Perbedaan Sejarah dan Dongeng Disertai Dengan Contohnya

Tahukah Anda perbedaan antara Sejarah dan Dongeng? Mungkin sebagian dari kita masih ada yang bingung membedakan keduanya, karena kedua-duanya seringkali diceritakan oleh orang tua kepada anaknya. Misalnya sebuah cerita tentang kecerdikan si kancil, emm kalau kalian sering menonton kartun di MNC TV mungkin sering melihat dongeng-dongeng tentang si kancil ini. Sebuah cerita yang mengangkat kehidupan binatang yang cerdik alias kancil.

Kalau sejarah? Kalau sejarah merupakan cerita/kejadian masa lalu yang memang benar-benar terjadi dan dibuktikan dengan fakta-fakta seperti foto, video, saksi atau dia sendiri yang melakukannya. Sebagai contoh adalah tentang Proklamasi 17 Agustus 1945, peristiwa tersebut dapat dibuktikan dengan bukti-bukti otentik seperti foto, rekaman audio, orang yang menyaksikannya secara langsung, lokasi, tulisan-tulisan (berita) dan bukti-bukti otentik lainnya.

Dari ilustrasi tentang sejarah dan dongeng, sebenarnya sudah dapat kita ketahui perbedaan antara sejarah dan dongeng. Namun biar semakin paham, berikut kami jabarkan tentang perbedaan sejarah dan dongeng :

Perbedaan Pengertian Sejarah dan Dongeng

Perbedaan sejarah dan dongeng
Perbedaan sejarah dan dongeng

Pengertian Sejarah
Di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) sejarah diartikan sebagai asal usul, kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau. Secara umum sejarah dapat dikatakan sebagai kejadian/peristiwa/cerita yang memang benar-benar terjadi di masa lampau dan dibuktikan dengan bukti-bukti yang mendukung seperti foto, cerita, tulisan (berita), rekaman audio, video, maupun bukti-bukti lain yang dapat dipercaya.

Sejarah biasanya dikenang dengan diabadikan, entah melalui monumen, foto maupun tulisan-tulisan di buku.

Pengertian Dongeng
Di KBBI dongeng diartikan sebagai cerita yang tidak benar-benar terjadi (terutama tentang kejadian zaman dulu yang aneh-aneh). Secara umum dongeng ini diartikan sebagai cerita khayalan yang bersifat fiktif (tidak benar-benar terjadi), tujuan dibuat dongeng antara lain untuk menghibur maupun untuk memberi sebuah pengajaran/hikmah.

Perbedaan Sejarah dan Dongeng

1. Sejarah benar-benar terjadi, sedangkan dongeng tidak.
Sejarah merupakan peristiwa atau kejadian yang benar-benar terjadi di masa lalu, sementara dongeng tidak benar-benar terjadi dan merupakan sebuah cerita untuk kepentingan menghibur atau memberi pengajaran.

2. Sejarah memiliki runtutan kejadian (waktu valid) sedangkan dongeng tidak.
Kapan terjadinya proklamasi kemerdekaan? Saya rasa semua tahu bahwa proklamasi kemerdekaan terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945. Sehingga sejarah memiliki waktu pasti dan urutan kejadian, sementara dongeng tidak pasti kapan terjadinya.

3. Sejarah dapat dibuktikan dan masuk akal, sedangkan dongeng susah untuk dibuktikan.
Sejarah dapat dibuktikan melalui berbagai fakta-fakta yang memang terjadi, seperti saksi, foto, video, rekaman atau berita-berita valid di kala itu. Sejarah sifatnya juga masuk akal, tidak mengada-ada dan seperti berkhayal. Sedangkan sejarah ceritanya sulit dibuktikan, dan tidak memiliki bukt9bukti serta tidak masuk akal (khayal/fiktif).

Nah itu adalah beberapa perbedaan antara sejarah dan dongeng. Lalu apa contoh dari sejarah dan apa contoh dari dongeng? 

Contoh Sejarah
- Sejarah kemerdekaan Indonesia
- Sejarah masuknya Islam di Indonesia
- Sejarah kerajaan Majapahit
- Sejarah kerajaan Mataram
- Sejarah ditemukannya komputer

Contoh Cerita Dongeng
- Putri Duyung
- Timun mas dan Buto ijo
- Si kancil
- Kerasakti

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Sejarah dan Dongeng Disertai Dengan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel