akan tertinggal. Untuk itulah salah satu kunci kesuksesan adalah siap dengan perubahan, seorang pemimpin harus siap dan mau belajar akan perubahan yang terjadi.

#Selalu visioner dengan tanpa melupakan masa lalu.
Seorang pemimpin harus visioner, berpikir jauh ke depan. Dengan kata lain apa yang dilakukan sekarang telah dipertimbangkan segala bentuk resikonya, selain itu juga sangat perlu untuk menetapkan strategi-strategi yang dapat membawa perusahaan jaya dikemudian hari. 

Visioner akan menumbuhkan semangat berprestasi, namun tetap jangan melupakan masa lalu. Karena masa lalu merupakan pengalaman terbaik yang dapat kita jadikan pijakan untuk melangkah kedepannya. 

#Keberhasilan orang sukses adalah buah dari komitmen untuk terus melangkah maju.
Banyak orang yang menyerah ketika mengalami kegagalan, padahal kegagalan merupakan cara Tuhan dalam memberikan ilmu-ilmu baru yang sangat berguna jika mampu dimanfaatkan dengan baik. Agar Anda mampu bangkit, Anda harus mempunyai komitmen kuat untuk terus melangkah maju, sehingga apapun yang terjadi Anda terus berusaha dan pantang menyerah.

#Kesuksesan bukan sesuatu hal yang abadi, namun sesuatu yang harus kita perjuangkan.
Kesuksesan bukan merupakan sesuatu hal yang abadi, bahkan bisa hancur jika kita menyepelakan dan tidak memperjuangkannya. Untuk itu jangan berhenti di zona nyaman, kita harus tetap berjuang dan bekerja keras. Jangan pernah merasa puas dan bangga dengan apa yang kita raih, namun bersyukurlah kepada Tuhan dengan tetap berendah diri. Dengan tidak membanggakan diri, kita akan terus belajar dan mengembangkan apa yang telah kita raih.

Kata-Kata Bijak Tentang Kepemimpinan

Keterbatasan akan dapat dilampaui dengan semangat untuk bertumbuh dan berkembang.
Pemimpin yang sukses adalah yang berhasil menaklukkan kesombongan dalam dirinya, dan menggantinya dengan kerendahan hati untuk mau belajar.
Kesombongan hanya akan membuat seseorang tidak berkembang, bahkan membawanya kedalam lubang hitam kehancuran.
Apapun yang terjadi waktu akan terus berjalan, jangan pernah berhenti untuk sesuatu hal yang tak berguna. 
Seorang pemimpin adalah pemimpi yang berusaha keras mewujudkan mimpi-mimpinya dan mimpi orang lain.
Selalu ada risiko dalam sebuah keputusan, tetapi selalu ada solusi dalam setiap risiko.
Masalah ada untuk dihadapi, bukan untuk dihindari.
Pemimpin sejati adalah yang mampu memaknai setiap masalah yang ada, dan mampu mengelola diri sendiri serta orang lain untuk mengatasi masalah yang ada.
Seorang pemimpin itu seharusnya selalu optimis demi kehidupan yang manis, berani mengambil risko agar peluang bisa dibawa pulang.
Syarat menjadi seorang pemimpin adalah menjadi orang terpercaya diantara yang lain. Karena tugas pemimpin adalah menerima kepercayaan dan menjaganya agar tidak mengecewakan orang-orang yang telah mempercayakan kepada dirinya.
Intropeksi diri adalah jalan terbaik untuk memperbaiki diri sendiri.
Jadilah pribadi yang selalu ingin menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.
Jangan mengaku jadi pemimpin, jika menghormati orang lain saja tidak bisa. 
Kepemimpinan adalah sebuah seni dalam membangun kenyaman dengan orang lain, yang dengannya akan lebih mudah mengendalikan mereka bahkan tanpa kita perintah mereka akan dengan senang hati mengikuti kita.
Menjadi pemimpin harus siap merasakan apa yang dirasakan oleh karyawan.
Pemimpin itu pandai menyesuaikan diri, menyesuaikan dengan orang-orang baru, tempa baru, dan suasana yang baru.
Kata-kata dan sikap adalah cerminan isi hati, milikilah hati yang tulus dan mulia. Bekerja bukan hanya tentang mencari makan, tetapi tentang gotong royong mewujudkan kebahagiaan bersama.
Salah satu tugas penting seorang pemimpin adalah menjaga dan memperkuat hubungan dalam organisasi yang dipimpinnya.
Kejujuran adalah sebuah pondasi dari sebuah relationship.
Pujian adalah salah satu bumbu pemanis dalam menjaga dan merawat relationship. Jangan pelit-pelit memuji karyawan yaa !
Perhatian dan dukungan antar pemimpin dan bawahan sangatlah penting untuk kesuksesan bersama.
Kepemimpinan adalah seni merawat kesabaran dalam mengendalikan orang lain.
Baca juga : 6 Nilai kepemimpinan yang harus dimiliki seorang pemimpin

#Dua telinga satu mulut
Kita dianugerahkan oleh Tuhan dengan dua telinga satu mulut, itu artinya kita harus lebih banyak mendengar daripada berbicara. Bagi seorang pemimpin, mendengar keluhan-keluhan dari bawahan sangatlah diperlukan. Ketika kita menjadi pendengar yang baik, mereka pun juga akan lebih mendengarkan apa yang kita ucapkan.

#Kasus karyawan menyerang manajernya
Pemimpin yang hebat adalah yang mampu mengontrol emosinya dan mampu mengolah kata-kata menyakitkan menjadi kata-kata positif yang membangun.
Beberapa waktu yang lalu viral di internet seorang manejer yang ditusuk dibagian lehernya oleh karyawannya sendiri. Kabarnya itu diakibatkan oleh manajer yang memecat karyawannya, hingga membuat karyawannya marah dan menyerang manajer tersebut. Memang yang dilakukan karyawan tersebut salah, tapi mungkin saja itu juga diakibatkan oleh sakit hati ketika menerima berita tersebut.

Untuk itu, cara menyampaikan pesan harus dikuasai oleh pemimpin. Terutama pesan-pesan yang kurang mengenakkan, pemimpin harus pandai-pandai mengolah kata, menyampaikkannya dengan baik-baik di waktu dan suasana yang tepat.
Pemimpin itu menguatkan yang lemah, menerangi yang gelap, menghibur yang sedih dan menginspirasi bagi manusia yang lain. 

Demikian artikel tentang kata bijak dan kata mutiara tentang kepemimpinan (leadership), tunggu di part 2 yaa. 

Belum ada Komentar untuk "Kata Kata Bijak Tentang Kepemimpinan (Leadership)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel